Dirjen WTO Memperingatkan Proteksionisme

Dirjen WTO Memperingatkan Proteksionisme

Buenos Aires: Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) Roberto Azevedo memperingatkan bahwa ancaman proteksionisme tetap ada. Ia juga menegaskan bahwa perdagangan dan teknologi adalah solusi bagi pembangunan dunia.

Roberto Azevedo membuat pernyataan di sini pada sebuah konferensi pers tentang Konferensi Tingkat Menteri WTO ke-11 bersama Menteri Luar Negeri Argentina Susana Malcorra. Azevedo mengungkapkan perdebatan selama konferensi akan berkisar seputar pertanian, layanan, dan subsidi perikanan.

Dia memperingatkan ancaman proteksionisme tetap ada, mengatakan dalam pandangan beberapa orang, perdagangan diperlakukan sebagai faktor yang mengganggu pasar tenaga kerja, dan teknologi dipandang sebagai penyebab utama gangguan ini.

“Tapi kita tidak bisa berpaling dari teknologi atau perdagangan, karena ini adalah solusi dan bukan masalah,” tegasnya, seperti dikutip dari Xinhua , Selasa, 12 Desember 2017.

Berbicara tentang pertemuan yang akan dia hadiri dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, yang telah mengkritik WTO, Azevedo mengatakan bahwa dia akan meminta komitmen, kemauan dan fleksibilitas dari Washington.

“Saya menghindari menunjukkan dan menuduh orang, karena kita menginginkan upaya kolektif untuk mengatasi masalah,” ujarnya.

Malcorra mengakui Konferensi Tingkat Menteri WTO ke-11 terjadi dalam konteks yang kompleks, dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, tapi ini hanya menegaskan kembali komitmen kita untuk mencapai konsensus.

“Ada banyak tugas yang tertunda, banyak topik yang tidak selesai, tapi kami akan berusaha maju semaksimal mungkin,” pungkasnya.

seperti di kutip dari http://ekonomi.metrotvnews.com

Related Posts

Comments are closed.