Jokowi Resmi Lantik Irjen Heru Winarko Jadi Kepala BNN

Jokowi Resmi Lantik Irjen Heru Winarko Jadi Kepala BNN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Irjen Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Irjen Heru menggantikan posisi Komjen Budi Waseso (Buwas) yang memasuki masa pensiun mulai Maret 2018. Pelantikan Heru berlangsung di Istana Negara pada Kamis (1/3/2018) pukul 09.00 WIB. Turut hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi dan pejabat negara di antaranya Ketua KPK Agus Rahardjo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan mantan Kepala BNN Komjen Budi Waseso. Pengambilan sumpah dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. “Demi Allah saya bersumpah akan setia dan taat kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya serta akan menjalan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Heru. Usai pengucapan sumpah jabatan, para dubes satu per satu menandatangani sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi. Sesaat kemudian, gantian Jokowi membubuhkan tanda tangan di dokumen tersebut.

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo pagi ini akan melantik Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Heru Winarko menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Heru menggantikan Komisaris Jenderal Budi Waseso yang pensiun mulai hari ini. Pelantikan dilakukan pukul 09.00 WIB di Istana Negara. “Iya, HW (Heru Winarko) dilantik jadi Kepala BNN,” ujar sumber di lingkungan Istana kepada CNNIndonesia.com . Heru merupakan satu dari tiga nama yang sebelumnya diajukan Polri kepada Presiden Jokowi.

seperti di kutip dari https://www.cnnindonesia.com

Dua nama lainnya ialah Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Ari Dono Sukmanto. Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan, kepala baru BNN terpilih atas pertimbangan-pertimbangan Presiden Jokowi dan juga masukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Heru bukan sosok yang pernah menangani kasus tindak pidana narkotika secara spesifik. Ia lebih banyak malang melintang di bidang ekonomi khusus dan korupsi. Sebelum menjadi Kepala BNN, Heru menjalankan fungsi perumusan kebijakan untuk sub-bidang penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan di KPK sejak 15 Oktober 2015. Jenderal Polisi bintang dua itu sempat menjadi Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam dan Kapolda Lampung. Ia juga sebelumnya menjabat Kapolres Metro Jakarta Pusat, Wakil Direktur Ekonomi dan Khusus, dan Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri. Budi Waseso berharap penggantinya dia memiliki kemampuan dan pengalaman yang lebih baik, berintegritas, komitmen, dan kredibilitas yang jelas sehingga tidak mudah terkontaminasi.

Jabatan Komjen Budi Waseso (Buwas) sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) digantikan Irjen Heru Winarko. Buwas menghormati keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Heru sebagai penggantinya. “Sudah lulus. Pengabdian selesai. Ini keputusan Pak Presiden. Pilihan terbaik yang sudah menjadi kriteria dipilih Pak Presiden. Pasti pengganti lebih baik dari saya,” ujar Buwas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018). Buwas mengatakan, Kepala BNN penggantinya memiliki tugas untuk memberantas narkoba hingga ke akar-akarnya. Sosok Heru dinilai tepat untuk mengisi posisi itu. “Untuk memberantas narkoba harus orang-orang yang memiliki integritas bagus. Profesional. Itu mutlak,” ujar Buwas. Pelantikan Heru berlangsung di Istana Negara, Kamis (1/3/2018) pukul 09.00 WIB. Turut hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi dan pejabat negara di antaranya Ketua KPK Agus Rahardjo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan mantan Kepala BNN Komjen Budi Waseso. Pengambilan sumpah dilakukan langsung oleh Jokowi. “Demi Allah saya bersumpah akan setia dan taat kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya serta akan menjalan peraturan perundang undngan dengan selurus lurusnya demi darma bakti saya bangsa dan negarasya kepada bangsa dan negara,” ucap Heru.

sebelum membuat putusan, Jokowi sudah mendapatkan masukan dari Kapolri terkait 3 Jenderal polisi yang layak mengisi posisi Kepala BNN. “Dari Kapolri mengusulkan nama-nama, kalau enggak salah ada tiga nama,” kata Johan. Namun, Johan belum mau menyebutkan siapa saja tiga nama itu. Johan meminta wartawan dan publik bersabar menunggu keputusan resmi dari Jokowi. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hari Ini, Jokowi Putuskan Kepala BNN Pengganti Buwas”, . Penulis : Ihsanuddin Editor : Diamanty Meiliana

Pelantikan Kepala Badan Narkotika Nasional (Foto: Yudhistira Amran/kumparan) Presiden Joko Widodo hari ini resmi melantik Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Pol Budi Waseso. Budi Waseso hampir tiga tahun menjabat sebagai Kepala BNN sejak 8 September 2015. Pantauan kumparan ( kumparan.com ), Kamis (1/3), Heru Winarko dilantik Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Pelantikan mantan Deputi Penindakan KPK ini dilakukan sekitar pukul 09.04 WIB. Awalnya surat keputusan presiden dibacakan terlebih dahulu. Surat Keputusan Presiden Nomor 14N Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNN menjadi dasar Heru Winarko dilantik Jokowi. Selanjutnya Jokowi mengambil sumpah jabatan Heru Winarko. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Heru sambil menirukan Jokowi di lokasi, Kamis (1/3). “Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan amanah,” lanjut Heru saat membacakan sumpah. Usai pembacaan sumpah jabatan, kemudian dilakukan penandatanganan berita acara oleh Jokowi dan Heru Winarko. Setelah itu, dengan diirngi lagu Bagimu Negeri, Jokowi dan para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada Heru Winarko. Terlihat hadir dalam pelantikan Kepala BNN yang baru yaitu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAU Marsdya Yuyu Sutisna, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi. Selain itu, hadir pula Menteri BUMN Rini Soemarno, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Jaksa Agung HM Prasetyo, Menhub Budi Karya Sumadi, MenpanRB Asman Abnur, Mendes PDT Eko Putra Sanjojo, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Selain pernah menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, Heru yang lahir di Jakarta 1 Desember 1962 itu merupakan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam. Di tahun 2012, Heru juga pernah menjabat sebagai Kapolda Lampung. Heru dikenal sebagai sosok yang banyak menorehkan prestasi di bidang penindakan kejahatan ekonomi, bahkan sejak dia bertugas di Direktorat Ekonomi Khusus Mabes Polri pada 2009. Wawasannya terkait politik makro nasional juga dinilai mumpuni.

JAKARTA, NNC – Irjen Pol Heru Winarko, Kamis (1/3/2018) akan dilantik sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional ( BNN ) menggantikan Komjen Budi Waseso yang memasuki masa pensiun oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat pukul 09.00 WIB. Deputi bidang Protokol, Media, dan Pers Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan Presiden sudah mengeluarkan surat keputusan penunjukkan tersebut. Undangan mengenai pelantikan Irjen Heru sebagai Kepala BNN juga juga sudah beredar. Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/2/2018) menjelaskan,  Polri telah mempersiapkan perwira terbaiknya untuk menjadi Kepala BNN . Nama Heru terpilih  dari 3 nama Jenderal polisi yang diusulkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian  yang dinilai layak mengisi posisi Kepala BNN . Ketiga nama tersebut adalah, Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, Deputi Pemberatasan BNN Irjen Pol Arman Depari, dan Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Heru Winarko. Irjen Heru Winarko saat ini menjabat sebagai  Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jenderal polisi bintang dua itu menempati jabatan tersebut sejak 15 Oktober 2015 lalu. Sebelumnya Heru menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam pada 2015. Pria kelahiran Jakarta 1 Desember 1962 itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1985. Dia pernah menjadi Kapolrestro Jakarta Pusat dan Kapolda Lampung. Sejumlah prestasi pernah diraihnya, yakni dianugerahi sejumlah tanda jasa, antara lain; Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidja Sistha, Satya Lencana Karya Bhakti, Satya Lencana Ksatria Tamtama dan Bintang Bhayangkara Nara Sementara itu, Kepala BNN Budi Waseso akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Ia menjabat Kepala BNN sejak 8 September 2015.

Related Posts

Comments are closed.