Komodo Bond Jasa Marga Terbit di London Stock Exchange

Komodo Bond Jasa Marga Terbit di London Stock Exchange

London : London Stock Exchange menyambut baik listing perdana Komodo Bond atau surat utang Indonesia denominasi mata uang rupiah melalui perusahaan pelat merah Indonesia.

Surat utang ini diterbitkan oleh PT Jasa Marga Tbk, operator jalan tol Indonesia. Ketika dirilis di London Exchange peminatnya membludak empat kali lipat dari target Jasa Marga sebesar Rp4 triliun. Komodo bond itu berjatuh tempo tiga tahun serta memiliki kupon sebesar 7,5 persen dengan peruntukan dana untuk pembangunan infrastruktur.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, melalui Komodo Bond investor dapat mengambil keuntungan dari peluang berinvestasi di sektor infrastruktur Indonesia.

“Komodo bond ini memungkinkan investor asing untuk mengakses infrastruktur dengan kualitas tinggi dalam rangka diversifikasi portofolio mereka (investor). Investor juga memiliki akses kepada mata uang lokal yang memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibanding dolar bonds (bond dalam bentuk dolar). Bond dalam bentuk rupiah adalah satu pendekatan untuk management risiko terkait mata uang asing,” kata Rini dalam keterangan tertulisnya, Rabu 13 Desember 2017.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan dengan sejarah kredit yang baik serta pendapatan yang stabil Jasa Marga dapat memperoleh pengumuman minat transaksi investor lebih awal yakni menjelang pengumuman transaksi.

“Penerbitan melalui London Stock Exchange karena merupakan bursa paling internasional yang memungkinkan Jasa Marga untuk melakukan diversifikasi lebih lanjut mengenai sumber pendanaan, setelah pernah menerbitkan di pasar lokal melalui sekuritisasi dan penerbitan obligasi di beberapa proyek pada awal tahun,” ujar Desi.

Sementara CEO London Stock Exchange Nikhil Rathi menambahkan, selain Indonesia sebelumnya ada perusahaan asal Asia yang juga menerbitkan bond di London Stock Exchange. Perusahaan itu menerbitkan bond dengan denominasi Ruppe.

“Selain indonesia, India juga menerbitkan bond yaitu surat utang denominasi dengan Ruppe,” tutup Nikhil.

seperti di kutip dari http://ekonomi.metrotvnews.com

Related Posts

Comments are closed.