Tiongkok Catat Pendapatan Fiskal Tumbuh Stabil

Tiongkok Catat Pendapatan Fiskal Tumbuh Stabil

Beijing: Kementerian Keuangan Tiongkok menyebut pendapatan fiskal dan pengeluaran keduanya mencatat pertumbuhan yang stabil dalam 11 bulan pertama tahun ini didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat. Pendapatan fiskal naik 8,4 persen dari tahun ke tahun menjadi hampir 16,2 triliun yuan (sekitar USD2,4 triliun) dalam 11 bulan pertama.

Mengutip Xinhua , Selasa, 12 Desember 2017, pertumbuhan tersebut terutama terbantu oleh kenaikan pendapatan dari pendapatan pajak, yang meningkat 11,2 persen menjadi 13,6 triliun yuan. Pendapatan dari pajak pertambahan nilai meningkat 7,5 persen tahun ke tahun menjadi 5,2 triliun yuan pada periode Januari-November.

Selama periode tersebut, pengeluaran fiskal naik 7,8 persen menjadi hampir 18 triliun yuan. Jaminan sosial dan sektor ketenagakerjaan menghabiskan hampir 2.3 triliun yuan, sebagian besar dari semua sektor, menurut laporan tersebut.

Namun, pada November saja, pendapatan fiskal dan pengeluaran turun 1,4 persen dan 9,1 persen YoY menjadi 1,1 triliun yuan dan 1,7 triliun yuan, didorong oleh basis komparatif yang lebih tinggi pada periode yang sama tahun lalu.

Tiongkok menjanjikan kebijakan fiskal yang lebih proaktif dan efektif pada 2017, dengan defisit fiskal ditetapkan sebesar tiga persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) atau 2,4 triliun yuan, naik 200 miliar yuan dibandingkan dengan di 2016.

PDB negara itu tumbuh 6,8 persen dari tahun ke tahun di kuartal ketiga, turun dari kenaikan kuartal kedua sebesar 6,9 persen namun di atas target pertumbuhan pemerintah sekitar 6,5 persen untuk tahun ini.

seperti di kutip dari http://ekonomi.metrotvnews.com

Related Posts

Comments are closed.