Tim BPBD Cek Banjir Jatibening: Ketinggian Air Turun 20 Cm

Tim BPBD Cek Banjir Jatibening: Ketinggian Air Turun 20 Cm

Banjir di Perumahan Jatibening Permai, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi mulai surut. Ketinggian air yang semula 60 cm, kini tinggal 30 sampai 40 cm. “Ketinggian air 30 sampai 40 cm. Perahu karet tidak bisa turun,” kata Kordinator Pusdalops BPBD Kota Bekasi Aditya ketika dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (1/3/2018). Aditya menerangkan tim BPBD Kota Bekasi kini berada di lokasi. Menurut hasil pendataan, banjir menggenangi lima rukun tetangga. “RT 001,002,003, 005 dan 011. Ada 150 kepala keluarga,” ucap Aditya. Sebelumnya banjir setinggi 60 cm menggenangi daerah itu. Aditya menyampaikan air biasanya cepat surut namun saat ini lambat. Banjir menggenangi perumahan setelah hujan turun selama dua jam pada sore hari.

Banjir di Perumahan Jatibening Permai, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi mulai surut. Ketinggian air yang semula 60 cm, kini tinggal 30 sampai 40 cm. “Ketinggian air 30 sampai 40 cm. Perahu karet tidak bisa turun,” kata Kordinator Pusdalops BPBD Kota Bekasi Aditya ketika dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (1/3/2018). Aditya menerangkan tim BPBD Kota Bekasi kini berada di lokasi. Menurut hasil pendataan, banjir menggenangi lima rukun tetangga. “RT 001,002,003, 005 dan 011. Ada 150 kepala keluarga,” ucap Aditya. Sebelumnya banjir setinggi 60 cm menggenangi daerah itu. Aditya menyampaikan air biasanya cepat surut namun saat ini lambat. Banjir menggenangi perumahan setelah hujan turun selama dua jam pada sore hari.

Ketum PAN Zulkifli Hasan merencanakan pertemuan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. PAN mengaku terbuka terhadap semua opsi politik di Pilpres 2019. “Kita dengan semua partai menjalin hubungan baik dan semua kita laksanakan komunikasi-komunikasi politik. Saya pikir semua opsi terbuka sekarang ya, jadi sekarang kita buka jalur komunikasi seluas-luasnya,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (1/3/2018). Eddy menyebut pertemuan dengan Megawati dan Prabowo merupakan hal yang biasa dilakukan. Bahkan, kata Eddy, bukan hanya dengan dua ketum parpol tersebut, tapi PAN juga menjajaki komunikasi dengan pimpinan parpol lain. “Pertemuan dengan Ibu Mega, dengan Pak Prabowo, terjadi secara kesinambungan, secara berkala, mungkin pertemuan dengan Ibu Mega kemarin lebih difokuskan ketika melakukan nomor sehingga itu yang sering keluar, tapi Pak Zul sering ketemu dengan Ibu Mega, dengan Pak Prabowo saling berkesinambungan sering tidak diliput oleh teman-teman media. Jadi saya kira secara rata dengan semua pimpinan parpol dengan ketua umum saya,” ujarnya. Sementara itu, saat ditanya soal kemungkinan mendukung Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019, Eddy kembali menegaskan partainya terbuka terhadap segala pilihan. Namun semua pilihan itu disebutnya akan ditentukan dalam rakernas pada April 2018. “Rakernas akan diselenggarakan pada April dan salah satu agenda terpenting yang akan kita bahas adalah arah politik PAN pada Pilpres 2019. Jadi apa pun yang kita putuskan, itu nanti akan menentukan kami akan berlabuh di Pilpres 2019,” katanya. Eddy menjelaskan partainya terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain. Komunikasi politik, disebutnya, tak hanya dilakukan dengan PAN dan Gerindra. “Kita di pilkada-pilkada yang ada, kita bermitra, berkoalisi, dengan berbagai pihak, dengan Gerindra, dengan PKS, juga dengan teman-teman yang lain. Jadi kita betul-betul menjalin koalisi seluas-luasnya di dalam pilkada, tetapi pilkada yang kita laksanakan ini tidak serta-merta merupakan refleksi atas apa yang kita nanti tuju di Pilpres 2019,” tuturnya. Terkait komunikasi politik yang dijalin PAN, Ketum Zulkifli Hasan merencanakan pertemuan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Setelahnya, Zulkifli Hasan mengaku akan menemui Ketum Gerindra Prabowo Subianto. “(Prabowo nanti) setelah Mbak Mega, baru yang lain,” kata Zulkifli.

Sempat ada isu mengenai wacana duet Joko Widodo dengan Prabowo Subianto. Prabowo pun menanggapi isu tersebut. “Saya katakan saya mandataris partai saya, kita akan mendengarkan suara partai, suara rakyat, suara sahabat, suara mitra, kita akan utamakan kepentingan nasional,” ujar Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (1/3/2018). Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menjawab rencana pencapresannya oleh Gerindra. Mantan Danjen Kopassus itu juga ditanya soal kabar dirinya akan menjadi cawapres pendamping Jokowi. “Apa pun keputusannya, saya akan utamakan kepentingan rakyat, yang terbaik untuk kepentingan rakyat,” tutur Prabowo. Isu duet Jokowi-Prabowo berembus sejak akhir tahun lalu. Kabarnya, Jokowi dan Prabowo menjalin komunikasi membahas Pilpres 2019 dan kemungkinan maju bersama sejak akhir tahun lalu. Namun wacana itu dikabarkan kandas karena partai-partai pendukung tak setuju. Meski demikian, wacana itu masuk ke survei pilpres, salah satunya diadakan oleh Poltracking. Survei Poltracking Indonesia menyimulasikan skenario duet Jokowi-Prabowo, yang dirilis pada 18 Februari lalu. Ada simulasi koalisi poros duet Jokowi-Prabowo versus koalisi poros SBY. Koalisi poros Jokowi-Prabowo berisi PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, PPP, Partai NasDem, dan Partai Hanura, dengan total kursi 73,40% (411). Koalisi poros SBY berisi Partai Demokrat, PAN, dan PKS, dengan total kursi 26,60% (149). Simulasi model pertama, Jokowi jadi capres dan Prabowo jadi cawapresnya. Mereka melawan capres Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan cawapres Gatot Nurmantyo. Hasilnya, Jokowi-Prabowo meraup 50,3% dibanding AHY-Gatot, yang meraup 11,6% suara responden. Yang tidak tahu dan tidak menjawab ada 38,1%. Model kedua, Jokowi-Prabowo versus Gatot-AHY. Tetap Jokowi-Prabowo yang menang dengan raihan 50,6% melawan Gatot-AHY yang meraih 12,6%. Sisanya tak menjawab. Survei nasional bertajuk ‘Proyeksi Skenario Peta Koalisi Pilpres 2019’ itu menggunakan 1.200 responden di 34 provinsi dan dilakukan pada 27 Januari-3 Februari 2018, menggunakan metode stratified multistage random sampling . Margin of error survei ini sebesar kurang-lebih 2,83%. Waketum Gerindra Fadli Zon mengomentari hal tersebut. Dia mengatakan wacana itu muncul karena ada ketakutan dari pihak Jokowi. “Itu orang-orang yang takut Pak Prabowo maju itu karena mereka khawatir Pak Jokowi akan kalah. Dan menurut saya akan kalah,” jelas Fadli di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/2).

Mendagri Tjahjo Kumolo berpesan Pilkada Serentak 2018 dilaksanakan dengan demokratis dan menjaga persatuan. Selain itu, ia meminta petugas damkar ikut menjaga Pancasila. “Mari kita jaga pesta demokrasi, memilih kepala daerah yang amanah, yang mampu memimpin daerah, yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mampu mempercepat pembangunan yang ada di daerah,” kata Tjahjo saat memberikan sambutan HUT Pemadam Kebakaran Nasional ke-99 yang dipusatkan Lapangan Mardeka, Ambon, Kamis (1/3/2018). “Kita tegaskan, kalaupun aroma dan suasana memasuki pileg dan pilpres, pilkada ini adalah memilih kepala daerah. Mari tingkat partisipasi masyarakat. Ukuran sukses dan tidaknya pilkada serentak berjalan dengan baik. Kedua, mari lawan politik uang, jangan sampai dilakukan para pelaku pengambil kebijakan, tim sukses maupun calon pilkada. Politik uang adalah racun demokrasi yang harus kita lawan. Yang ketiga, mengharapkan kepada seluruh calon peserta pilkada untuk kampanye dengan tertib dan sejuk menggerakkan masyarakat pemilih, mari adu konsep, adu gagasan, adu ide untuk membangun daerah yang akan dipilihnya,” sambungnya. Mendagri memberikan imbauan larangan kepada calon kepala daerah yang ikut dalam pilkada serentak dalam hal berkampanye. “Jangan kampanye ujar kebencian, jangan kampanye yang menimbulkan SARA, dan jangan kampanye berbau fitnah. Ancaman bangsa ini harus dicermati oleh segenap elemen bangsa, termasuk jajaran pemadam kebakaran,” ujarnya. “Mempertahan ideologi Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan perjuangan bangsa ini. Mempertahankan UUD 1945, mempertahankan NKRI, Bhinneka Tunggal Ika itu bukan tanggung jawab TNI dan kepolisian saja, tapi tanggung jawab kita bersama seluruh elemen bangsa, termasuk jajaran pemadam kebakaran,” pungkas Tjahjo. [Gambas:Video 20detik]

Cagub Jawa Tengah Sudirman Said menjanjikan 5 juta lapangan pekerjaan baru bila memenangi Pilgub Jateng 2018. Dia juga akan mengganti program gagasan calon petahana, Ganjar Pranowo. Sudirman berbicara soal isu kemiskinan yang masih cukup tinggi di Jateng. Dari data BPS, masih ada 4,5 juta orang di Jateng yang berada di bawah garis kemiskinan. “Itu menjadi alasan kita kenapa kita patok target 5 juta lapangan kerja baru. Kalau kita tidak bisa penuhi target itu, mengangkat isu kemiskinan, tidak akan cukup,” ujar Sudirman saat bertandang ke kantor TransMedia, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (1/3/2018). Sudirman dan Ida Fauziyah (R. Rekotomo/Antara Foto) Dia pun menyebut sejumlah sektor yang akan digarapnya untuk membuka lapangan pekerjaan baru itu. Namun Sudirman menyatakan berfokus pada industri kreatif dan pariwisata karena di area tersebut Jateng memiliki potensi besar. “Sebagai informasi saja, di sepanjang pantai di Jateng itu ada 32 pantai wisata. Pulau Karimunjawa akan kita jadikan ikon baru pariwisata di Jateng. Konon, lebih indah dari Pulau Seribu. Tapi kurang infrastruktur, promosi, akses, itu yang akan kita kerjakan,” sebutnya. Sudirman Said, yang berpasangan dengan Ida Fauziyah, juga akan membagi cluster pariwisata di Jateng. Misalnya cluster candi-candi, wisata alam, dan tempat pariwisata lainnya. “Misalnya Prambanan-Borobudur satu cluster sendiri, kemudian Dieng sendiri, Baturaden barangkali cluster sendiri. Tapi yang cluster sendiri itu Karimunjawa. Jadi 5 juta itu paling cepat di industri kreatif, pariwisata, kemudian UKM. Kalau investasi itu padat modal, akan kita dorong ke pertumbuhan,” terang Sudirman. Soal infrastruktur, cagub yang diusung oleh Gerindra-PAN-PKS-PKB itu menjanjikan upaya besar-besaran di wilayah Jateng bagian selatan yang dirasa masih kurang. Sudirman mempertimbangkan menambah bandara, pelabuhan, dan infrastruktur lainnya, termasuk menghidupkan kembali pelabuhan lama, seperti yang ada di Tegal. “Itu janji no 17, mempercepat infrastruktur, terutama selatan. Layanan internet gratis di seluruh desa. Agar informasi terbuka supaya tidak terisolasi. Termasuk infrastruktur penunjang pembangunan,” tuturnya. Sudirman menyatakan dia bersama Ida ingin bersaing sehat dengan Ganjar, yang berpasangan dengan Gus Yasin. Meski begitu, dia mengatakan akan menghapus Kartu Tani, program rintisan Ganjar, yang kini Gubernur Jateng nonaktif. “Semangat memperbaiki dan menyempurnakan. Kalau yang baik akan kita pertahankan. Kalau soal Kartu Tani, itu rata, dari Brebes sampai Rembang, dari Pati sampai Cilacap, sampai ke Temanggung, sampai ke ruang diskusi tokoh agama, bicara soal Kartu Tani merepotkan masyarakat,” ucap Sudirman. “Saya menyebutnya dengan segala hormat kepada perintisnya pasti niatnya baik, tapi eksekusinya membutuhkan perbaikan. Banyak yang menyuarakan perlunya meninjau Kartu Tani dan itu sudah kita tangkap dengan baik, dan diwujudkan dalam satu janji kerja itu, kita akan mengganti Kartu Tani dengan program baru, Program Tani Mandiri,” imbuhnya. Di dalam Program Tani Mandiri, lanjut Sudirman, terdapat jaminan ketersediaan bibit dan pupuk hingga stabilitas harga komoditas pertanian. Mantan Menteri ESDM ini juga menyoroti kebijakan larangan penggunaan cantrang yang diberlakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dia mengatakan larangan cantrang bukan hanya merugikan nelayan, tapi juga para pelaku industri yang terkait, seperti industri tambang, onderdil perahu, sampai makanan. “Industri tambang di Ketanggungan itu volume drop sampai 50 persen karena cantrang dilarang, kemudian nelayan nggak melaut. Orang-orang ini juga cerita toko onderdil di pelabuhan juga turun. Orang melaut kan bawa logistik, itu juga turun,” sebut Sudirman. “Soal cantrang kita hormati kebijakan teman saya, Ibu Susi. Tapi tetap harus memperhatikan kelangsungan hidup nelayan. Kan tujuannya untuk membantu masyarakat. Kalau yang terjadi malah menyusahkan, saya mengatakan kepada nelayan, ‘Kami dampingi sampai pemerintah memberikan solusi yang permanen persoalan cantrang itu,'” tambahnya. Sudirman-Ida memiliki 22 janji untuk Jawa Tengah dan memakai slogan ‘Bangun Jateng, Mukti Bareng’. Dia berharap masyarakat Jateng bisa menerima program-program tersebut. “Kami bersyukur hanya dua pasang, mau meneruskan yang lama atau pilih yang baru,” tutup Sudirman.

Polisi menyebut para pelaku perampokan di Metro Mini mengaku menendang korbannya, Tofik Indrawan, hingga jatuh dari Metro Mini. Tofik pun ditemukan tewas. “Kita terus periksa intensif para pelakunya dan mereka mengakui menendang korban hingga terpental,” ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Sapta Maulana ketika dihubungi detikcom , Kamis (1/3/2018). Kedua pelaku yang mengaku tersebut adalah Bagas Prasetya (18) dan Gilang Ramadhan (19). Sapta menuturkan para pelaku itu mengeroyok korban di dalam Metro Mini karena korban melawan saat para pelaku hendak menggasak ponsel dan dompet milik korban. Saat itu kondisi Metro Mini dalam kecepatan tinggi melintas di Jalan Komarudin, Cakung. Korban pun tersungkur setelah ditendang pelaku. “Keterangan baru yang kita dapat hanya itu. Kita masih melakukan pengejaran satu pelaku lain yang buron,” imbuhnya. Polisi menangkap Bagas dan Gilang di kawasan Cakung Timur, Jakarta Timur. Keduanya adalah anggota komplotan pelaku perampokan di atas Metro Mini 42 hingga menyebabkan korban, Tofik Indrawan, tewas di Jalan Komarudin, Pulogebang, Jakarta Timur, pada Rabu (28/2). Kini polisi masih memburu sopir tembak bus Metro Mini berinisial B yang masih jadi buron.

Related Posts

Comments are closed.