Dari Sri Lanka, Jokowi ke New Delhi untuk ASEAN-India Summit 2018

Dari Sri Lanka, Jokowi ke New Delhi untuk ASEAN-India Summit 2018

Presiden Jokowi telah merampungkan kunjungan kenegaraan di Sri Lanka. Dia dan rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke India. “Setibanya di New Delhi, India, Presiden dan Ibu Iriana akan langsung menuju Rasthrapati Bhawan (Kediamam Resmi Presiden India Ram Nath Kovind) untuk menghadiri Jamuan Makan Siang,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Kamis (25/1/2018). Para kepala negara ASEAN juga diundang dalam jamuan tersebut. Acara kemudian berlanjut ke sesi foto bersama. Pertemuan tingkat kepala negara di KTT ASEAN-India berlangsung pada sore harinya. Acara berlangsung di Hotel Taj Diplomatic Enclave, New Delhi. “Malam harinya setelah rangkaian KTT ASEAN-India selesai, Presiden Jokowi juga diagendakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi,” kata Bey. Keesokan harinya (26/1) Jokowi dan para kepala negara lainnya menghadiri perayaan Republic Day. Itu merupakan peringatan hari disahkannya konstitusi India.

ASEAN dan India telah menjajaki kerja sama selama 25 tahun. Peringatan kerja sama itu akan dihelat di ibu kota India, New Delhi. “Sebenarnya dokumen ini yang akan dihasilkan, sekarang belum bisa dirilis karena kan itu harus diketok palu oleh para kepala negara,” kata Dirjen Kerja Sama ASEAN Kemlu Jose Tavares di kantor KBRI New Delhi, India, Rabu (24/1/2018). Jokowi dijadwalkan tiba di New Delhi pada Kamis (25/1) setelah kunjungannya dari Sri Lanka. Jokowi dan para kepala negara ASEAN lainnya akan dijamu oleh Presiden India. Area ASEAN-India Summit (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom) Pertemuan tingkat kepala negara dijadwalkan berlangsung pada sore harinya. Selain Jokowi, akan hadir Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, dan lainnya. Foto-foto mereka pun terpampang pada sejumlah spanduk yang dipasang di New Delhi. “Ada isu berkaitan ekonomi isu kerja sama kemaritiman itu akan diangkat, dari aspek mana akan dielaborasi,” ujar Jose. Adapun deklarasi yang nantinya disepakati oleh para kepala negara ASEAN dan India berjudul Delhi Declaration of ASEAN-India Commemorative Summit to Mark 25 Anniversary of ASEAN-India Relationship. Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom

Anim pariatur cliche reprehenderit, enim eiusmod high life accusamus terry richardson ad squid. 3 wolf moon officia aute, non cupidatat skateboard dolor brunch. Food truck quinoa nesciunt laborum eiusmod. Brunch 3 wolf moon tempor, sunt aliqua put a bird on it squid single-origin coffee nulla assumenda shoreditch et. Nihil anim keffiyeh helvetica, craft beer labore wes anderson cred nesciunt sapiente ea proident. Ad vegan excepteur butcher vice lomo. Leggings occaecat craft beer farm-to-table, raw denim aesthetic synth nesciunt you probably haven’t heard of them accusamus labore sustainable VHS.

KBRN, Colombo : Di hari kedua dalam rangkaian kunjungan kenegaraan dan kerja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke lima negara, Kamis, (25/01/18) pukul 09.00 Waktu Setempat atau 10.30 WIB, Presiden beserta rombongan bertolak menuju New Delhi, India untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-India. Namun, sebelum meninggalkan Sri Lanka, Presiden dan Ibu Iriana santap pagi bersama dengan Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremensinghe beserta Ibu  Maithree Wickremasinghe di Temple Trees, Colombo, Sri Lanka. Presiden beserta rombongan akan bertolak dari Bandar Udara Internasional Bandaranaike, Sri Lanka dan setibanya di New Delhi, India, Presiden dan Ibu Iriana akan langsung menuju Rasthrapati Bhawan (Kediamam Resmi Presiden India) untuk menghadiri Jamuan Makan Siang untuk Kepala Negara/Pemerintahan Anggota ASEAN oleh Presiden India Ram Nath Kovind dan Ibu Savita Kovind yang diakhiri dengan foto bersama. Setelah jamuan makan siang selesai, Presiden Jokowi akan mengikuti Retreat Perdana Menteri India dengan Kepala Negara/Kepala Pemerintahan ASEAN di lokasi yang sama, dan dilanjutkan dengan foto bersama di Mughal Gardens. Sore harinya, Presiden juga dijadwalkan akan menghadiri sejumlah agenda resmi KTT ASEAN-India di Hotel Taj Diplomatic Enclave, New Delhi. Kepala Negara akan mengikuti upacara penyambutan ASEAN – India Commemorative Summit dan peluncuran ASEAN-India Commemorative Stamps, serta foto bersama. KTT dalam rangka memperingati 25 tahun hubungan kerja sama antara India dengan anggota ASEAN itu kemudian akan dilajutkan dengan plenary session yang mengusung tema ‘India Shared Values, Common Destiny, peninjauan pameran 20 lukisan oleh pelukis ASEAN – India, hingga jamuan makan malam oleh Perdana Menteri India. Malam harinya setelah rangkaian KTT ASEAN-India selesai, Presiden Jokowi juga diagendakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi. (PR/Foto: BiroPers/HF)

Related Posts

Comments are closed.