Sandi akan Bertemu Investor Dubai, Targetkan 6.000 Lapangan Kerja

Sandi akan Bertemu Investor Dubai, Targetkan 6.000 Lapangan Kerja

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tengah menjadwalkan pertemuan dengan investor asal Dubai yang berencana berinvestasi di Jakarta. Rencananya, pertemuan tersebut akan digelar pada awal tahun depan. “Kita lagi jadwalkan awal tahun untuk bertemu mem- follow up investor-investor itu dan mereka akan berniat untuk berinvestasi,” kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017). Sandi menargetkan akan tercipta 5.000-6.000 lapangan pekerjaan di Jakarta dalam investasi itu. “Itu bergerak di bidang pariwisata, infrastruktur, khususnya transportasi dan juga terakhir mereka cukup berminat di bidang low cost housing (perumahan murah) atau affordable housing (perumahan terjangkau),” ujarnya. Sebelumnya, Sandi menyebutkan sekitar 300 pengusaha asal Dubai, Uni Emirat Arab, tertarik berinvestasi di Jakarta. Investasi tersebut di sektor perumahan. “Kemarin kan saya berkunjung ke Dubai. Mereka ingin datang ke sini sekitar 300 pengusaha yang tertarik berinvestasi di bidang perumahan,” kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (7/12).

Baca juga : soal masuknya tenaga kerja asing ke indonesia ini kata bkpm

Jakarta – Beberapa waktu lalu muncul isu tenaga kerja asing yang datang berbondong-bondong ke Indonesia. Ternyata masuknya investasi asing yang sekaligus membawa tenaga kerja asal negaranya itu justru memberi multiplier effect bagi Indonesia. “Karena Tenaga Kerja Asing (TKA) komponen kritis dari investasi. Kita meminta investor mempertaruhkan triliunan rupiah modal mereka di negara kita. Wajar mereka mengirim orang mereka untuk menjaga investasi tersebut. Masing-masing TKA itu menghasilkan 4-9 tenaga kerja lokal. Jadi 1 TKA yang masuk menciptakan 3-9 lapangan kerja baru untuk TKI,” kata Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong, di Kopitiam QQ, Pasific Place, Jakarta Selatan, Rabu (4/1/2016). Ia mengatakan, berdasarkan data BKPM masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia tersebut dibutuhkan untuk pemasangan beberapa komponen atau sistem yang menggunakan bahasa dari negara investor. Nantinya, setelah pemasangan sistem atau komponen maupun peralatan mesin selesai, ke depan TKA tersebut akan dikurangi karena sebenarnya penggunaan TKA lebih boros karena gaji yang lebih tinggi daripada tenaga kerja lokal. “Data BKPM sangat jelas menunjukkan lapangan kerja yang diciptakan dari investasi jauh lebih banyak untuk tenaga kerja lokal dibanding asing. TKA itu biasanya hanya di awal proyek, pemasangan peralatan mesin-masin yang pakai bahasa Jepang, tapi begitu memasuki tahun kedua mereka pulangkan segera karena gajinya mahal pake ekspat,” kata Tom. Secara bertahap, nantinya investor asing akan melatih tenaga kerja lokal untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut. Hal itu karena perbandingan gaji antara TKA dan tenaga kerja lokal yang lebih murah. Ia menyebut ada beberapa kesalahan pahaman seputar tenaga kerja asing. Menurutnya, adanya investasi asing dan masuknya tenaga kerja asing tersebut justru menumbuhkan bisnis lokal di sekitar kawasan investasi itu. Misalnya ketika di kawasan industri, para pegawai membutuhkan jasa laundry sehingga tumbuh toko yang menawarkan jasa laundry. “Ini ada sedikit misspersepsi seputar lapangan kerja di investasi asing. Banyak peluang kerja diciptakan di sekitarnya. Misal pabrik perlu katering, cafe, pasti disuplai dari sekitarnya. Pekerja pabrik apa itu asing atau lokal harus pakai seragam, seragam harus di laundry, itu pasti tenaga kerja lokal. Asrama juga disediakan lokal. Dalam beberapa kesempatan saya terangkan tolong sosialisasikan ke masyarakat setempat jangan berpikir begitu investasi asing masuk terus coba lihat ke multiplier effectnya ,” imbuh Tom. Menurut Tom, ia tidak mau mengeluarkan aturan terhadap investor yang mengatur penggunaan tenaga kerja asing. Ia akan memberi kebebasan bagi investor dengan memberikan kemudahan supaya Indonesia memiliki daya tarik bagi investor. “Kita semua tahu kita harus mempermudah investor. Jangan banyak keluarkan aturan yang mempersulit dan menjelimet. Kita musti sederhanakan dan membebaskan. Data BKPM menunjukkan bahwa investasi itu berhasil,” kata Tom. (dna/dna)


Baca juga : 6 direksi dirombak erik meijer bukan lagi direktur garuda

Tangerang – Selain memilih direktur utama (dirut) baru, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) juga merombak jajaran direksi. Hanya dua direktur lama yang bertahan. “Direksi lama yang masih tetap, Pak Heriyanto dan Kapten Novijanto,” kata VP Communication Garuda Pujobroto di Garuda City Center, Tangerang, Jumat (12/12/2014). Heriyanto Agung Putra adalah Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, sementara Novijanto adalah Direktur Operasi. Dua direksi lama ini dipertahankan untuk tetap bekerja di maskapai pelat merah tersebut. Emirsyah Satar sudah resmi lengser dari jabatannya sebagai dirut Garuda. Kini kursi kepemimpinan maskapai BUMN itu ada di tangan Arif Wibowo yang dulu menjabat dirut PT Citilink Indonesia, anak usaha Garuda. Pengesahan Arif sebagai direksi baru ini dilakukan setelah mendapat restu dari pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini di Auditorium Garuda City Center (GCC), Tangerang. Selain investor, para karyawan hingga direksi anak usaha juga ikut hadir dalam RUPSLB tersebut. Acara rapat itu berlangsung dari pukul 10.00 WIB selama kurang lebih satu jam. Berikut jajaran direksi Garuda yang diberhentikan: Direktur Utama Emirsyah Satar Direktur Keuangan Handrito Hardjono Direktur Pemasaran dan Penjualan Erik Meijer Direktur Layanan Faik Fahmi Direktur Teknik & Pengelolaan Armada Batara Silaban Direktur Strategi, Pengembangan Bisnis & Manajemen Resiko Judi Rifajantoro (ang/dnl)


Baca juga : 40 ribu datsun akan berseliweran di jalan

Liputan6.com, Purwakarta – Dua pabrik Nissan diharapkan dapat merealisasikan rencana bisnis jangka menengah dari Nissan Motor Corporation dalam enam tahun. Perseroan meresmikan pabrik kedua yang berada di kawasan industri Bukit Indah, Purwakarta pada Kamis (8/5/2014). Dengan pembangunan pabrik ini dapat menyerap tenaga kerja 3.000 orang untuk mengakomodasi permintaan pasar dari pengguna mobil low cost green car (LCGC)/mobil murah ramah lingkungan di Indonesia. Hal itu seiring meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia.

seperti di kutip dari http://otomotif.liputan6.com

“Melalui investasi pabrik kedua di Indonesia dan meningkatkan kemampuan manufaktur global dari Nissan Production Way sehingga kini kami dapat terus memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat,” ujar Hiroto Saikawa, Chief Commpetitive Officer Nissan Motor Co., Ltd. Pabrik seluas 60 ribu meter persegi memiliki beberapa fasilitas mulai dari fasilitas perakitan body, fasilitas pengecatan, serta fasilitas untuk membuat trim dan sasis. Kepala BKPM, Mahendra Siregar, dalam pidato sambutannya mengharapkan pabrik baru ini dapat mendorong kualitas serta pertumbuhan produksi mobil dalam negeri. “Berdirinya pabrik kedua dari Nissan semoga dapat meningkatkan kualitas industri di Indonesia menjadi lebih kompetitif”, ujar Mahendra. Senada dengan Mahendra, Saikawa sangat yakin kalau mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia akan memiliki kualitas kelas dunia. Pembangunan plant ke-2 milik PT Nissan Motor Indonesia (KMI) menelan investasi mencapai 3,3 miliar Yen dengan kapasitas produksi sebesar 250 ribu unit per tahun. Jumlah target penjualan ini naik 150 ribu unit dari tahun sebelumnya. Pada awal produksi, pabrik baru dari Nissan ini akan digunakan untuk merakit mobil-mobil Datsun yang dijual di Indonesia. Dengan dibangunnya pabrik baru ini PT NMI menargetkan penjualan Datsun Go+ mencapai 40 ribu unit pada 2014. Peresmian pabrik ini dihadiri pula oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Mahendra Siregar, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, serta Presiden dan CEO Nissan Motor Co., Ltd. (NML), Hiroto Saikawa. (Ysp/Ahm)


Baca juga :

INILAHCOM, Jakarta – Secara teknikal, IHSG mulai terlihat berkonsolidasi dalam jangka pendek. Kondisi IHSG terlihat mulai relatif bergerak mendatar di kisaran 5.969 hingga 6.082. Menurut praktisi pasar, Stevanus Mulyadi Handoko, indikator teknikal Stochastic mulai bergerak turun keluar dari area overbought, sedangkan MACD berpotensi terjadi death cross. Dari kondisi teknikal ini, mengindikasikan bahwa IHSG berkondolidasi dengan potensi terjadi koreksi sehat lanjutan dalam jangka pendek. “Untuk pekan ini, IHSG berpotensi menguji level support psikologis 5.969. Hati-hati bila IHSG breakdown level support tersebut, karena berpotensi melanjutkan pelemahannya menuju support selanjutnya dikisaran 5.914,” katanya Minggu (12/11/2017). Pekan ini, pelaku pasar tengah menanti rilis data ekspor-impor dan neraca perdagangan pada hari Rabu (15/11/2017). Sehari setelahnya yaitu pada hari Kamis (16/11/2017), Bank Indonesia akan menetapkan suku bunga 7-days Repo Rate, yang diperkirakan tidak akan berubah. Sementara dari luar negeri, cukup banyak agenda dan kejadian ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar pada pekan ini. Hari Selasa, Pernyataan Gubernur BOJ Kuroda, Rilis data industri dan penjualan ritel China, Rilis data inflasi Inggris, Rilis data GDP Zona Eropa, Pernyataan Ketua ECB Mario Draghi, Pernyataan Gubernur BOE Carney, Pernyataan Ketua The Fed Janet Yellen, Rilis data harga produsen AS. Hari Rabu, Rilis data GDP Jepang, Rilis data pendapatan dan tingkat pengangguran Inggris, Rilis data inflasi, penjualan ritel dan persediaan minyak AS. Hari Kamis, Rilis data pekerjaan Australia, Rilis data penjualan ritel Inggris, Rilis data inflasi zona eropa, Rilis data klaim pengangguran AS, Pernyataan Gubernur BOE Carney.  Hari Jum’at, Pernyataan Ketua ECB Mario Draghi, Rilis data ijin bangunan AS. Di awal pekan, IHSG diperkirakan akan bergerak sideways cenderung turun, berpotensi menguji level psikologis 6000. Apabila gagal bertahan di level 6000, IHSG berpeluang menguji area support 5989. Untuk itu, harus tetap safe trading dan selalu kontrol resiko. Terutama jika kondisi market tiba-tiba menjadi tidak kondusif dan muncul ketidakpastian atau force majeure sesaat pada pasar. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap, terutama bagi perusahaan yang telah merilis laporan kinerja keuangan kwartal ketiga cukup baik. “Jika terjadi koreksi, bisa melakukan buy on weakness pada saham-saham yang masih berkinerja bagus.”

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tengah menjadwalkan pertemuan dengan investor asal Dubai yang berencana berinvestasi di Jakarta. Rencananya, pertemuan tersebut akan digelar pada awal tahun depan. “Kita lagi jadwalkan awal tahun untuk bertemu mem- follow up investor-investor itu dan mereka akan berniat untuk berinvestasi,” kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017). Sandi menargetkan akan tercipta 5.000-6.000 lapangan pekerjaan di Jakarta dalam investasi itu. “Itu bergerak di bidang pariwisata, infrastruktur, khususnya transportasi dan juga terakhir mereka cukup berminat di bidang low cost housing (perumahan murah) atau affordable housing (perumahan terjangkau),” ujarnya. Sebelumnya, Sandi menyebutkan sekitar 300 pengusaha asal Dubai, Uni Emirat Arab, tertarik berinvestasi di Jakarta. Investasi tersebut di sektor perumahan. “Kemarin kan saya berkunjung ke Dubai. Mereka ingin datang ke sini sekitar 300 pengusaha yang tertarik berinvestasi di bidang perumahan,” kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (7/12).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tengah menjadwalkan pertemuan dengan investor asal Dubai yang berencana berinvestasi di Jakarta. Rencananya, pertemuan tersebut akan digelar pada awal tahun depan. “Kita lagi jadwalkan awal tahun untuk bertemu mem- follow up investor-investor itu dan mereka akan berniat untuk berinvestasi,” kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017). Sandi menargetkan akan tercipta 5.000-6.000 lapangan pekerjaan di Jakarta dalam investasi itu. “Itu bergerak di bidang pariwisata, infrastruktur, khususnya transportasi dan juga terakhir mereka cukup berminat di bidang low cost housing (perumahan murah) atau affordable housing (perumahan terjangkau),” ujarnya. Sebelumnya, Sandi menyebutkan sekitar 300 pengusaha asal Dubai, Uni Emirat Arab, tertarik berinvestasi di Jakarta. Investasi tersebut di sektor perumahan. “Kemarin kan saya berkunjung ke Dubai. Mereka ingin datang ke sini sekitar 300 pengusaha yang tertarik berinvestasi di bidang perumahan,” kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (7/12).

Related Posts

Comments are closed.