Polisi Gandeng Kemnaker Usut Kasus TKW Aborsi di Pesawat Etihad

Polisi Gandeng Kemnaker Usut Kasus TKW Aborsi di Pesawat Etihad

Polres Bandara Soekarno-Hatta dan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) bekerja sama untuk menginvestigasi kasus wanita berinisial H (37) yang diduga melakukan aborsi di dalam pesawat Etihad ET 474 (rute Abu Dhabi-Jakarta). Kemnaker menginvestigasi terkait legalitas ketenagakerjaan H sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri. “Tadi kami sudah didatangi kementerian tenaga kerja, Ibu Niken sebagai Kasubdit Gakkum dari bagian pengawasan maupun penempatan tenaga kerja. Kami bekerja sama untuk melaksanakan investigasi terkait hal ini. Selain daripada upaya kesehatan, visum, pemeriksaan DNA, autopsi juga kami akan memeriksa saksi terkait,” kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Ahmad Yusep Gunawan, saat dihubungi, Senin (8/1/2018). Polisi telah memeriksa sejumlah saksi terkait kejadian aborsi tersebut. Polisi juga masih mendalami terkait ayah dari jabang bayi yang ditemukan di toilet itu. “Untuk pemeriksaan, sekarang juga pemeriksaan terhadap keluarganya, suaminya, dari pihak krew maskapai Etihad,” tuturnya. H saat ini masih dalam kondisi lemah. Tim gabungan telah memeriksa kesehatan dari wanita asal Cianjur tersebut. H diduga melakukan aborsi ketika dalam perjalanan dari Abu Dhabi-Jakarta. Saat pesawat transit di Bangkok, Thailand H mengeluh sakit pada perutnya dan mengalami pendarahan, sehingga dia tidak melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan menjalani pengobatan di Bangkok. Kasus ini baru diketahui ketika pesawat Etihad mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 17.45 WIB, Sabtu (6/1) kemarin. Petugas cleaning service menemukan janin di dalam toilet pesawat.

Ada hal yang mengejutkan terjadi di Kota Siak di Riau. Ada pihak yang berupaya untuk membakar Istana Siak, bangunan peninggalan kejayaan kerajaan Islam Riau. “Kita masih menyelidiki kasus ini. Kasat Reskrim masih di lapangan untuk mengecek upaya pembakaran istana Siak itu,” kata Kapolres Siak, AKBP Barliansyah saat dihubungi detikcom, Senin (8/1/2018). Menurut Barliansyah, memang ada pihak dengan sengaja untuk melakukan pembakaran Istana Siak. Hanya saja, pihaknya masih menyelidiki siapa pelakunya. “Upaya pembakaran itu memang ada. Ini yang lagi kita selidiki di lapangan. Nanti kalau ada perkembangan saya kabari,” kata Barliansyah. Sementara itu, dari foto yang didapat detikcom dari media sosial, upaya pembakaran itu berada di dalam Istana Siak. Yang terbakar patung yang berada dalam istana sebagai replika jajaran kesultanan yang lagi rapat. Terlihat dalam foto tersebut, pakaian yang melekat dipatung berwarna hitam tampak ada yang terbakar. Begitu juga tirai yang ada di dalam istana sempat terbakar. Namun belakangan upaya pembakaran ini bisa digagalkan.

PT Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta melanjutkan proses land clearing atau pembebasan lahan lokasi pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Proses ini dilakukan berdasar putusan konsinyasi pengadilan. “Ada 31 penetapan (pengadilan), terdiri 35 bidang. 16 bidang sudah dinilai semuanya, 19 bidang yang dinilai tanahnya saja, seluruhnya sudah terima SP (surat peringatan) 1-3,” kata Project Manager NYIA, R. Sujiastono, kepada wartawan, di kantor proyek NYIA Temon, Senin (8/1/2018). Dijelaskannya, dari 31 penetapan itu, merata di dua desa yakni Glagah dan Palihan. Suji memastikan pihaknya bertindak sesuai aturan. Pada Jumat (5/1) pekan lalu pihaknya juga telah merobohkan 3 bangunan yang menerima konsinyasi dan kondisinya sudah kosong tak berpenghuni. “Sepanjang yang sudah kosong (yang terima konsinyasi), kita robohkan (bangunan dan tanaman),” tandasnya. Di sisi lain, Suji enggan mengomentari adanya aksi perlawanan warga terhadap proses pembebasan lahan hari ini di Desa Palihan. “Kita bekerja sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya. Pantauan di lapangan, proses pembebasan lahan berlangsung di Desa Palihan. Dua unit backhoe dikerahkan untuk meratakan bangunan dan tanaman milik warga yang telah mengikuti proses konsinyasi di pengadilan. Tampak aparat keamanan mengawal jalannya proses pembebasan lahan tersebut. Sesampai di salah satu lahan warga di Dusun Kragon II, Palihan, suasana sempat memanas. Warga dan relawan menghadang backhoe yang tengah merobohkan tanaman. Di sekitar lokasi itu juga terpasang sejumlah poster yang intinya penolakan terhadap proyek Bandara NYIA. Terlihat penambahan personel Sabhara Polres Kulon Progo untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. “Ini belum dijual, tidak akan dijual, saya punya sertifikat ini bukti lahan saya,” teriak seorang warga. “Iso moco ora (bisa baca poster yang terpasang tidak),” sahut warga lainnya. Di sebuah rumah dekat lahan itu, masih tampak penghuninya. AP I sebelumnya menjanjikan tidak akan mengosongkan lahan yang masih berpenghuni. Sempat adu mulut, warga dan petugas AP I akhirnya bernegosiasi namun berjalan alot. Tidak ditemui kesepakatan antara kedua belah pihak. AP I memutuskan menarik mundur petugasnya dan menunda sementara proses pembebasan lahan.

Meritha Vridhawati (26) tewas setelah meloncat dari lantai 10 Apartemen Cosmo Park, Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Wanita yang bekerja di sebuah bank itu diduga stres karena punya masalah pekerjaan. “Suami korban menjelaskan bahwa akhir-akhir ini korban sering mengeluhkan situasi pekerjaannya di bank,” kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono kepada detikcom , Senin (8/1/2018). Mengenai permasalahan apa yang dihadapi korban di bank tersebut, Lukman tidak menjelaskan secara terperinci. Atas permasalahan itu, korban juga disebut suaminya, Faisal Rangga (28), sempat hendak mengundurkan diri. “Hanya (permasalahan) hubungan antar-pegawai saja. Korban tidak kuat dengan situasi pekerjaannya sehingga menyatakan akan resign ,” imbuhnya. Di sisi lain, korban juga merasa tertekan oleh kondisi kesehatan bayinya yang berusia 9 bulan. Hal ini menguatkan dugaan polisi bahwa korban bunuh diri. “Anaknya sakit biasa, tetapi korban diduga mengalami tekanan atau stres sehingga tidak kuat menanggung beban permasalahan,” pungkasnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung JR Saragih maju Pilgub Sumut 2018. PDI Perjuangan yakin jagonya, Djarot Saiful Hidayat tak terancam batal maju Pilgub Sumut. “Nanti kami lihat, kami nggak pernah merasa terancam, nggak pernah merasa diancam. Kami berpolitik dengan keyakinan,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jl Teuku Umar Nomor 27, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018). Pasalnya, PDIP baru mengantongi 16 kursi di DPRD Sumut dan kurang 4 kursi sebagai syarat minimal majunya cagub/cawagub. Harapan PDIP tinggal di tangan PPP yang memiliki 4 kursi. Djarot juga sebelumnya sudah bertandang ke DPP PKB. Namun akhirnya, PKB menjatuhkan dukungannya kepada JR Saragih dan Ance Selian di Pilgub Sumut. “Hari ini PKB sudah memutuskan untuk mengumumkan Pilgub Sumut. PKB akan memberikan dukungan JR Saragih dan Ance. Pak JR Saragih ini sekarang masih Bupati Simalungun dua periode DPW PKB di Sumatera Utara,” kata Ketua Desk Pilkada PKB Daniel Johan saat jumpa pers di Graha Gus Dur, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat. PKB tak sendirian berkoalisi mengusung JR Saragih-Ance. PKB berkoalisi dengan Demokrat dan PKPI di Sumut untuk mengusung pasangan tersebut.

Meritha Vridawati (26) tewas terjatuh dari lantai 10 Apartemen Cosmo Park Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Suami pegawai Bank BRI itu, Faisal Rangga (28), sangat terpukul atas kejadian ini. “Suaminya masih shock ,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom , Senin (8/1/2018). Menurut Argo, korban sebelumnya berpamitan kepada suaminya untuk membeli bubur pada pukul 05.00 WIB. Korban dan suami bersama bayinya tinggal mengontrak di sebuah rumah di Jl Pam Baru, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. “Kemudian karena suaminya ini curiga, sampai pukul 07.00 WIB kok nggak pulang-pulang, akhirnya suaminya ini keluar mencari istrinya,” sambung Argo. Faisal sempat mencari istrinya ke beberapa pedagang bubur di Bendungan Hilir. Ia juga mencari istrinya hingga ke Pasar Bendungan Hilir. “Karena nggak ketemu-ketemu, akhirnya suaminya ini lapor ke Pospol Bendungan Hilir,” tuturnya. Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengatakan Faisal datang ke Pospol Bendungan Hilir seorang diri. “Anggota Pospol, karena sudah mendapat informasi kalau ada seorang wanita yang melompat dari Thamrin City kemudian menanyakan ke pelapor (Faisal) ini, nama istrinya ini (Meritha) bukan,” kata Lukman. Polisi juga sempat memperlihatkan foto korban kepada Faisal dan foto tersebut dibenarkan oleh Faisal. “Ya suaminya tentunya kaget, karena tahunya paginya itu beli bubur,” tambah Lukman. Berdasarkan keterangan suaminya, korban punya masalah pekerjaan sehingga mengajukan resign . Tidak hanya itu, Meritha stres atas kondisi bayinya yang berusia 9 bulan yang sedang sakit.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi menggugat cerai istrinya, Veronica Tan, lewat Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut). Surat gugatan cerainya sudah ditandatangani Ahok. “Sudah, kok,” kata panitera muda perdata di PN Jakarta Utara Tarmuzi saat dimintai konfirmasi detikcom , Senin (8/1/2018). “Pokoknya (Ahok, red) sudah gugat cerai,” tegasnya. Tarmuzi memastikan surat gugatan cerai tersebut sudah masuk ke PN Jakarta Utara pada Jumat (5/1) dan ditandatangani Ahok. “Kalau belum (ditandatangani Ahok, red) nggak saya terima. Mana ada gugatan nggak ada kuasanya. Salah pengadilan,” ujarnya. Saksikan video tentang Ahok gugat cerai Veronica di sini: [Gambas:Video 20detik]

Related Posts

Comments are closed.