Pemerintah tak Risau dengan Rencana Kenaikan Fed Rate

Pemerintah tak Risau dengan Rencana Kenaikan Fed Rate

Bogor: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan tak risau dengan rencana kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS), Fed Rate yang akan dilakukan lebih cepat nantinya bakal mempengaruhi arus modal di Indonesia.

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Fiskal Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Adriyanto mengatakan sejauh ini pergerakan arus uang atau arus modal masih dalam kondisi terkendali.

“Masih pada level yang acceptable , memang ada yang net selling, tapi masih ada aliran masuk,” kata Adriyanto dalam pelatihan media di Bogor, Selasa, 12 Desember 2017.

Dirinya mengatakan pasar keuangan telah memperkirakan dan menghitung rencana kenaikan Fed rate sehingga pengaruhnya pada arus modal keluar tidaklah besar.

Selain dari sisi moneter, rencana kebijakan Presiden AS Donald Trump yang ingin menaikkan belanja infrastruktur akan mendorong banyak modal masuk ke negara tersebut dan membuat modal keluar dari Indonesia.

Namun, dirinya yakin dengan fundamental ekonomi Indonesia yang kuat akan dapat menjaga kepercayaan investor untuk tetap menaruh modalnya di Indonesia.

“Investor melihat kalau pondasi ekonomi masih bagus, secara fiskal dianggap kredibel, saya kira itu jadi penting, Indonesia masih aman untuk masuk modal secara signifikan. Saya kira investor masih yakin dengan kita,” jelas Adriyanto.

seperti di kutip dari http://ekonomi.metrotvnews.com

Related Posts

Comments are closed.