AM Fatwa Tutup Usia

AM Fatwa Tutup Usia

Jakarta: Anggota DPD Andi Mappetahang Fatwa tutup usia. Senator asal DKI Jakarta itu mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC).

“Telah kembali ke rahmatullah Bapak AM Fatwa hari ini, Kamis, 14 Desember 2017, jam 06.00 WIB,” kata akun Twitter resmi DPD @DPDRI, Kamis pagi.

Mantan Wakil Ketua MPR itu lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 12 Februari 1939. Dia adalah salah satu tokoh yang kritis pada masa Orde Lama dan Orde Baru.

AM Fatwa bahkan sempat dihukum penjara 18 tahun karena kasus ‘Lembaran Putih Peristiwa Tanjung Priok 12 September 1984’. Hukuman itu dijalani efektif 9 tahun.

Dia pernah menjadi staf khusus Menteri Agama Tarmizi Taher dan Quraish Shihab. Bersama tokoh senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, dia menggulirkan gerakan reformasi hingga Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998.

Pada 14 Agustus 2008, dia dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana di Istana Negara. AM Fatwa juga memperoleh award ‘Pejuang Antikezaliman’ dari Pemerintah Iran yang disampaikan Presiden Mahmoud Ahmadinejad di Teheran pada 29 Januari 2009.

Dari informasi yang dihimpun, AM Fatwa akan dibawa ke rumah duka di Jalan Condet Pejaten No. 11, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dia akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata selepas Salat Zuhur.

seperti di kutip dari http://news.metrotvnews.com

Related Posts

Comments are closed.