Tiga Faktor untuk Memunculkan Bakat Anak

Tiga Faktor untuk Memunculkan Bakat Anak

Jakarta : Setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing. Untuk memunculkan bakat yang dimiliki anak, terdapat tiga fakor yang berperan.

“Terdapat tiga faktor gemilang untuk melihat bakat yang dimiliki anak, yaitu kognitif, kepribadian, dan minat,” ujar psikolog Tara de Thouars dalam konfrensi pers Indomilk Program Gemilang Anak Indonesia Indomilk, Selasa 12 Desember 2017.

Kognitif adalah kemampuan anak dalam berpikir. Kemudian, kepribadian adalah daya juang sang anak dalam menggapai cita-citanya, termasuk rasa percaya diri dan motivasi diri untuk tidak menyerah.

Faktor terakhir adalah minat, yang bisa dilihat dari kegiatan yang membuatnya tertarik melakukan secara berkelanjutan.

“Misalnya, untuk membantu kognitif anak, orang tua memberikan asupan makanan yang bergizi untuk menstimulasi otak si kecil,” Tara memberi contoh.

Kemudian, dukungan positif untuk setiap aktivitas yang disenangi anak juga tak kalah penting bagi perkembangan kepribadian anak. Dukungan dari orang tua membuat anak lebih termotivasi dan bersemangat dalam menggapai bakat.

Selain itu, pemberian sarana prasarana bagi anak untuk lebih mengembangkan minat yang sedang disenangi juga tak boleh dipandang sebelah mata oleh orang tuanya.

“Kalau orang tua dan anak sudah melihat minat anak tetapi tak mendukung dengan memberikan sarana, maka sia-sia,” pungkas Tara.

seperti di kutip dari http://rona.metrotvnews.com

Related Posts

Comments are closed.