Amankan Misa Natal, TNI dan Polri di Garut Patroli Bareng Naik Motor

Amankan Misa Natal, TNI dan Polri di Garut Patroli Bareng Naik Motor

Anggota Polri dan TNI di Garut patroli bersama menaiki sepeda motor. Kegiatan ini dilakukan untuk mengamankan Misa Natal. Puluhan anggota tersebut berasal dari Polres Garut dan Kodim 0611/Garut. Puluhan anggota TNI dan Polri itu berboncengan menggunakan puluhan motor milik satuan Brimob. Patroli gabungan ini dimulai sejak pukul 21.00 WIB. Patroli gabungan dipimpin langsung oleh Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna dan Dandim 0611 Garut Letkol Infanteri Setyo Hani Susanto. Foto: Hakim Ghani/detikcom Kapolres dan Dandim ikut bergabung dalam patroli bersama para anggota. Keduanya memimpin patroli dengan berboncengan menggunakan motor milik satuan Brimob. “Seperti diketahui tengah malam nanti perayaan misa natal akan berlangsung, kita bersama-sama sudah pantau. Insya Allah situasi di Garut aman,” ungkap Budi kepada wartawan di Jalan Ahmad Yani, Garut Kota, Minggu (24/12/2017) malam. Budi menjelaskan saat patroli tersebut tidak ditemukan hal-hal yang menyimpang. Namun, ratusan anggotanya dibantu anggota TNI, Dishub, serta Satpol PP akan terus mengawal jalannya misa natal. “Anggota tetap standby menjaga setiap gereja,” katanya. Di Garut sendiri ada 7 Gereja yang akan digunakan saat perayaan misa natal. Gereja-gereja tersebut hampir seluruhnya terletak di Kecamatan Garut Kota. Foto: Hakim Ghani/detikcom “Ada 16 anggota Polri, 4 TNI, 4 petugas Dishub, dan 4 petugas Satpol PP yang di tempatkan per satu gereja,” katanya. Selain memperketat pengawalan di gereja, Budi juga mengatakan pihaknya telah membentuk sejumlah tim satgas. “Satgas Turbinjali dan Satgas Kamseltibcar Lantas untuk memantau situasi lalu lintas. Sementara Satgas Lidik Sidik untuk antisipasi adanya tindak kejahatan. Ada juga Satgas Bantuan,” pungkasnya.

Baca juga : polri

Politik 21 Des 2017 07:31 Selama 2017, Satgas TPPO Bareskrim Polri telah menangkap 30 tersangka kasus TPPO dan menyelamatkan 1.083 WNI yang menjadi korban. Peristiwa 20 Des 2017 12:29 Kantor Multimedia Divisi Humas Polri dibobol 2 pencuri, Jumat 15 Desember 2017. Peristiwa 20 Des 2017 07:48 Setyo mengatakan, pihaknya akan menyiapkan pos-pos pengamanan di jalur lalu lintas yang padat. Peristiwa 20 Des 2017 04:05 Pemda bisa melakukannya tanpa harus ada rekomendasi dari kepolisian. Peristiwa 19 Des 2017 16:41 Salah satu terduga teroris yang bernama Hanif sudah dibawa ke Indonesia, sedangkan empat WNI lainnya masih diperiksa di Malaysia. Peristiwa 18 Des 2017 15:25 Ada empat jenderal Polri yang disebut akan maju di Pilkada 2018. Sebagian besar harus mengundurkan diri dari kepolisian. Peristiwa 15 Des 2017 18:44 Terorisme menjadi salah satu kejahatan yang diantisipasi Polri jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Politik 14 Des 2017 15:06 Lutfi mengatakan pihaknya juga mewaspadai aktivitas komunikasi masyarakat di media sosial saat pilkada dan pemilu. Peristiwa 13 Des 2017 12:46 Tito menilai, Menkeu Sri Mulyani telah berperan membangun Polri dalam hal anggaran kepolisian dan kerja sama dengan bea cukai. Peristiwa 12 Des 2017 07:00 Jenderal Budi Gunawan bersama sejumlah perwira tinggi Polri yang telah memasuki akhir masa bakti akan menjalani wisuda purnabakti. Peristiwa 11 Des 2017 19:28 Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar video conference dengan seluruh Kapolda di Mabes Polri, Jakarta. Peristiwa 08 Des 2017 18:03 Polri memerintahkan seluruh jajarannya di Indonesia untuk bersiap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Peristiwa 07 Des 2017 07:03 Kabareskrim mengatakan, para penyelundup manusia itu terus berinovasi lewat pola. Peristiwa 30 Nov 2017 18:04 Martinus menambahkan, pihaknya dan Kepolisian Papua Nugini juga membahas sejumlah isu keamanan antarkedua negara. Peristiwa 30 Nov 2017 11:25 Ribuan personel ini nantinya akan dikirim ke Bali, Pacitan, Bantul, dan sejumlah daerah lainnya yang terdampak bencana. Peristiwa 29 Nov 2017 19:48 Polri menyayangkan pernyataan Fredrich yang menyebut dia tak segan meletuskan senjata api apabila merasa terancam. Politik 27 Nov 2017 22:34 Polri menilai pengamanan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan Pilkada. Peristiwa 26 Nov 2017 19:53 Fahri menjelaskan, masyarakat telah dipertontonkan tindakan ‎KPK yang sangat mengabaikan norma dan hukum. Bisnis 24 Nov 2017 18:00 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akhirnya resmi mengumumkan hasil akhir penerimaan seleksi CPNS 2017. Peristiwa 24 Nov 2017 13:19 M Iqbal resmi menggantikan Brigjen Rikwanto yang dipercaya menjabat Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri.

Sebuah toko kue di Makassar menolak pembuatan ucapan Natal. Pemilik toko, Rafika menolak dengan alasan sudah menjadi komitmen perusahaannya sejak berdiri. Rafika menjelaskan banyak permintaan kue dengan ucapan hari Natal, namun pihaknya meminta karyawanya untuk menjelaskan dengan baik dengan alasan hanya sebatas menjual kue dan tak menerima ucapan Natal. “Kami memang sudah komitmen dari awal ya, perusahaan berdiri. Toko kue dan roti kami memang tidak menerima pembuatan ucapan Natal. Sampai di sini saja kemampuan kami,” kata Rafika saat ditemui di Toko Kue Chocholicious Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Minggu (24/12/2017). Namun ibu dua anak ini tidak mempersulit bagi pelangganya yang memang membutuhkan kue Natal, asalkan ucapanya dibawa sendiri. Termasuk jika ingin menuliskan sendiri. “Kami tak pernah mempersulit pelanggan kami. Kalaupun ada mau, silakan bawa sendiri ucapanya, boleh juga di tuliskan sendiri, asal bukan dari kami,” ujar Rafika kepada detikcom. Tak hanya ucapan Natal, di tempat ini juga tak menjual lilin untuk perayaan ulang tahun. “Kalau mau beli kue atau cakenya ada di sini, tapi untuk lilinnya silakan cari di tempat lain,” tutur Rafika. Toko kue dan Roti Chocholicious ini sendiri berdiri sejak tahun 2012 silam, toko ini awalnya melayani pelanggan melalui media sosial. Namun 2013 hingga sekarang Chocholicious telah memiliki tempat dan pembuatan kue sendiri. [Gambas:Video 20detik]

An (16) remaja perempuan asal Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat ini menjadi satu-satunya perempuan kedapatan sedang bersama kelompok Geng Motor, Sabtu (23/12/2017) malam tadi. Tidak ada senjata tajam yang dibawa An saat personel Polwan, Polres Sukabumi Kota melakukan penggeledahan. Namun saat dilakukan test urin, An positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu. “Saya cuma ikutan ngumpul, enggak niat buat bergerombol begitu. Pas malam kena razia juga langsung pasrah dan akhirnya ketahuan (memakai narkoba),” tutur An kepada sejumlah media, di Tugu Adipura, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Sukabumi, Minggu (24/12/2017). Baca Juga: Perekrutan Geng Motor di Sukabumi Digagalkan Petugas An mengaku hanya berniat untuk coba-coba karena penasaran efek dari sabu-sabu. Kondisi An saat digelandang petugas tidak terlihat takut atau panik, diduga dia masih merasakan efek dari kristal haram tersebut. “Saya enggak kenal semua yang di sini hanya beberapa orang yang saya kenal, enggak tahu bakalan diajak ngumpul” lirihnya seraya merapatkan penutup wajah (tregos) yang dikenakannya. Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo didampingi Kasatreskrim AKP Yadi Kusyadi menyebut AN sementara akan diusahakan rehabilitasi. “Usianya masih 16 tahun, kita sesuaikan dengan prosedur yang ada. Nanti Satnarkoba yang akan menangani anak ini, apakah rehabilitasi atau bagaimana,” ungkap Susatyo. Susatyo juga menghimbau, agar setiap orang tua untuk selalu mengawasi tumbuh kembang putra putrinya. Dengan pengawasan yang cukup, maka akan mudah terlihat bagaimana pergaulan dan dengan siapa anak-anak bergaul. “Pengawasan orang tua dan kepedulian lingkungan, didikan agama juga diperkuat. Karena salah pergaulan munculnya seperti saat ini, salah gaul dengan anggota geng motor,” tandas Susatyo.

Geng motor di Depok menjarah toko pakaian dan membuat takut karyawan. Beberapa di antara anggota geng, ada yang membawa senjata tajam. “Menurut keterangan saksi di TKP (tempat kejadian perkara), ada yang membawa senjata tajam,” kata Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana kepada detikcom , Minggu (24/12/2017). Dalam rekaman CCTV yang tersebar di media sosial, tampak beberapa anggota geng motor menyerbu toko pakaian di Jl Sentosa Raya, Sukmajaya, Kota Depok pada pukul 04.42 WIB dini hari tadi. Beberapa di antaranya tampak menenteng senjata tajam. Karyawan toko yang sedang merapikan dagangan lari menyelamatkan diri ke dalam toko, seketika setelah melihat kedatangan gerombolan tersebut. Mereka menjarah beberapa lembar celana jins, kaos dan celana pendek yang dipajang di toko. “Karyawan ketakutan karena mereka jumlahnya banyak dan ada yang membawa senjata tajam,” sambungnya. Aksi itu dilakukan oleh sekitar 30 ABG yang berboncengan motor. Tampak juga ABG perempuan ikut dalam aksi brutal tersebut. Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi tersebut pagi tadi. Polisi juga telah memeriksa saksi, termasuk karyawan toko tersebut. “Saksi ada tiga orang yang kami mintai keterangan terkait kejadian tersebut,” tuturnya.

Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno masuk ke dalam Gereja Katedral saat Misa masih berlangsung. Anies pun minta maaf kepada jemaat karena menyela Misa di Gereja Katedral. “Saya sampaikan mohon maaf karena hadir di tengah-tengah acara Misa,” kata Anies seusai menyapa jemaat, di pelataran Gereja Katedral, Jl Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2017). Anies berharap Natal tahun ini mewarnai persaudaraan antar-umat beragama di Indonesia, khususnya di Jakarta. Anies mewakili jajaran Pemprov DKI Jakarta juga mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristen di Ibu Kota. “Jadi saya dan Pak Wagub (Sandiaga Uno) malam hari ini menyapa dan bersilaturahmi dengan Keuskupan Agung Jakarta. Karena itu izinkan kami atas nama Pemprov DKI Jakarta mengucapkan selamat memperingati Hari Natal. Semoga hari ini mewarnai hari-hari ke depan,” papar Anies. Mantan Mendikbud melanjutkan hasil pemantauan hari ini situasi dan kondisi ibadah malam Natal di gereja-gereja di Jakarta aman dan tertib. Sebelumnya, Anies diketahui, menyambangi 3 gereja, Gereja Antonius Bidara Cina, Gereja Immanuel dan terakhir Gereja Katedral.

Partai Idaman termasuk dalam 7 partai politik (parpol) yang dinyatakan tidak lolos pada tahap verifikasi faktual. Penyebabnya karena ada berkas dari partai besutan Rhoma Irama itu yang hanya berupa salinan. “Dari bukti yang kita terima tadi, ada beberapa daerah yang tidak memenuhi syarat (TMS). Nanti kita cocokkan dengan data yang kita miliki,” ujar Sekjen Partai Idaman Ramdansyah di kantor KPU, Jalan Imam Bondjol, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2017). “Dan sekarang mau kita rapatkan dengan pimpinan, apakah kita lanjut ke Bawaslu dan PTUN ini yang akan kita lanjutkan,” imbuh Ramdansyah. Ramdansyah menyebut ada beberapa berkas dari daerah yang tidak sampai ke Jakarta. Dia pun mengkritisi proses administrasi partai baru di KPU yang semakin berat. “SK asli dibutuhkan teman-teman wilayah, (tapi) karena memang diperlukan KPU ya kami serahkan semua, (tapi) tadi ada yang bolong. Kedua, Sipol yang wajib di-upload, setelah kami upload, ada data yang TMS. Itu dalam berkas KPU TMS, DPC masuk ke KPU TMS juga. Kalau memang ini buktinya kita cukup, kemungkinan besar kita lanjut ke Bawaslu,” ujar Ramdansyah. “Kita sudah berjuang. Kalau boleh kami mengutip ahli kami, Dr Chusnul Mariyah, komisioner KPU 2004, ‘untuk bikin partai 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan itu sangat berat sekali. Justru manajemen adminstrasi pemilu ini dapat membunuh partai baru, jadi sudah dihadang di awal’,” imbuhnya. Sebelumnya KPU menyampaikan tindak lanjut putusan Bawaslu atas 9 parpol. KPU menyebut dari 9 parpol itu, hanya 2 parpol yang bisa lanjut ke verifikasi faktual yaitu PBB dan PKPI Hendropriyono. Sedangkan, 7 parpol yang tidak lolos yaitu Partai Idaman, Partai Suara Rakyat Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Indonesia Kerja, Partai Republik, Partai Bhinneka Indonesia, dan Partai Rakyat.

Foto: farhan Usai berwisata ke Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, Presiden Jokowi dan keluarga makan bersama di Restoran Raffles, di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Di resto khas sunda tersebut, Jokowi memesan makanan kesukaannya yaitu cakwe, karedok dan gurame. “Yang dipesan itu, nasi putih, ikan gurame, karedok, jambal cabe ijo, jambal asin goreng, cumi saos tiram, sayur asem. Semua itu dipesan untuk meja Pak Jokowi, untuk yang lain beda lagi,” kata Personalia Restoran Rafflesia, Shiera saat ditemui detikcom, Minggu (24/12/2017). Shiera menyebut, ini adalah kunjungan kedua Jokowi selama menjabat Presiden. Sebelumnya, Jokowi pernah datang ke Restoraan Raffless saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Selama jadi Presiden, ini yang kedua kali. Belum lama juga makan disini, waktu habis kunjungan. Pesanan makanan hari ini, sama semua. Dulu juga ada (pesanan) ikan gurame, karedok, cakwe, malah cakwe disajikan duluan sebelum makan. Itu sudah kaya menu favoritnya,” kata Shiera. Foto: farhan Pantauan detikcom, rombongan Presiden Jokowi tiba Restoran Rafless sekitar pukul 15.10 wib. Setibanya di dalam restoran, Presiden Jokowi dan keluarga langsung menuju area yang berada di bagian belakang restoran yang memiliki pemandangan langsung ke perbukitan kawasan Puncak. Di bangunan joglo yang terbuka, Presiden Jokowi makan bersama keluarga dan pengawalnya. Foto: farhan “Lokasi Bapak di Joglo itu, bareng sama keluarga. Pengawal juga ikut makan, semuanya makan bareng. Pas Bapak Jokowi makan, di sini juga sedang ada tamu, tapi dibiarkan, tidak diusir atau apa,” kata Shiera. Usia menyantap menu makanan yang disajikan restoran Raffles, Jokowi dan rombongan meninggalkan lokasi menuju Istana Bogor. Saat meninggalkan lokasi, arus lalulintas di jalur Puncak sedang diberlakukan proses oneway menuu Jakarta sehingga rombongan presiden tidak mengganggu arus.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara soal penolakan ustaz Abdul Somad masuk ke negara Hong Kong. MUI menilai ada kesalahpahaman dalam peristiwa penolakan berujung deportasi itu. Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, MUI prihatin atas ditolaknya Ustaz Somad oleh Hong Kong. Dia berharap ustaz asal Riau itu bersabar dan mengambil hikmah. “MUI merasa prihatin atas kejadian yang menimpa ustaz Abdul Somad semoga beliau sabar dan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut,” kata Zainut dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (24/12/2017). Zainut yakin, penolakan tersebut diakibatkan adanya kesalahan informasi yang diterima pemerintah Hong Kong terhadap sosok Abdul Somad. “MUI yakin bahwa hal tersebut karena kesalahpahaman dan kurangnya informasi pihak otoritas imigrasi Hongkong terhadap pribadi ustaz Abdul Shomad sehingga melakukan tindakan deportasi terhadap beliau,” katanya. Zainut juga mengatakan, peristiwa penolakan dan deportasi tersebut sebenarnya bukanlah hal yang baru. Bahkan, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat menjadi Panglima TNI juga pernah ditolak masuk ke Amerika Serikat (AS). “Dulu pernah mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke negara Amerika Serikat karena kesalahan informasi dari intelijen imigrasi. Dan saya kira masih banyak kejadian serupa yang menimpa warga negara Indonesia lainnya,” katanya. Dijelaskan Zainut, petugas imigrasi memang memiliki otoritas untuk menolak atau menerima warga asing masuk ke wilayah negaranya. Bahkan, lanjut Zainut, menurut informasi Imigrasi Klas 1 Soekarno-Hatta (Soetta) selama tahun 2017 pihak imigrasi telah mengamankan dan menolak 562 warga negara asing (WNA) yang hendak masuk ke Indonesia. “Mayoritas mereka adalah warga negara Tiongkok,” katanya. Selain itu, Zainut juga mengatakan alasan penolakan warga negara asing masuk ke suatu negara sangat beragam. Selain alasan keimigrasian, ada juga karena masuk dalam daftar cekal, paspor rusak atau palsu, tidak kooperatif, mengganggu ketertiban umum, dan lain sebagainya. “Adapun terhadap penolakan ustaz Abdul Somad sampai detik ini belum ada kejelasan alasannya. Untuk hal tersebut MUI meminta kepada Kementerian Luar Negeri RI melalui Kedutaan Besar Indonesia di Hong Kong untuk membuat nota protes kepada pihak pemerintah Hong Kong agar kejadian tersebut tidak terulang kembali,” jelasnya.

Aparat kepolisian dan TNI malam ini akan melakukan pengecekan ke gereja-gereja di Jakarta. Pengecekan dilakukan untuk memantau kesiapan personel dalam mengamankan misa malam natal. “Kapolri (Jenderal Pol HM Tito Karnavian) dan Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) akan mengunjungi gereja HGBP Menteng, Katedral dan Immanuel,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada detikcom , Minggu (24/12/2017). Selaim Kapolri dan Panglima TNI, Wakapolri Komjen Syafruddin, Kakor Sabhara Polri Irjen Sudjarno, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswadi, dan Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin juga akan ikut dalam kegiatan tersebut. “Pengecekan ini tujuannya untuk melihat kesiapan personel di lapangan sekaligus untuk memberikan rasa aman kepada jemaat yang ibadah,” sambungnya. Saat ini, sejumlah perwira tinggi Polri dan TNI berkumpul di Markas Polda Metro Jaya. Hingga pukul 18.49 WIB malam ini, Kapolri dan Pangdam Jaya belum terlihat di Mapolda Metro Jaya. “Iya nanti rencana semua rombongan ngecek ke gereja,” tutur Argo.

Related Posts

Comments are closed.