Khofifah-Emil Tiba, Massa Berdesakan Ingin Ikut Masuk ke KPU Jatim

Khofifah-Emil Tiba, Massa Berdesakan Ingin Ikut Masuk ke KPU Jatim

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur datang ke kantor KPU Jatim. Terjadi desak-desakan saat Khofifah-Emil mendekat ke pintu masuk KPU Jatim. Dari pantauan detikcom, Rabu (10/1/2018), Khofifah-Emil berjalan di Jalan Raya Tenggilis. Sekitar 100 meter, paslon Khofifah-Emil diarak dan disambut massa dari berbagai kelompok. Ada massa beratribut partai politik dan juga pendukung paslon Khofifah-Emil tanpa atribut parpol. Ada juga dari berbagai komunitas pendukung Khofifah-Emil. Mereka juga dikawal beberapa kiai seperti Kiai Asep. Foto: Rois/detikcom Kegaduhan terjadi ketika rombongan Khofifah-Emil tiba di depan pintu masuk kantor KPU Jatim. Oleh karena tidak semua orang bisa masuk ke kantor KPU, sehingga terjadi penumpukan massa. Aksi desak-desakan tak terelakkan. Namun, beberapa petugas dari satgas NasDem hingga Banser, membuat barikade melindungi Khofifah-Emil. “Hei jangan dorong-dorong!” teriak orang yang berada di dekat Khofifah. Khofifah hanya tersenyum saja, begitu juga Emil yang didampingi istrinya, Arumi Bachsin. Dalam aksi desak-desakan itu, hingga ada yang terjatuh, tapi tidak ada korban luka. Beberapa menit kemudian, rombongan Khofifah dan Emil diperkenankan masuk ke dalam kantor KPU Jatim.

Astronot Jepang, Norishige Kanai yang tengah berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), mengaku telah bertambah tinggi sebanyak 9 cm selama berada di luar angkasa. Namun belakangan, dia meminta maaf karena tingginya tidak bertambah sebanyak itu. Kebanyakan astronot memang akan “bertumbuh” selama misi luar angkasa karena tulang belakang mereka akan bertambah panjang ketika tak ada gravitasi. Namun pertambahan ini biasanya terbatas hingga maksimum 2 cm saja dan akan kembali seperti sedia kala begitu kembali ke Bumi. Kanai bertolak ke luar angkasa sejak bulan Desember 2017 lalu untuk misi yang akan berlangsung hingga Juni mendatang. Pada Senin (8/1) waktu setempat, astronot berumur 41 tahun itu menyampaikan lewat postingan di Twitter bahwa dirinya punya “pengumuman besar.” “Tinggi saya telah diukur di sini, di ruang angkasa dan entah bagaimana, entah bagaimana, saya bertambah 9 cm! Hanya dalam tiga minggu, saya benar-benar menjulang, sesuatu yang belum pernah kulihat sejak SMA,” demikian cuitannya seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (10/1/2018). “Ini membuat saya sedikit khawatir bahwa saya mungkin tak akan bisa muat di kursi Soyuz untuk kepulangan kami,” imbuhnya. Namun kemudian, sekitar sehari kemudian — dan setelah beritanya menyebar luas — Kanai menyampaikan permintaan maaf. Dia menyatakan bahwa dirinya telah mengukur kembali tingginya setelah kaptennya mempertanyakan soal pertambahan tingginya, dan ternyata diketahui bahwa dia hanya lebih tinggi 2 cm dibandingkan tinggi badannya sewaktu di Bumi. “Kesalahan pengukuran ini tampaknya telah menjadi masalah besar, jadi saya harus meminta maaf atas berita palsu yang sangat buruk ini,” demikian disampaikan Kanai, tanpa menjelaskan bagaimana kesalahan pengukuran awal bisa terjadi. “Tampaknya saya bisa muat di Soyuz, jadi saya lega,” imbuh astronot tersebut.

Kepala UPT Taman Margasatwa Ragunan Dina Himawati sempat mengeluhkan isi perjanjian kerja sama (PKS) dengan Bank DKI mereka. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pun akan memanggil kedua pihak untuk mencari solusinya. “Harapan kami agar sinergi BUMD dan unit-unit yang ada di Pemprov DKI itu berlangsung mulus. Jadi nanti akan kami panggil dua-duanya,” kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018). Isi PKS yang dikeluhkan UPT Ragunan adalah kewajiban dana mengendap sebesar Rp 20 miliar di rekening giro Bank DKI milik mereka. Menurut pihak Ragunan, kewajiban itu memberatkan mereka. Sandi pun menyebut akan membahas kerja sama di antara keduanya agar saling menguntungkan. “Kita pastikan kerja samanya saling menguntungkan jangan memberatkan salah satu pihak,” ucapnya. Sebelumnya, dalam rapat bersama Komisi C DPRD DKI Jakarta serta Bank DKI, Senin (8/1) kemarin, pihak UPT Taman Margasatwa Ragunan menyampaikan sejumlah keluhan soal PKS terkait penerapan e-ticketing yang dilaksanakan sejak 2016. Keluhan itu antara lain kewajiban dana mengendap Rp 20 miliar di rekening giro mereka serta keharusan menyediakan Rp 500 juta tiap bulan untuk top up pengunjung yang sudah punya JakCard. Pihak Ragunan juga mengaku bingung jika ada keluhan terkait JakCard oleh pengunjung, seperti pengembalian sisa saldo dari JakCard. Dalam rapat itu juga disampaikan ada saldo tak terpakai Rp 15,5 miliar di dalam JakCard para pengunjung. Saat rapat itu, pihak Bank DKI juga memberi penjelasan isi PKS terkait kewajiban dana Rp 20 miliar itu bisa dievaluasi lagi. Kemudian, Bank DKI juga menyediakan dana top up Rp 500 juta mulai Januari 2018 hingga pihak Ragunan tak perlu lagi menalanginya. Soal sisa saldo di dalam JakCard, pihak Bank DKI menyebut para pengguna bisa melakukan redeem di kantor Bank DKI terdekat. Dalam rapat tersebut, kedua pihak juga diminta memperbaiki data yang disebut tidak sinkron satu sama lain.

DPR segera memanggil TNI dan Polri untuk rapat membahas pengamanan Pilkada 2018. Selain itu, isu soal majunya perwira TNI dan Polri di pilkada juga akan segera dibahas. “Saya kira kami sudah kemarin juga sudah bertemu dengan pimpinan Komisi II Pak Zainudin Amali dan saya juga sudah kontak komisi III terkait untuk rapat gabungan itu dan juga rencananya kita agendakan besok (11/1) sore,” kata Plt Ketua DPR Fadli Zon di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2018). Fadli mengatakan DPR mengundang beberapa instansi terkait seperti Polri, Kemendagri, Kejaksaan Agung, KPK dan KPU pada rapat gabungan tersebut. Dari DPR, peserta rapat adalah Komisi II dan Komisi III. “Saya kira ini bagus untuk menyamakan frekuensi tentang bagaimana pengaturan pengamanan Pilkada serentak yang jumlahnya juga cukup banyak,” tuturnya. Fadli menuturkan dirinya dijadwalkan untuk memimpin langsung rapat tersebut. “Kalau nanti kita konfirmasi rencananya demikian (Fadli yang akan memimpin rapat gabungan),” ujar waketum Gerindra ini. Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerima kunjungan Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali. Pertemuan itu mendiskusikan isu-isu terkait pilkada, di antaranya anggota polisi yang ikut mendaftar sebagai calon kepala daerah dan teknis Satgas Antimoney Politics. “Ada beberapa agenda yang perlu kami sampaikan pada Kapolri terkait fenomena, misalnya dari anggota Polri yang masih aktif atau menjelang purna, yang akan berkontes di Pilkada. Saya kira sikap Kapolri tegas, mereka yang mengikuti kontestasi, yang memegang jabatan dinonjobkan segera,” kata Abhan kepada wartawan di lobi gedung Rupatama, Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (9/1).

PDIP akan mengumumkan cawagub pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul) siang ini. Siapakah dia? “Ada 3 nama, Bupati Ngawi Budi Sulistiono, kalau saya manggilnya Mas Kanang. Kusnadi, Ketua DPD PDIP Jatim. Dan Ahmad Basarah,” kata politikus PDIP Eva Sundari kepada wartawan, Rabu (10/1/2018). Eva mengatakan 3 nama itulah yang disodorkan kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pilihan kini ada di tangan Megawati. “Nama-nama ini yang disodorkan ke Ketum,” ujar Eva. Salah satu nama yang juga dipertimbangkan ada Puti Guntur Soekarno. Puti dikabarkan menjadi kejutan untuk Pilgub Jatim 2018. PDIP akan mengumumkan pengganti Azwar Anas sebagai bakal cawagub Gus Ipul siang ini di sela acara HUT ke-45 PDIP di JCC, Jakarta.

Related Posts

Comments are closed.