Akan Dibangun, Pengganti Jembatan Ngeri Menunggu Rekomendasi BBWSCC

Akan Dibangun, Pengganti Jembatan Ngeri Menunggu Rekomendasi BBWSCC

Pemkot Jakarta Selatan dan Pemkot Depok sepakat membangun jembatan baru untuk menggantikan jembatan mengerikan di Srengseng Sawah, Jagakarsa. Pembangunan jembatan itu menelan biaya sebesar Rp 400 juta. “Pembangunan jembatan akan dikerjakan oleh PT Wiratman selaku CSR dalam pengerjaan ini,” kata Wakil Wali Kota Jaksel Arifin seperti keterangan yang disampaikan Humas Pemkot kepada wartawan, Rabu (24/1/2018). Arifin mengatakan pembangunan jembatan baru tersebut masih menunggu rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Sebab, jembatan yang dilintasi warga tersebut berada di atas Sungai Ciliwung. “Nanti dari Dinas Bina Marga bersama dengan pelaksana dalam hal ini PT Wiratman, akan meminta rekomendasi terlebih dahulu dengan BBWSCC, untuk pelaksanaan pekerjaannya,” terangnya. Selain itu, Arifin menjelaskan pembangunan jembatan ini perlu disegerakan sebab menyangkut kebutuhan warga. Pihaknya akan berkoordinasi dengan warga setempat yang terkena imbas dari pembangunan jembatan baru. “Ini menjadi kebutuhan bersama. Di satu sisi, masyarakat memang butuh, dan kami pemerintah memberikan pelayanan publik, merespons dengan kondisi yang sekarang. Tidak luas, untuk Jakarta sendiri tanah milik warga yang terkena sekitar 20 sampai 30 meter, untuk Depok agak lebih besar, kurang lebih 60 meter,” imbuhnya. Dalam kesempatan yang sama, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Manto, mengatakan pengerjaan pembangunan jembatan baru yang memiliki panjang 50 meter itu setidaknya akan berlangsung selama empat bulan. Jembatan baru itu akan dibangun untuk pejalan kaki dan tidak akan mengganggu akses jembatan yang lama. “Jembatan yang akan dibangun khusus diperuntukkan bagi pejalan kaki saja. Selain itu, aktivitas warga tidak terganggu lantaran jembatan gantung yang lama masih bisa digunakan selama jembatan baru dibangun,” ujarnya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan akan mengganti jembatan gantung tersebut. Jembatan akan diganti dengan konstruksi yang lebih aman dan tepat. “Kita tadi sudah lihat (dua jembatan). Saya didampingi Pak Lurah dan Kepala Dinas Bina Marga. Kita akan segera siapkan jembatan pengganti yang lebih aman dengan konstruksi yang tepat sehingga warga bisa manfaatkan tanpa harus membawa resiko,” kata Anies di lokasi jembatan gantung, Minggu (21/1).

Baca juga :

Biasanya Mikrohidro dibangun berdasarkan kenyataan bahwa adanya air yang mengalir di suatu daerah dengan kapasitas dan ketinggian yang memadai. Istilah kapasitas mengacu kepada jumlah volume aliran air persatuan waktu (flow capacity) sedangan beda ketinggian daerah aliran sampai ke instalasi dikenal dengan istilah head. Mikrohidro juga dikenal sebagai white resources dengan terjemahan bebas bisa dikatakan “energi putih”. Dikatakan demikian karena instalasi pembangkit listrik seperti ini menggunakan sumber daya yang telah disediakan oleh alam dan ramah lingkungan. Suatu kenyataan bahwa alam memiliki air terjun atau jenis lainnya yang menjadi tempat air mengalir. Dengan teknologi sekarang maka energi aliran air beserta energi perbedaan ketinggiannya dengan daerah tertentu (tempat instalasi akan dibangun) dapat diubah menjadi energi listrik,

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Seperti dikatakan di atas, Mikrohidro hanyalah sebuah istilah. Mikro artinya kecil sedangkan hidro artinya air. Dalam prakteknya, istilah ini tidak merupakan sesuatu yang baku namun bisa dibayangkan bahwa Mikrohidro pasti mengunakan air sebagai sumber energinya. Yang membedakan antara istilah Mikrohidro dengan Miniihidro adalah output daya yang dihasilkan. Mikrohidro menghasilkan daya lebih rendah dari 100 W, sedangkan untuk minihidro daya keluarannya berkisar antara 100 sampai 5000 W. Secara teknis, Mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air (sumber energi), turbin dan generator.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Air yang mengalir dengan kapasitas dan ketinggian tertentu di salurkan menuju rumah instalasi (rumah turbin). Di rumah turbin, instalasi air tersebut akan menumbuk turbin, dalam hal ini turbin dipastikan akan menerima energi air tersebut dan mengubahnya menjadi energi mekanik berupa berputamya poros turbin. Poros yang berputar tersebut kemudian ditransmisikan/dihubungkan ke generator dengan mengunakan kopling. Dari generator akan dihasilkan energi listrik yang akan masuk ke sistem kontrol arus listrik sebelum dialirkan ke rumah-rumah atau keperluan lainnya (beban). Begitulah secara ringkas proses Mikrohidro, merubah energi aliran dan ketinggian air menjadi energi listrik.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Terdapat sebuah peningkatan kebutuhan suplai daya ke daerah-daerah pedesaan di sejumlah negara, sebagian untuk mendukung industri-industri, dan sebagian untuk menyediakan penerangan di malam hari. Kemampuan pemerintah yang terhalang oleh biaya yang tinggi dari perluasan jaringan listrik, sering membuat Mikro Hidro memberikan sebuah alternatif ekonomi ke dalam jaringan. Ini karena Skema Mikro Hidro yang mandiri, menghemat biaya dari jaringan transmisi dan karena skema perluasan jaringan sering memerlukan biaya peralatan dan pegawai yang mahal. Dalam kontrak, Skema Mikro Hidro dapat didisain dan dibangun oleh pegawai lokal dan organisasi yang lebih kecil dengan mengikuti peraturan yang lebih longgar dan menggunakan teknologi lokal seperti untuk pekerjaan irigasi tradisional atau mesin-mesin buatan lokal. Pendekatan ini dikenal sebagai Pendekatan Lokal. Gambar 1 menunjukkan betapa ada perbedaan yang berarti antara biaya pembuatan dengan listrik yang dihasilkan.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Tentu saja ada banyak variasi pada penyusunan disain ini. Sebagai sebuah contoh, air dimasukkan secara langsung ke turbin dari sebuah saluran tanpa sebuah penstock seperti yang terlihat pada penggergajian kayu di Gambar 2. Tipe ini adalah metode paling sederhana untuk mendapatkan tenaga air, tetapi belakangan ini tidak digunakan untuk pembangkit listrik karena efisiensinya rendah. Kemungkinan lain adalah bahwa saluran dapat dihilangkan dan sebuah penstock dapat langsung ke turbin dari bak pengendap pertama. Variasi seperti ini akan tergantung pada karakteristik khusus dari lokasi dan skema keperluan-keperluan dari pengguna.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

tetapi efisiensinya yang dihasilkan rendah sehingga perlu dilakukan modifikasi.Pemilihan mesin dalam penulisan ini untuk menghasilkan efisiensi maksimal dari mesin dengan memodifikasi mesin berbahan bakar diesel dan bensin. Berdasarkan hasil analisa mesin diesel dan bensin memerlukan penambahan conversion kit dan mixer. Conversion kit berfungsi mengatur debit bahan bakar supaya mengalir konstan dan penambahan mixer bertujuan untuk pencampur biogas dengan udara. Mesin diesel yang dimodifikasi ini menggunakan system dualfuel engine dimana bahan bakar solar digunakan bersama-sama dengan biogas, dengan komposisi sekitar 20 % solar dan 80% biogas. Mesin bensin dapat menggunakan 100% biogas untuk bahan bakar.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Peternakan sapi dari tahun ke tahun semakin besar jumlahnya, penambahan jumlah tersebut menyebabkan tingkat pencemaran lingkungan yang tinggi antara lain menyebabkan bau tidak sedap yang mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar, endemik bibit penyakit, dan air resapan tanah dan sungai menjadi beracun dan bau. Dalam kotoran sapi terkandung gas metana (CH4) apabila dibuang secara bebas ke atmosfir akan menyebabkan efek rumah kaca, proses ini berakibat suhu bumi menjadi tinggi, ini adalah yang disebut dengan pemanasan global (global warning), yang secara langsung meningkatkan intensitas frekuensi angin topan, merubah komposisi hutan , mengurangi produksi pertanian, menghancurkan biota laut sehingga ikan mengalami kekurangan makanan dan ekosistem laut menjadi hancur.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Alasan diatas dapat dijadikan bahan pertimbangan bahwa kotoran sapi lebih baik dimanfaatkan daripada dibiarkan menumpuk. Beberapa cara pemanfaatan kotoran sapi antara lain dengan mengolah kotoran sapi menjadi pupuk organik maupun biogas, yaitu suatu energi yang dihasilkan dari proses biodegradasi dengan bantuan bakteri dalam kondisi anaerob pada material organik (kotoran sapi). Keuntungan yang didapat dari proses pemanfaatan kotoran sapi bagi pemilik peternakan sapi adalah menambah penghasilan dari penjualan pupuk organik dan menghemat pengeluaran biaya penggunaan listrik. Sebenarnya pemanfaatan kotoran sapi dapat memberikan nilai ekonomis yang lebih tinggi jika dilakukan dengan cara membangun pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBG).

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Sebagai contoh Jawa Tengah memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan PLTBG karena memiliki peternakan yang besar. Data pada tahun 2002, sapi potong sebesar 13344495 ekor dan sapi perah sebesar 119026 ekor. PLTBG dapat dibangkitkan dengan penggunaan mesin diesel atau bensin, ini merupakan cara untuk mengatasi tidak adanya mesin berbahan bakar biogas di Indonesia dan apabila mendatangkan dari luar negeri biaya pembangunan instalasi PLTBG menjadi besar. Permasalahan yang muncul dengan penggunaan mesin diesel dan bensin dengan bahan bakar biogas adalah efisiensi yang dihasilkan rendah dan cara untuk mengatasi masalah ini dengan cara memodifikasi mesin diesel atau bensin dan dilakukan pemilihan mesin yang sesuai dengan daya yang dapat dibangkitkan oleh penghasil gas (digester) yang dimiliki oleh peternakan.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Bahan bakar biogas membutuhkan rasio kompresi yang tinggi untuk proses pembakaran sebab biogas mempunyai titik nyala yang tinggi 645 0C – 750 0C dibandingkan titik nyala solar 220 0C, maka mesin diesel umumnya digunakan secara dualfuel dengan rasio kompresi sekitar 15 – 18. Proses pembakaran pada mesin dualfuel , bahan bakar biogas dan udara masuk ke ruang bakar pada saat langkah hisap dan kemudian dikompresikan didalam silinder seperti halnya udara dalam mesin diesel biasa. Bahan bakar solar dimasukkan lewat nosel pada saat mendekati akhir langkah kompresi, dekat titik mati atas (TMA) sehingga terjadi pembakaran.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Modifikasi yang perlu dilakukan untuk mengubah mesin diesel menjadi mesin berbahan bakar biogas adalah dengan cara menambahkan conversion kit dan mixer. Fungsi conversion kit adalah untuk mengatur debit dan menurunkan tekanan aliran bahan bakar sesuai dengan tekanan operasional yang diinginkan sedangkan mixer berfungsi sebagai pencampur bahan bakar dengan udara. Pemasangan mixer terletak pada saluran masuk udara dan conversion kit terpasang antara mixer dan tabung gas (Gas holder) . Sistem modifikasi ini menggunakan sistem dualfuel yaitu mesin menggunakan dua bahan bakar yang dilakukan secara bersamaan dengan komposisi 20% solar dan 80% biogas . Hal ini dilakukan karena titik nyala pembakaran biogas sangat tinggi yaitu sekitar 645°C-750°C.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Modifikasi mesin bensin hampir sama dengan mesin diesel yaitu dengan cara menambah Conversion kit dan mixer . Perbedaannya adalah pada mesin bensin bahan bakar biogas dapat digunakan 100%, hal ini dikarenakan adanya busi sehingga bahan bakar biogas akan cepat terbakar. Pemasangan mixer terletak antara saringan udara dan karburator, sedangkan Conversion kit terpasang antara mixer dan tabung gas (gas holder). Perkiraan biaya untuk pembelian Conversion kit dan mixer yaitu sekitar Rp. 4.800.000,00 untuk kondisi alat baru.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

Biaya investasi dari mesin diesel lebih kecil dari pada mesin bensin, sehingga mesin diesel lebih menguntungkan dari segi ekonomi. Di lain sisi dari aspek perawatan mesin diesel dan mesin bensin dapat dikatakan sebanding dan membutuhkan biaya yang relatif sama. Dilihat dari aspek operasi mesin diesel lebih mudah, mempunyai umur operasi yang lama dan menggunakan sedikit bahan bakar untuk penyediaan daya yang sama dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini dapat dijadikan alasan bahwa mesin diesel lebih menguntungkan sebagai mesin penggerak pada PLTBG.

seperti di kutip dari https://deelectrical.wordpress.com

penguasaan ilmu tentang pembangunan PLTBG, adanya keraguaan dari pemilik peternakan tentang berhasil tidaknya PLTBG, kurangnya perhatian pemerintah tentang penelitian PLTBG dan kurangnya pemberian bantuan dana bagi pemilik peternakan. Saran untuk mengatasi kendala diatas adalah peminjaman modal ke bank atau pemberian kredit lunak oleh pemerintah kepada pemilik peternakan, perlunya mempelajari lebih dalam modifikasi yang perlu dilakukan pada mesin untuk PLTBG, pemberian kucuran dana untuk penelitian dari pemerintah, perlunya adanya penyuluhan terhadap peternak sapi sehingga tidak adanya keraguan lagi dari para peternak untuk pembangunan PLTBG.

Pengacara Ketua MUI Jagakarsa KH Sulaiman Rohimin, Mirza Zulkarnaen, menilai gambar yang dishare oleh kliennya di media sosial bukan bermaksud untuk menyebarkan kebencian. Mirza mengatakan gambar itu semata-mata ditujukan untuk mengingatkan kader muda Nahdhatul Ulama (NU). “Meme tersebut bukan untuk ujaran kebencian justru untuk mengingatkan kader-kader muda NU. Karena kiai Sulaiman ini kan kader senior NU, jadi hanya mengingatkan kader-kader NU doang,” kata Mirza di Mapolres Jakarta Selatan, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Rabu (24/1/2018). “Bukan untuk ujaran kebencian, untuk mengingatkan kepada kader NU untuk kembali kepada khittah 1926. Bagaimana ketika itu NU didirikan untuk menjaga para ulama,” sambungnya. Mirza merupakan anggota Bantuan Hukum FPI. Dia melakukan pendampingan untuk Sulaiman. Mirza menjelaskan meme yang dibagikan oleh Sulaiman itu berisi tulisan yang menyatakan Banser adalah penjaga gereja dan pengusir ulama. Namun maksud Sulaiman membagikan gambar itu bukan untuk menjatuhkan tetapi untuk mengingatkan kader Banser agar tetap menjaga para ulama. “Cuma Banser itu penjaga gereja, pengusir ulama. Intinya itu. Kenapa di share di grup Nu Jaksel, untuk menyadarkan kader NU. Tidak ada maksud apapun, apalagi untuk menjatuhkan,” kata Mirza membacakan isi meme yang disebar oleh KH Sulaiman. Mirza lantas bercerita soal adanya pengusiran terhadap Felix Siauw beberapa waktu lalu. Menurutnya, itu tak sesuai dengan khittah NU saat pertama kali didirikan. “Waktu itu pada bulan-bulan tertentu ada pengusiran seperti felix siauw. Nah seperti itu. Kiai hanya mengingatkan agar kembali pada hitos 1926. Bukan untuk ujaran kebencian, ngga ada itu,” tuturnya. Dalam kesempatan yang sama, Sulaiman mengatakan pemeriksaan hari ini hanya untuk mengklarifikasi terkait konten yang ada di akun media sosialnya. Dia menyebut ada kesalahpahaman antara pelapor dengan dirinya soal gambar Banser yang tersebar di medsos. “Karena ada gambar yang kira-kira itu salah paham. Yang itu menurut pihak pengurus Ansor perlu klarifikasi. Kita sudah selesaikan klarifikasi dan tujuan saya kirim sudah saya jelaskan. Kita ini kembali khittah 26, NU itu memberikan amar maruf nahi munkar,” ujarnya.

Rencana pengadaan lift di rumah dinas gubernur akhirnya dibatalkan. Sekda DKI Saefullah mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa tidak memerlukan lift tersebut. “Tadi saya sudah saya cek siapa yang perintah? Rupanya ini atas inisiatif dari Dinas Cipta Karya. Karena Pak Gubernur merasa ini tidak perlu lift ini dengan APBD, beliau memerintahkan pada saya, ‘Pak Sekda tolong ini dimatikan,'” kata Saefullah dalam jumpa pers di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/1/2018). Saefullah kemudian meneruskan pesan Anies itu ke Bappeda dan Dinas Cipta Karya. Dia menjelaskan pengadaan lift dalam rencana rehabilitasi atau renovasi rumah dinas gubernur tidak terkonfirmasi oleh Anies. Dia menyebut wewenang rehabilitasi rumah dinas itu ada di Dinas Cipta Karya. “Ketika memasukkan item -nya apa yang mau dikerjakan itu mau direhab belum terkonfirmasi sama Pak Gubernur, apalagi ke saya juga tidak terkonfirmasi, termasuk ke Bu Tuti juga kapan itu masuk,” jelasnya. “Ternyata itu jadi wewenang dari kepala dinas, mau rehab semua tergantung kepala dinas,” lanjut Saefullah. Seharusnya kepala dinas melakukan observasi lebih dulu sebelum memasukkan item ke perencanaan rehabilitasi rumah dinas. Saefullah mengatakan adanya item lift dalam perencanaan lift itu akibat kesalahan input. “Saya pikir ini clear dan sekaligus sebagai kritik pada semuanya bahwa lain kalau membahas itu detail pada tingkat komisi sampai Banggar. Jadi misalnya kalau ada rehabilitasi pedestrian di Merdeka Barat, harus dihitung panjangnya sekian, item- nya itu dibahas. Itu fungsi pembahasan,” tutur Saefullah. Lalu, setelah Anies merasa tidak perlu, bagaimana nasib pagu anggaran lift di rumah dinas yang sebelumnya diusulkan? “Bisa saja ini tidak dikerjakan, tidak dikeluarkan dalam kontrak. Kalau nanti sudah ada kontrak, jangankan satu item . Semua item tidak perlu direhab juga bisa saja,” jawab Saefullah.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan PPP Romahurmuziy membuka Rakornas di Hotel Millenium, Jakarta Pusat. Romi memberikan pengarahan kepada kader PPP yang hadir menjelang verifikasi faktual KPU. Acara pembukaan disimbolkan dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali sebagai tanda dibukanya Rakornas yang akan diselenggarakan selama 2 hari ke depan, hingga esok hari (25/1). “Alhamdulillah partai kita 45 tahun kita sudah mengikuti pemilu 9 kali. Ini adalah patut kita syukuri dengan terus berevaluasi sehingga nantinya kita mampu untuk merebut simpati publik untuk memilih PPP dan bekerja untuk membuat rakyat sejahtera,” lanjut dia. Foto: Rakornas PPP (Zunita-detikcom) Romi mengatakan Rakornas dilakukan selain mempersiapkan verifikasi faktual ini juga membahas kemenangan para kadernya yang maju di Pilkada 2018 nanti. “Rakornas ini dilakukan dalam rangka pemenangan setelah kita mampu menangani kader kita maka kita harus bekerja keras agar kader kita memenangkan. Pilkada, ini harus total. Kita harus membuktikan kader PPP itu lebih banyak pokja (kelompok kerja) dibandingkan pokra (kelompok bicara), Karena itu DPP Partai memberikan perhatian khusus dimana beberapa wilayah yang mencalonkan di beberapa daerah,” terang dia. Selain itu, Romi memaparkan rencana ke depan PPP mengenai Pileg dan Pilpres nanti. “Sebagai Partai Politik ada gawe besar yang kita lakukan yaitu kita harus menjaring kader partai untuk persiapan Caleg 2019 nanti, Lalu gawe kita yang lebih besar lagi adalah Pilpres yang waktunya akan berdekatan dengan Pileg, dalam Pilpres nanti kita telah sepakat mengusung kembali Pak Jokowi untuk 2019 mendatang,” papar dia. “Ke depan yang paling ideal untuk Pilpres mendatang adalah koalisi semangka (merah-hijau), tentu ini adalah yang ideal,” tutur Romi.

KPK menyebutkan ternyata ada calon kepala daerah yang hartanya justru minus. Harta minus itu tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Calon kepala daerah yang hartanya minus itu adalah Syapuani. Dia tercatat mendaftar sebagai calon bupati Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah dengan total harta minus Rp 115.172.000. “Kondisi itu biasanya kalau minus adalah ada utang. Kalau itu kejadian sebenarnya dan dia sudah jujur ya kita harus apresiasi,” kata Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018). Meski demikian, KPK tetap akan melakukan verifikasi riil terhadap LHKPN semua calon kepala daerah itu. Cahya berharap bagi bakal calon kepala daerah untuk tidak terlilit utang saat kampanye hingga berpotensi melakukan korupsi saat menjabat nantinya. “Tentunya tahap selanjutnya kami akan analisa lebih jauh. Tetapi yang terpenting sepanjang itu jujur memang kondisinya seperti itu yang kita hargai,” ucap Cahya. “Yang penting nanti sudah jadi jangan sampai mau menutup utangnya dengan cara-cara tidak baik. Dalam masa kampanye ini pakai cara-cara pinjam sana sini, sehingga terlilit utang nggak bisa bayar kan repot,” sambungnya. KPK telah menutup masa pelaporan pada 19 Januari 2018. Namun, hingga saat ini masih dilakukan proses verifikasi dan akan diumumkan secara lengkap usai penetapan pasangan calon oleh KPU tiap daerah pada 12 Februari 2018. Sejauh ini ada total 1.164 calon kepala daerah yang menyetor LHKPN ke KPK. Pelaporan itu menjadi salah satu syarat penting bagi para calon kepala daerah itu untuk maju dalam pilkada serentak 2018.

Panwaslu Kota Cirebon memeriksa dua kader PKS yang diduga terlibat praktik mahar politik antara PKS dengan Brigjen (purn) Siswandi. Kedua kader PKS tersebut yakni Sekretaris Bidang Pemberdayaan SDM dan Lembaga Profesi DPW PKS Jawa BaratAhmad Azrul Zuniarto dan Deni Siswanto kader PKS Kota Cirebon. Pemeriksaan terhadap Azrul dan Deni sekitar pukul 11.00 hingga 12.00 WIB di kantor Panwaslu Kota Cirebon yang berada di Jalan Penamparan, Rabu (24/1/2018). Kedua kader itu kompak membantah adanya dugaan praktik mahar politik yang dilakukan PKS. Azrul mengatakan selama berkomunikasi dengan Siswandi dan Bob Hasan tak ada perbincangan yang mengarah pada permintaan mahar politik. Azrul hanya ingin menjembatani Siswandi ke DPP terkait rekomendasi PKS terhadap Siswandi. “Waktu itu Pak Sis mengaku sudah bertemu dengan majelis syuro PKS kepada saya. Tapi, ba’da maghrib saya mendengar kabar DPP sudah memutuskan untuk abstain. DPP tak memberikan rekomendasi,” ucapnya usai diperiksa Panwaslu Kota Cirebon. Dalam komunikasinya dengan Siswandi, Azrul sepakat untuk menunggu kedatangan Siswandi di Stasiun Cirebon. Dikatakan Azrul saat berkomunikasi dengan Siswandi, Siswandi sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon pada Rabu (10/1/2018) jelang penutupan pendaftaran bakal calon. “Saya ingin temuin Pak Sis, kalau sudah ketemu rencananya mau nelpon ke Jakarta (DPP) bareng-bareng soal rekomendasi. Waktu itu, saya sudah dengar tak ada rekomendasi. Kami semua kage. Dan, komunikasi dengan Siswandi itu tak ada kaitannya dengan nominal Rp 500 juta, saya tak terlibat soal itu,” ucap Azrul. Azrul yang saat itu janjian dengan Siswandi untuk bertemu di stasiun pun gagal. Azrul juga mengaku sempat berkomunikasi dengan Deni Siswanto, kader PKS yang saat itu sudah berada di kantor DPD PKS Cirebon untuk menemui Siswandi. “Deni juga bukan siapa-siapa, hanya kader. Hanya diminta bantuan. Deni hanya menyampaikan tugasnya, dan itu pun tak mengubah rekomendasi. Di situ tidak ada pembahasan soal mahar, permintaan mahar, kesepakatan mahar, dan tidak pernah ada eksekusi mahar,” ucapnya. Di tempat yang sama. Deni Siswanto mengaku saat menemui Siswandi dirinya tak berani menjawab soal ada tidaknya rekomendasi. Karena, menurutnya terkait rekomendasi bukanlah kewenangan dirinya. “Waktu itu Pak Sis menanyakan soal rekomendasi. Saya bilang di Jakarta, kalau mau tahu saya bilang lebih baik nanya ke Haji Karso (Ketua DPD PKS Kota Cirebon),” ucapnya. Ia juga membantah tak pernah berbicara soal mahar politik kepada Siswandi dan Bob Hasan. Namun, ia mengaku ada perbincangan yang mengarah pada biaya operasional untuk pemenangan pilkada. Bahkan, ia juga menampik tak pernah menyebut angka Rp1,5 miliar. Namun, menurutnya, saat berbincang santai terkait pemenangan pilkada banyak yang menyebut soal angka tersebut. “Rekomendasi kan tak ada. Kalau tak ada apa yang mau ditawarkan. Saya gak bilang soal mahar. Waktu itu saya ngobrol santai soal dana pemenangan, ngobrol biasa saja. Ya angka itu (Rp1,5 miliar) banyak yang nyebut. Mungkin salah persepsi saja,” tutupnya.

Wakapolri Komjen Syafruddin menyebut tindakan Briptu R, oknum Brimob yang menembak kader Partai Gerindra Fernando AJ Wowor, dilatarbelakangi pembelaan terhadap dirinya. Syafruddin mengatakan Briptu R sebelumnya dikeroyok. “Ya jelas kan penembakannya, dia dikeroyok kan, iya membela diri,” kata Syafruddin di sela acara Rapim Polri hari kedua, di STIK/PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018). Meski demikian, Syafruddin tetap mengedepankan hasil dari proses penyelidikan. Menurutnya kasus tersebut memang tak dapat disimpulkan dengan cepat. “Tapi dilihat penyelidikannya, nggak bisa disimpulkan dulu,” ujar Syafruddin. Syafruddin menjelaskan saat ini kepolisian masih melakukan investigasi terhadap peristiwa penembakan yang dilakukan Briptu R. “Statusnya dalam investigasi yang mendalam,” imbuh Syafruddin. Sementara itu Dankor Brimob Brigjen Rudy Sufahriadi enggan berkomentar ketika ditanya wartawan mengenai kasus Briptu R. Dia mengatakan masih menunggu proses penyelidikan. “Saya belum boleh komentar apa-apa, tanya humas. Saya masih nunggu penyelidikan,” ucap Rudy. Ditanyai mengenai prosedur pemegangan senjata di lingkungan Brimob, Rudy tetap memilih irit bicara. “Tergantung tugas dan fungsinya anggota ya. Jadi saya belum bisa ngomong,” tutup Rudy. Fernando tertembak pada Sabtu (20/1) dini hari di Bogor, Jawa Barat. Peristiwa ini diawali adanya salah paham kedua belah pihak saat memasuki area parkir di Jalan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Polisi menegaskan Briptu R akan diproses hukum. Namun polisi menegaskan insiden itu murni masalah pribadi.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan akan mencopot anggota yang lalai memonitor potensi konflik. Jika konflik sampai ‘meledak’ dan polisi terlambat mengantisipasi, jajaran yang terkait akan langsung dicopot. “Ini penekanan saya kepada jajaran, lakukan pencegahan, pemetaan potensi konflik, selesaikan potensi itu, jangan sampai ‘meledak’. Kalau sampai ‘meledak’ maka dari Mabes Polri akan menurunkan dua tim yaitu tim Irwasum dan tim Propam,” kata Tito dalam Rapim Polri 2018 hari ke-2 di Auditorium STIK/PTIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018). Tito melanjutkan, tim dari Mabes Polri akan mengecek apakah komandan-komandan kepolisian setempat sudah menginformasikan potensi konflik. Tim Mabes Polri juga akan melihat bagaimana upaya yang dilakukan kepolisian setempat dalam rangka antisipasi konflik. “Cek apakah konflik itu terjadi tanpa ada informasi intelijen baik dari jajaran Intelijen maupun binmas kepada para kepala satuan, kapolres atau kapolda. Kalau ternyata tidak ada (informasi) dari jajaran intelijen, binmas, copot pimpinan binmas, copot pimpinan intelnya. Berarti mereka nggak kerja,” tegas Tito. Kapolri Jenderal Tito Karnavian Memberi Pengarahan di Rapim Polri 2018 Foto: Audrey Santoso/detikcom “Di tingkat polres kasat intel copot, kasat binmas copot. Di tingkat polda dir intel copot, kemudian dir binmas copot karena bhabinkamtibmasnya nggak jalan,” sambung Tito. Masih kata Tito, jika jajaran intel dan binmas di tingkat polsek hingga polda sudah melakukan koordinasi dan konflik tetap terjadi, maka Mabes Polri akan mengecek kinerja kapolres dan kapoldanya. “Kalau (informasi) sudah diberikan oleh kedua (intel dan binmas), intelijen sudah disampaikan bahwa akan terjadi potensi, konflik akan ‘meledak’ dan disampaikan ke kapolda, kapolda tidak melakukan reaksi atau respons yang tepat untuk menangani itu dengan segenap sumber dayanya, kapoldanya saya copot, kapolresnya copot,” ujar Tito. Tito tak ingin konflik seperti di Poso terjadi di wilayah Indonesia lainnya. Dia menerangkan konflik itu bermula sejak 1998 dan hingga kini operasi khusus untuk mengamankan Poso masih dilakukan aparat. “Poso, begitu jatuh korban 19 tahun lalu, 1998 sampai dengan hari ini belum tuntas operasi Tinombala yang masih terus berlanjut,” ujarnya.

Belum lama ini Google menawarkan smartphone Motorola Moto X4 sebagai pengganti smartphone Nexus 5X yang mengalami bootloop. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, banyak unit Nexus 5X yang mengalami bootloop setelah mendapatkan update. Google kemudian menawarkan pengganti berupa ponsel Moto X4 bagi konsumen yang berlangganan Project Fi besutan raksasa mesin pencari tersebut. Tawaran penggantian dari Nexus [ ] Baca tapak asal هذه الصفحة هي مجرد قاریء تلقائي للأخبار باستخدام خدمة الـ RSS و بأن نشر هذه الأخبار هنا لاتعني تأییدها علی الإطلاق.

Tren smartphone dengan layar 18:9 memang kian meningkat. Hal ini diakomodasi oleh Oukitel dengan memperkenalkan seri K10. kelebhan utama Oukitel K10 adalah mengusung spesifikasi kekinian dengan layar 18:9 dengan baterai berkapasitas jumbo di kelasnya, yakni 11.000mAh. Harga Oukitel K10 ini cukup bersaing di kelasnya, yakni $250 atau sekitar Rp 3,3 juta. Ponsel cerdas Oukitel K10 [ ] Baca tapak asal هذه الصفحة هي مجرد قاریء تلقائي للأخبار باستخدام خدمة الـ RSS و بأن نشر هذه الأخبار هنا لاتعني تأییدها علی الإطلاق.

Related Posts

Comments are closed.