2 Pekerja Proyek Pakubowono Spring Tertimbun, Masih Dievakuasi

2 Pekerja Proyek Pakubowono Spring Tertimbun, Masih Dievakuasi

Tiga orang tewas akibat kecelakaan kerja di proyek apartemen di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dua orang korban lainnya hingga malam tadi belum berhasil dievakuasi. Pernyataan tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada detikcom , Rabu (27/12/2017). Dijelaskan Argo, kecelakaan terjadi pada Selasa (26/12) sekitar pukul 20.15 WIB. Saat itu 7 orang pekerja konstruksi PT Tunas Jaya Sanur sedang mengerjakan plafon di area podium proyek Apartemen Pakubuwono Spring di Jl Teuku Cut Nyak Arief, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Saat sedang dikerjakan, bangunan di area podium tiba-tiba roboh dan menimpa para pekerja. Ada 6 orang yang jadi korban. Tiga orang meninggal dunia dan 3 orang lainnya luka-luka. Tiga orang korban luka-luka yakni Aris Suryanto (33), Muklas (44) dan Idris bin Sobari (28). Sementara 3 orang korban tewas yakni Adi alias Bima (30), Khoirul Mas’um (35) dan Dedi Irawan. Pengawas proyek telah membawa para korban ke RS Medika Permata Hijau. Argo menyatakan, hingga saat ini polisi masih terus mengusut kasus ini. “Saksi-saksi sudah dimintai keterangan, di antaranya dari mandor,” ujar Argo.

Baca juga :

Atlantis umumnya dianggap sebagai mitos yang dibuat oleh Plato untuk mengilustrasikan teori politik. Meskipun fungsi cerita Atlantis terlihat jelas oleh kebanyakan ahli, mereka memperdebatkan apakah dan seberapa banyak catatan Plato diilhami oleh tradisi yang lebih tua. Beberapa ahli mengatakan bahwa Plato menggambarkan kejadian yang telah berlalu, seperti letusan Thera atau perang Troya, sementara lainnya menyatakan bahwa ia terinspirasi dari peristiwa kontemporer seperti hancurnya Helike tahun 373 SM atau gagalnya invasi Athena ke Sisilia tahun 415-413 SM.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Masyarakat sering membicarakan keberadaan Atlantis selama Era Klasik, namun umumnya tidak mempercayainya dan terkadang menjadikannya bahan lelucon. Kisah Atlantis kurang diketahui pada Abad Pertengahan, namun, pada era modern, cerita mengenai Atlantis ditemukan kembali. Deskripsi Plato menginspirasikan karya-karya penulis zaman Renaissance, seperti ” New Atlantis ” karya Francis Bacon. Atlantis juga mempengaruhi literatur modern, dari fiksi ilmiah hingga buku komik dan film. Namanya telah menjadi pameo untuk semua peradaban prasejarah yang maju (dan hilang).

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Dua dialog Plato, Timaeus dan Critias, yang ditulis pada tahun 360 SM, berisi referensi pertama Atlantis. Plato tidak pernah menyelesaikan Critias karena alasan yang tidak diketahui; namun, ahli yang bernama Benjamin Jowett, dan beberapa ahli lain, berpendapat bahwa Plato awalnya merencanakan untuk membuat catatan ketiga yang berjudul Hermocrates. John V. Luce mengasumsikan bahwa Plato — setelah mendeskripsikan asal usul dunia dan manusia dalam Timaeus, dan juga komunitas sempurna Athena kuno dan keberhasilannya dalam mempertahankan diri dari serangan Atlantis dalam Critias — akan membahas strategi peradaban Helenik selama konflik mereka dengan bangsa barbar sebagai subyek diskusi dalam Hermocrates.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Pada buku Timaeus, Plato berkisah: ” Di hadapan Selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yang sangat besar, dari sana kalian dapat pergi ke pulau lainnya, di depan pulau-pulau itu adalah seluruhnya daratan yang dikelilingi laut samudera, itu adalah kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru akan melancarkan perang besar dengan Athena, namun di luar dugaan, Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam, tenggelam sama sekali di dasar laut, negara besar yang melampaui peradaban tinggi, lenyap dalam semalam. “

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Critias menyebut kisah yang diduga sejarah yang akan memberikan contoh sempurna, dan diikuti dengan deskripsi Atlantis. Dalam catatannya, Athena kuno mewakili ” komunitas sempurna ” dan Atlantis adalah musuhnya, mewakili ciri sempurna sangat antitesis yang dideskripsikan dalam Republic. Critias mengklaim bahwa catatannya mengenai Athena kuno dan Atlantis berhaluan dari kunjungan ke Mesir oleh penyair Athena, Solon pada abad ke-6 SM. Di Mesir, Solon bertemu pendeta dari Sais, yang menerjemahkan sejarah Athena kuno dan Atlantis, dicatat pada papiri di heroglif Mesir, menjadi bahasa Yunani. Menurut Plutarch, Solon bertemu dengan ” Psenophis Heliopolis, dan Sonchis Saite, yang paling dipelajari dari semua pendeta ” (Kehidupan Solon). Karena jarak 500 tahun lebih antara Plutarch dan peristiwa yang bersifat sebagai alasan atau dalih, dan karena informasi ini tidak ada pada Timaeus dan Critias, identifikasi ini dipertanyakan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Menurut Critias, dewa Helenik membagi wilayah sehingga tiap dewa dapat memiliki; Poseidon mewarisi wilayah pulau Atlantis. Pulau ini lebih besar daripada Libya kuno dan Asia Kecil yang disatukan, tetapi akan tenggelam karena gempa bumi dan menjadi sejumlah lumpur yang tak dapat dilewati, menghalangi perjalanan menyebrang samudra. Bangsa Mesir mendeskripsikan Atlantis sebagai pulau yang terletak kira-kira 700 kilometer, kebanyakan terdiri dari pegunungan di wilayah utara dan sepanjang pantai, dan melingkupi padang rumput berbentuk bujur di selatan ” terbentang dalam satu arah tiga ribu stadia (sekitar 600 km), tetapi di tengah sekitar dua ribu stadia (400 km) “.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Poseidon mengukir gunung tempat kekasihnya tinggal menjadi istana dan menutupnya dengan tiga parit bundar yang lebarnya meningkat, bervariasi dari satu sampai tiga stadia dan terpisah oleh cincin tanah yang besarnya sebanding. Bangsa Atlantis lalu membangun jembatan ke arah utara dari pegunungan, membuat rute menuju sisa pulau. Mereka menggali kanal besar ke laut, dan di samping jembatan, dibuat gua menuju cincin batu sehingga kapal dapat lewat dan masuk ke kota di sekitar pegunungan; mereka membuat dermaga dari tembok batu parit. Setiap jalan masuk ke kota dijaga oleh gerbang dan menara, dan tembok mengelilingi setiap cincin kota. Tembok didirikan dari bebatuan merah, putih dan hitam yang berasal dari parit, dan dilapisi oleh kuningan, timah dan orichalcum (perunggu atau kuningan).

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Menurut Critias, 9.000 tahun sebelum kelahirannya, perang terjadi antara bangsa yang berada di luar Pilar-pilar Herkules (umumnya diduga Selat Gibraltar), dengan bangsa yang tinggal di dalam Pilar. Bangsa Atlantis menaklukan Libya sampai sejauh Mesir dan benua Eropa sampai sejauh Tirenia, dan menjadikan penduduknya budak. Orang Athena memimpin aliansi melawan kekaisaran Atlantis, dan sewaktu aliansi dihancurkan, Athena melawan kekaisaran Atlantis sendiri, membebaskan wilayah yang diduduki. Namun, nantinya, muncul gempa bumi dan banjir besar di Atlantis, dan hanya dalam satu hari satu malam, pulau Atlantis tenggelam dan menghilang.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Banyak filsuf kuno menganggap Atlantis sebagai kisah fiksi, termasuk (menurut Strabo) Aristoteles. Namun, terdapat filsuf, ahli geografi dan sejarawan yang percaya akan keberadaan Atlantis. Filsuf Crantor, murid dari murid Plato, Xenocrates, mencoba menemukan bukti keberadaan Atlantis. Karyanya, komentar mengenai Timaeus, hilang, tetapi sejarawan kuno lainnya, Proclus, melaporkan bahwa Crantor berkelana ke Mesir dan menemukan kolom dengan sejarah Atlantis tertulis dalam huruf heroglif. Plato tidak pernah menyebut kolom tersebut. Menurut filsuf Yunani, Solon melihat kisah Atlantis dalam sumber yang berbeda yang dapat ” diambil untuk diberikan “.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Bagian lain dari komentar abad ke-5 Proclus mengenai Timaeus memberi deskripsi geografi Atlantis. Menurut mereka, terdapat tujuh pulau di laut tersebut pada saat itu, tanah suci untuk Persephone, dan juga tiga lainnya dengan besar yang sangat besar, salah satunya tanah suci untuk Pluto, lainnya untuk Ammon, dan terakhir di antaranya untuk Poseidon, dengan luas ribuan stadia. Penduduknya—mereka menambah—memelihara ingatan dari nenek moyang mereka mengenai pulau besar Atlantis yang pernah ada dan telah berkuasa terhadap semua pulau di laut Atlantik dan suci untuk Poseidon. Kini, hal tersebut telah ditulis Marcellus dalam Aethiopica”. Marcellus masih belum diidentifikasi.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Catatan Plato mengenai Atlantis juga telah menginspirasi beberapa imitasi parodik: hanya beberapa dekade setelah Timaeus dan Critias, sejarawan Theopompus dari Chios menulis mengenai wilayah yang disebut Meropis. Deskripsi wilayah ini ada pada Buku 8 Philippica, yang berisi dialog antara Raja Midas dan Silenus, teman dari Dionysus. Silenus mendeskripsikan Bangsa Meropid, ras manusia yang tumbuh dua kali dari ukuran tubuh biasa, dan menghuni dua kota di pulau Meropis (Cos?): Eusebes (Εὐσεβής, “kota Pious”) dan Machimos (Μάχιμος, “kota-Pertempuran”). Ia juga melaporkan bahwa angkatan bersenjata sebanyak sepuluh juta tentara menyebrangi samudra untuk menaklukan Hyperborea, tetapi meninggalkan proposal ini ketika mereka menyadari bahwa bangsa Hyperborea adalah bangsa terberuntung di dunia. Heinz-Günther Nesselrath menyatakan bahwa cerita Silenus merupakan jiplakan dari kisah Atlantis, untuk alasan membongkar ide Plato untuk mengejek.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Sejarawan abad ke-4, Ammianus Marcellinus, berdasarkan karya Timagenes (sejarawan abad ke-1 SM) yang hilang, menulis bahwa Druid dari Galia mengatakan bahwa sebagian penduduk Galia bermigrasi dari kepulauan yang jauh. Catatan Ammianus dianggap oleh sebagian orang sebagai klaim bahwa ketika Atlantis tenggelam, penduduknya mengungsi ke Eropa Barat; tetapi Ammianus mengatakan bahwa “ Drasidae (Druid) menyebut kembali bahwa sebagian dari penduduk merupakan penduduk asli, tetapi lainnya juga bermigrasi dari kepulauan dan wilayah melewati Rhine ” (Res Gestae 15.9), tanda bahwa imigran datang ke Galia dari utara dan timur, tidak dari Samudra Atlantik.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Selama akhir abad ke-19, ide mengenai legenda Atlantis digabungkan dengan cerita-cerita ” benua hilang ” lainnya, seperti Mu dan Lemuria. Helena Blavatsky, ” Nenek Pergerakan Era Baru “, menulis dalam The Secret Doctrine (Doktrin Rahasia), bahwa bangsa Atlantis adalah pahlawan budaya (kontras pada Plato yang mendeskripsikan mereka sebagai masalah militer), dan ” Akar Ras ” ke-4, yang diteruskan oleh ” Ras Arya “. Rudolf Steiner menulis evolusi budaya Mu atau Atlantis. Edgar Cayce, pertama kali menyebut Atlantis tahun 1923, dan nantinya menjelaskan bahwa lokasi Atlantis berada di Karibia, dan menyatakan bahwa Atlantis adalah peradaban berevolusi tinggi kuno, kini telah tenggelam, yang memiliki kapal dan pesawat tempur menggunakan energi dalam bentuk kristal energi misterius. Ia juga memprediksi bahwa sebagian dari Atlantis akan naik ke permukaan tahun 1968 atau 1969. Jalan Bimini, yang ditemukan oleh Dr.J Manson Valentine, merupakan formasi batu tenggelam yang terlihat seperti jalan di sebelah utara Kepulauan Bimini Utara. Jalan ini ditemukan pada tahun 1968 dan diklaim sebagai bukti peradaban yang hilang dan kini masih diteliti.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Telah diklaim bahwa sebelum era Eratosthenes tahun 250 SM, penulis Yunani menyatakan bahwa lokasi Pilar-pilar Herkules berada di Selat Sisilia, namun tidak terdapat bukti yang cukup untuk membuktikan hal tersebut. Menurut Herodotus (circa 430 SM), ekspedisi Finisi telah berlayar mengitari Afrika atas perintah firaun Necho, berlayar ke selatan Laut Merah dan Samudera Hindia dan bagian utara di Atlantik, memasuki kembali Laut Tengah melalui Pilar Hercules. Deskripsinya di Afrika barat laut menjelaskan bahwa ia melokasikan Pilar Hercules dengan tepat di tempat pilar Hercules berada saat ini.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Kebanyakan lokasi yang diusulkan berada atau di sekitar Laut Tengah. Pulau seperti Sardinia, Kreta dan Santorini, Sisilia, Siprus dan Malta; kota seperti Troya, Tartessos, dan Tantalus (di provinsi Manisa), Turki; dan Israel-Sinai atau Kanaan. Letusan Thera besar pada abad ke-17 atau ke-16 SM menyebabkan tsunami besar yang diduga para ahli menghancurkan peradaban Minoa di sekitar pulau Kreta yang semakin meningkatkan kepercayaan bahwa bencana ini mungkin merupakan bencana yang menghancurkan Atlantis. Terdapat wilayah di Laut Hitam yang diusulkan sebagai lokasi Atlantis: Bosporus dan Ancomah (tempat legendaris di dekat Trabzon). Sekitar Laut Azov diusulkan sebagai lokasi lainnya tahun 2003. A. G. Galanopoulos menyatakan bahwa skala waktu telah berubah akibat kesalahan penerjemahan, kemungkinan kesalahan penerjemahan bahasa Mesir ke Yunani; kesalahan yang sama akan mengurangi besar Kerajaan Atlantis Plato menjadi sebesar pulau Kreta, yang meninggalkan kota dengan ukuran kawah Thera. 900 tahun sebelum Solon merupakan abad ke-15 SM.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Beberapa hipotesis menyatakan Atlantis berada pada pulau yang telah tenggelam di Eropa Utara, termasuk Swedia (oleh Olof Rudbeck di Atland, 1672–1702), atau di Laut Utara. Beberapa telah mengusulkan Al-Andalus atau Irlandia sebagai lokasi. Kepulauan Canary juga dinyatakan sebagai lokasi yang mungkin, sebelah barat selat Gibraltar tetapi dekat dengan Laut Tengah. Berbagai kepulauan di Atlantik juga dinyatakan sebagai lokasi yang mungkin, terutama Kepulauan Azores. Pulau Spartel yang telah tenggelam di selat Gibraltar juga telah diusulkan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Antarktika, Indonesia, dibawah Segitiga Bermuda, dan Laut Karibia, Prof. Arysio Nunes dos Santos, Ph.D, dalam bukunya Atlantis, The Lost Continent Finally Found bahwa wilayah Samudra Pasifik dan Hindia termasuk (Sundaland) di Indonesia sebagai lokasi dari Atlantis. Sedangkan menurut kisah benua “Kumari Kandam” yang hilang di India menarik pararel dengan Atlantis dan menurut Ignatius L. Donnelly dalam bukunya, Atlantis: The Antediluvian World, terdapat hubungan antara Atlantis dan Aztlan (tempat tinggal nenek moyang suku Aztek). Ia mengklaim bahwa suku Aztek menunjuk ke timur Karibia sebagai bekas lokasi Aztlan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Banyak yang percaya bahwa dahulu kala ada kerajaan maritim yang luas yang terletak di salah satu samudera terluas di dunia. Pengaruhnya demikian besar, sehingga sisa kebudayaan dan warisannya bisa ditemukan diseluruh dunia hingga saat ini. Tafsiran arkeologis menyebutkan bahwa kerajaan maritim yang disebut Atlantis itu terletak di laut Mediterania Barat, ada pula yang berbeda pendapat dengan menyebut pusatnya di Costa Rika dan Antartika. Namun bagi orang yang skpetic, atlantis hanya ada di pikiran penulis dan pemikir kreatif, menurut mereka kerajaan itu hanyalah imajinasi belaka.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Sedangkan menurut Plato Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene). Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia (dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air asal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Semeru/Sumeru/Mahameru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Somasir, yang merupakan puncak gunung yang meletus pada saat itu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Santos berbeda dengan Plato mengenai lokasi Atlantis. Ilmuwan Brazil itu berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantai benua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat. Santos menamakannya Heinrich Events.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Setelah masa Atlantis (Lemuria) ada 5 ras yang berkuasa, yaitu: kulit kuning, merah, coklat, hitam, dan pucat. Pada masa itu kebudayaan yang menonjol adalah kulit merah, jadi kemungkinan besar kebudayaan Indian/Aztec/Maya juga berasal dari Atlantis. Tetapi, kemudian kebudayaan itu mengalami kemunduran dan selanjutnya kebudayaan kulit hitam/coklat di India yang mulai menguasai dunia. Inilah kemungkinan besar zaman kejayaan yang kemudian dikenal menjadi Epos Ramayana (7000 tahun lalu) dan Epos Mahabarata (5000 tahun lalu). Tetapi, kemudian kebudayaan ini pun hancur setelah terjadi perang Baratayuda yang amat dahsyat itu, kemungkinan perang itu menggunakan teknologi laser dan nuklir (sisa radiasi nuklir di daerah yang diduga sebagai padang Kurusetra sampai saat ini masih bisa dideteksi cukup kuat).

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Selanjutnya, kebudayaan itu mulai menyebar ke Mesir, Mesopotamia (Timur Tengah), Cina, hingga ke masa sekarang. Kemungkinan besar setelah perang Baratayuda yang meluluhlantakkan peradaban dunia waktu itu, ilmu pengetahuan dan teknologi (baik spiritual maupun material) tak lagi disebarkan secara luas, tetapi tersimpan hanya pada sebagian kecil kelompok esoteris yang ada di Mesir, India Selatan, Tibet, Cina, Indonesia (khususnya Jawa) dan Timur Tengah. Ilmu Rahasia ini sering disebut sebagai “Alkimia”, yaitu ilmu yang bisa mengubah tembaga menjadi emas (ini hanyalah simbol yang hendak mengungkapkan betapa berharganya ilmu ini, namun juga sangat berbahaya jika manusia tidak mengimbanginya dengan kebijakan spiritual)

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Kelompok-kelompok esoteris ini mulai menyadari bahwa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tanpa mengembangkan kebajikan spiritual, akan sangat berbahaya bagi peradaban dunia. Itulah sebabnya kelompok-kelompok esoteris ini memulai kerjanya dengan mengembangkan ilmu spiritual seperti tantra, yoga, dan meditasi (tentu saja dengan berbagai versi) untuk meningkatkan Kesadaran dan menumbuhkan Kasih dalam diri manusia. Ajaran-ajaran spiritual inilah yang kemudian menjadi dasar dari berbagai agama di dunia. Sedangkan ilmu pengetahuan dan teknologi disimpan dahulu dan hanya diajarkan kepada orang-orang yang dianggap telah mampu mengembangkan Kesadaran dan Kasih dalam dirinya.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Tetapi, manusia memang mahluk paling ironik dari berbagai spesies yang ada di bumi. Berabad kemudian, ilmu spiritual ini justru berkembang menjadi agama formal yang bahkan menjadi kekuatan politik. Agama justru berkembang menjadi pusat konflik dan pertikaian di mana-mana. Sungguh ironik, ilmu yang tadinya dimaksudkan untuk mencegah konflik, justru menjadi pusat konflik selama berabad-abad. Tetapi, itu bukan salah agama, melainkan para pengikut ajaran agama itulah yang tidak siap memasuki inti agama: spiritualitas.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Pada abad pertengahan di Eropa, masa Aufklarung dan Renaissance, kelompok-kelompok esoteris ini mulai bergerak lagi. Kali ini mereka mulai menggunakan media yang satunya lagi — ilmu pengetahuan dan teknologi — untuk mengantisipasi perkembangan agama yang sudah cenderung menjadi alat politis dan sumber konflik antar bangsa dan peradaban. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang selama ini disimpan mulai diajarkan secara lebih luas. Kita mengenal tokoh-tokoh seperti Leonardo Da Vinci, Dante Alegheri, Copernicus, Galelio Galilae, Bruno, Leibniz, Honore de Balzac, Descartes, Charles Darwin bahkan sampai ke Albert Einstein, T.S. Elliot, dan Carl Gustave Jung adalah tokoh-tokoh ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni modern yang berhubungan — kalau tidak bisa dikatakan dididik — oleh kelompok-kelompok esoteris ini.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Tetapi, sejarah ironik kembali berkembang, kebudayaan dunia saat ini menjadi sangat materialistis. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang seharusnya digunakan untuk “menyamankan” kehidupan sehari-hari manusia, sehingga manusia punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan potensi spiritualitas di dalam dirinya, justru menjadi sumber pertikaian dan alat politik. Konflik terjadi di mana-mana. Ribuan senjata nuklir yang kekuatannya 10 – 100 kali lebih kuat dari bom yang dijatuhkan di Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945, kini ada di bumi, dan dalam hitungan detik siap meluluhlantakkan spesies di bumi.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Belum lagi eksploitasi secara membabi buta terhadap alam yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan pemanasan global di mana-mana. Menurut para ahli, hutan di bumi saat ini dalam jangka seratus tahun telah berkurang secara drastis tinggal 15%. Ini punya dampak pada peningkatan efek rumah kaca yang menimbulkan pemanasan global, diperkirakan kalau manusia tidak secara bijak bertindak mengatasi kerusakan lingkungan ini, maka 30 sampai 50 tahun lagi, sebagian besar kota-kota di dunia akan tenggelam, termasuk New York City, Tokyo, Rio De Jenero, dan Jakarta. Dan sejarah tenggelamnya negeri Atlantis akan terulang kembali.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Zaman ini adalah zaman penentuan bagi kebudayaan “Lemuria” atau “Atlantis” yang ada di bumi. Pada saat ini dua akar konflik, yaitu “agama” dan “materialisme” telah bersekutu dan saling memanfaatkan satu sama lain serta menyebarkan konflik di muka bumi. Agama menjadi cenderung dogmatik, formalistik, fanatik, dan anti-human persis seperti perkembangan agama di Eropa dan timur tengah sebelum masa Aufklarung. Esensi agama, yaitu spiritualitas yang bertujuan untuk mengembangkan Kesadaran dan Kasih dalam diri manusia, malah dihujat sebagai ajaran sesat, bid’ah, syirik, dll. Agama justru bersekutu kembali dengan pusat-pusat kekuasaan politik, terbukti pada saat ini begitu banyak “partai-partai agama” yang berkuasa di berbagai negara, baik di negara berkembang maupun di negara maju. Di sisi lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan pada paham materialisme juga sudah terlanjur menguasai dunia. Persekutuan antara kaum agama dan materialisme, atau “agama-materialistik” ini mulai menggejala di mana-mana, berwujud dalam bentuk-bentuk teror yang mengancam dunia.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Sudah saatnya, para spiritualis di “Lemuria” mulai bersatu kembali. Segala pertikaian remeh-temeh tentang materialisme-spiritualistik atau spiritualisme-materialistik harus diselesaikan sekarang. Tugas yang sangat penting tengah menanti, bukan tugas profetik, tetapi tugas yang benar-benar menyangkut keberlangsungan eksistensi seluruh spesies di “Lemuria”, di bumi yang amat indah ini. Tugas ini tidak bisa dikerjakan oleh satu dua orang Buddha atau Nabi atau Wali atau Resi atau Avatar seperti pada masa lalu. Tetapi, seluruh “manusia-biasa” juga harus terlibat di dalam tugas ini.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Dalam usaha mengemukakan pendapat mendasarkan kepada sejarah dunia, tampak Plato telah melakukan dua kekhilafan, pertama mengenai bentuk/posisi bumi yang katanya datar. Kedua, mengenai letak benua Atlantis yang katanya berada di Samudera Atlantik yang ditentang oleh Santos. Penelitian militer Amerika Serikat di wilayah Atlantik terbukti tidak berhasil menemukan bekas-bekas benua yang hilang itu. Oleh karena itu tidaklah semena-mena ada peribahasa yang berkata, “Amicus Plato, sed magis amica veritas.” Artinya,”Saya senang kepada Plato tetapi saya lebih senang kepada kebenaran.”

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Meskipun manusia sudah mencari sisa-sisa keberadaan kota ini selama ratusan tahun dan lebih dari 5.000 buku mengenai Atlantis diterbitkan, tidak ada satu pun yang bisa memastikan di mana sebenarnya Atlantis berada dan benarkah Atlantis itu memang ada atau hanya dongeng yang dikisahkan filsuf Yunani, Plato. Ratusan ekspedisi yang menjelajahi Siprus, Afrika, Laut Mediterania, Amerika Selatan, Kepulauan Karibia hingga Mesir untuk mencari jejak Atlantis pun belum memperoleh bukti valid di mana surga Atlantis berada.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Ini ada lagi yang lebih unik dari Santos dan kawan-kawan tentang usaha untuk menguak misteri Atlantis. Sarjana Barat secara kebetulan menemukan seseorang yang mampu mengingat kembali dirinya sebagai orang Atlantis di kehidupan sebelumnya “Inggrid Benette”. Beberapa penggal kehidupan dan kondisi sosial dalam ingatannya masih membekas, sebagai bahan masukan agar bisa merasakan secara gamblang peradaban tinggi Atlantis. Dan yang terpenting adalah memberikan kita petunjuk tentang mengapa Atlantis musnah.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Dalam kehidupan sebelumnya di Atlantis, saya adalah seorang yang berpengetahuan luas, dipromosikan sebagai kepala energi wanita “Pelindung Kristal” (setara dengan seorang kepala pabrik pembangkit listrik sekarang). Pusat energi ini letaknya pada sebuah ruang luas yang bangunannya beratap lengkung. Lantainya dari pasir dan batu tembok, di tengah-tengah kamar sebuah kristal raksasa diletakkan di atas alas dasar hitam. Fungsinya adalah menyalurkan energi ke seluruh kota. Tugas saya melindungi kristal tersebut. Pekerjaan ini tak sama dengan sistem operasional pabrik sekarang, tapi dengan menjaga keteguhan dalam hati, memahami jiwa sendiri, merupakan bagian penting dalam pekerjaan, ini adalah sebuah instalasi yang dikendalikan dengan jiwa. Ada seorang lelaki yang cerdas dan pintar, ia adalah “pelindung” kami, pelindung lainnya wanita.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Rambut saya panjang berwarna emas, rambut digelung dengan benda rajutan emas, persis seperti zaman Yunani. Rambut disanggul tinggi, dengan gulungan bengkok jatuh bergerai di atas punggung. Setiap hari rambutku ditata oleh ahli penata rambut, ini adalah sebagian pekerjaan rutin. Filsafat yang diyakini orang Atlantis adalah bahwa “tubuh merupakan kuilnya jiwa”, oleh karena itu sangat memperhatikan kebersihan tubuh dan cara berbusana, ini merupakan hal yang utama dalam kehidupan. Saya mengenakan baju panjang tembus pandang, menggunakan daun pita emas yang diikat di pinggang belakang setelah disilang di depan dada. Lelaki berpakaian rok panjang juga rok pendek, sebagian orang memakai topi, sebagian tidak, semuanya dibuat dengan bahan putih bening yang sama. Seperti pakaian seragam, namun di masa itu, sama sekali tidak dibedakan, mengenakan ini hanya menunjukkan sebuah status, melambangkan kematangan jiwa raga kita. Ada juga yang mengenakan pakaian warna lain, namun dari bahan bening yang sama, mereka mengenakan pakaian yang berwarna karena bertujuan untuk pengobatan. Hubungannya sangat besar dengan ketidakseimbangan pusat energi tubuh, warna yang spesifik memiliki fungsi pengobatan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Saya sering pergi mendengarkan nasihat lumba-lumba. Lumba-lumba hidup di sebuah tempat yang dibangun khusus untuk mereka. Sebuah area danau besar yang indah, mempunyai undakan raksasa yang menembus ke tengah danau. Pilar dua sisi undakan adalah tiang yang megah, sedangkan area danau dihubungkan dengan laut melalui terusan besar. Di siang hari lumba-lumba berenang di sana, bermain-main, setelah malam tiba kembali ke lautan luas. Lumba-lumba bebas berkeliaran, menandakan itu adalah tempat yang sangat istimewa. Lumba-lumba adalah sahabat karib dan penasihat kami. Mereka sangat pintar, dan merupakan sumber keseimbangan serta keharmonisan masyarakat kami. Hanya sedikit orang pergi mendengarkan bahasa intelek lumba-lumba. Saya sering berenang bersama mereka, mengelus mereka, bermain-main dengan mereka, serta mendengarkan nasihat mereka. Kami sering bertukar pikiran melalui telepati. Energi mereka membuat saya penuh vitalitas sekaligus memberiku kekuatan. Saya dapat berjalan-jalan sesuai keinginan hati, misalnya jika saya ingin pergi ke padang luas yang jauh jaraknya, saya memejamkan mata dan memusatkan pikiran pada tempat tersebut. Akan ada suatu suara “wuung” yang ringan, saya membuka mata, maka saya sudah berada di tempat itu.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Saya paling suka bersama dengan Unicorn (kuda terbang). Mereka sama seperti kuda makan rumput di padang belantara. Unicorn memiliki sebuah tanduk di atas kepalanya, sama seperti ikan lumba-lumba, kami kontak lewat hubungan telepati. Secara relatif, pikiran Unicorn sangat polos. Kami acap kali bertukar pikiran, misalnya, “Aku ingin berlari cepat”. Unicorn akan menjawab: “Baiklah”. Kita lari bersama, rambut kami berterbangan tertiup angin. Jiwa mereka begitu tenang, damai menimbulkan rasa hormat. Unicorn tidak pernah melukai siapa pun, apalagi mempunyai pikiran atau maksud jahat, ketika menemui tantangan sekalipun akan tetap demikian.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Di timur laut Atlantis terdapat sebidang padang rumput yang sangat luas. Padang rumput ini menyebarkan aroma wangi yang lembut, dan saya suka duduk bermeditasi di sana. Aromanya begitu hangat. Kegunaan dari bunga segar sangat banyak, maka ditanam secara luas. Misalnya, bunga yang berwarna biru dan putih ditanam bersama, ini bukan saja sangat menggoda secara visual, sangat dibutuhkan buat efektivitas getaran. Padang rumput ini dirawat oleh orang yang mendapat latihan khusus dan berkualitas tinggi serta kaya pengetahuan. “Ahli ramuan” mulai merawat mereka sejak tunas, kemudian memetik dan mengekstrak sari pati kehidupannya.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Sebagian besar orang ditetapkan sebagai pekerja fisik, misalnya tukang kebun dan tukang bangunan. Hal itu akan membuat kondisi tubuh mereka tetap stabil. Sebagian kecil dari mereka mempunyai kecerdasan, pengaturan pekerjaan disesuaikan dengan tingkat perkembangan kecerdasan mereka. Orang Atlantis menganggap, bahwa pekerjaan fisik lebih bermanfaat, ini membuat emosi (perasaan) mereka mendapat keseimbangan, marah dan suasana hati saat depresi dapat diarahkan secara konstruktif, lagi pula tubuh manusia terlahir untuk pekerjaan fisik, hal tersebut telah dibuktikan. Namun, selalu ada pengecualian, misalnya lelaki yang kewanitaan atau sebaliknya, pada akhirnya, orang pintar akan membimbing orang-orang ini bekerja yang sesuai dengan kondisi mereka. Setiap orang akan menuju ke kecerdasan, berperan sebagai tokoh sendiri, semua ini merupakan hal yang paling mendasar.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Di Atlantis ada sarana terbang yang modelnya mirip “piring terbang” (UFO), mereka menggunakan medan magnet mengendalikan energi perputaran dan pendaratan, sarana hubungan jenis ini biasa digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Perjalanan jarak pendek hanya menggunakan katrol yang dapat ditumpangi dua orang. Ia mempunyai sebuah mesin yang mirip seperti kapal hidrofoil, prinsip kerja sama dengan alat terbang, juga menggunakan medan energi magnet. Yang lainnya seperti makanan, komoditi rumah tangga atau barang-barang yang berukuran besar, diangkut dengan cara yang sama menggunakan alat angkut besar yang disebut “Subbers.”

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Atlantis adalah sebuah peradaban yang sangat besar, kami berkomunikasi menggunakan kapal untuk menyiarkan berita ke berbagai daerah. Sebagian besar informasi diterima oleh “orang pintar” melalui respons batin, mereka memiliki kemampuan menerima dengan cara yang istimewa, ini mirip dengan stasiun satelit penerima, dan sangat akurat. Maka, pekerjaan mereka adalah duduk dan menerima informasi yang disalurkan dari tempat lain. Sebenarnya, dalam pekerjaan, cara saya mengoperasikan kristal besar, juga dikerjakan melalui hati.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Pusat pengobatan adalah sebuah tempat yang banyak kamarnya. Saat penderita masuk, sebuah warna akan dicatat di tembok. Lalu pasien diarahkan ke sebuah kamar khusus untuk menentukan pengobatan. Di kamar pertama, asisten yang terlatih baik dan berpengetahuan luas tentang pengobatan akan mendeteksi frekwensi getaran pada tubuh pasien. Informasi dialihkan ke kamar lainnya. Di kamar tersebut, sang pasien akan berbaring di atas granit yang datar, sedangkan asisten lainnya akan mengatur rancangan pengobatan yang sesuai untuk pasien.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Setelah itu, kamar akan dipenuhi musik terapi, kristal khusus akan diletakkan di pasien. Seluruh kamar penuh dengan wewangian yang lembut, terakhir akan tampak sebuah warna. Selanjutnya, pasien diminta merenung, agar energi pengobatan meresap ke dalam tubuh. Dengan demikian, semua indera yang ada akan sehat kembali, “warna” menyembuhkan indera penglihatan, “aroma tumbuh-tumbuhan” menyembuhkan indera penciuman, “musik yang merdu” menyembuhkan indera pendengaran, dan terakhir, “air murni” menyembuhkan indera perasa. Saat meditasi selesai, harus minum air dari tabung. Energinya sangat besar, bagaikan seberkas sinar, menyinari tubuh dari atas hingga ke bawah. Seluruh tubuh bagai telah terpenuhi. Teknik pengobatan selalu berkaitan dengan “medan magnet” dan “energi matahari” , sekaligus merupakan pengobatan secara fisik dan kejiwaan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Saat bayi masih dalam kandungan, sudah diberikan suara, musik serta bimbingan kecerdasan pada zaman itu. Semasa dalam kandungan, “orang pintar” akan memberikan pengarahan kepada orang tua sang calon anak. Sejak sang bayi lahir, orang tua merawat dan mendidiknya di rumah, menyayangi dan mencintai anak mereka. Di siang hari, anak-anak akan dititipkan di tempat penitipan anak, mendengar musik di sana, melihat getaran warna dan cerita-cerita yang berhubungan dengan cara berpikiran positif dan kisah bertema filosofis.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Di seluruh wilayah, setiap orang menerima pendidikan sejak usia 3 tahun. Mereka menerima pendidikan di dalam gedung bertingkat. Di depan gedung sekolah terdapat lambang pelangi, pelangi adalah lambang pusat bimbingan. Pelajaran utamanya adalah mendengar dan melihat. Sang murid santai berbaring atau duduk, sehingga ruas tulang belakang tidak mengalami tekanan. Metode lainnya adalah merenung, mata ditutup dengan perisai mata, dalam perisai mata ditayangkan berbagai macam warna. Pada kondisi merenung, metode visualisasi seperti ini sangat efektif. Bersamaan itu juga diberi pita kaset bawah sadar. Saat tubuh dan otak dalam keadaan rileks, pengetahuan mengalir masuk ke bagian memori otak besar. Ini merupakan salah satu metode belajar yang paling efektif, sebab ia telah menutup semua jalur informasi yang dapat mengalihkan perhatian. “Orang pintar” membimbing si murid, tergantung tingkat kemampuan menyerap sang anak, dan memudahkan melihat bakat tertentu yang dimilikinya. Dengan begini, setiap anak memiliki kesempatan yang sama mengembangkan potensinya.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Pemikiran maju yang positif dan frekwensi getaran merupakan kunci utama dalam masa belajar dan meningkatkan/mendorong wawasan sanubari terbuka. Semakin tinggi tingkat frekwensi getaran pada otak, maka frekwensi getaran pada jiwa semakin tinggi. Semakin positif kesadaran inheren, maka semakin mencerminkan kesadaran ekstrinsik maupun kesadaran terpendam. Ketika keduanya serasi, akan membuka wawasan dunia yang positif: Jika keduanya tidak serasi, maka orang akan hanyut pada keserakahan dan kekuasaan. Bagi orang Atlantis, mengendalikan daya pikir orang lain adalah cara hidup yang tak beradab, dan ini tidak dibenarkan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Dalam buku sejarah kami, kami pernah merasa tidak aman dan tenang. Karakter leluhur kami yang tak beradab masih saja mempengaruhi masyarakat kami waktu itu. Misalnya, memilih binatang untuk percobaan. Namun, kaidah inteligensi dengan keras melarang mencampuri kehidupan orang lain. Meskipun kita tahu ada risikonya, namun kita tidak boleh memaksa atau menghukum orang lain, sebab setiap orang harus bertanggung jawab atas perkembangan sanubarinya sendiri. Pada masyarakat itu, rasa tidak aman adalah demi untuk mendapatkan keamanan. Filsafat seperti ini sangat baik, dan sangat dihormati orang-orang ketika itu, ia adalah pelindung kami.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Saya tidak bersuami. Pada waktu itu, orang-orang tidak ada ikatan perkawinan. Jika Anda bermaksud mengikat seseorang, maka akan melaksanakan sebuah upacara pengikatan. Pengikatan tersebut sama sekali tidak ada efek hukum atau kekuatan yang mengikat, hanya berdasarkan pada perasaan hati. Kehidupan seks orang Atlantis sangat dinamis untuk mempertahankan kesehatan. Saya memutuskan hidup bersamanya berdasarkan kesan akan seks, inteligensi dan daya tarik. Di masa itu, seks merupakan sebuah bagian penting dalam kehidupan, seks sama pentingnya dengan makan atau tidur. Ini adalah bagian dari “keberadaan hidup secara keseluruhan”, lagi pula tubuh kami secara fisik tidak menampakkan usia kami, umumnya kami dapat hidup hingga berusia 200 tahun lamanya.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Ada juga yang orang berhubungan seks dengan hewan, atau dengan setengah manusia separuh hewan, misalnya, tubuh seekor kuda yang berkepala manusia. Di saat itu, orang Atlantis dapat mengadakan transplantasi kawin silang, demi keharmonisan manusia dan hewan pada alam, namun sebagian orang melupakan hal ini, titik tolak tujuan mereka adalah seks. Orang yang sadar mengetahui bahwa ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan pada masyarakat kami, orang-orang sangat cemas dan takut terhadap hal ini, tetapi tidak ada tindakan preventif. Ini sangat besar hubungannya dengan keyakinan kami, manusia memiliki kebebasan untuk memilih, dan seseorang tidak boleh mengganggu pertumbuhan inteligensi orang lain. Orang yang memilih hewan sebagai lawan main, biasanya kehilangan keseimbangan pada jiwanya, dan dianggap tidak matang.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Empat unsur pokok yakni: angin, air, api, dan tanah adalah yang paling fundamental dari galaksi dan bumi kami ini, basis materiil yang paling stabil. Mencoba menyatukan atau mengubah unsur pokok ini telah melanggar hukum alam. Ilmuwan bekerja dan hidup di bagian barat Atlantis, mereka “mengalah” pada keserakahan, demi kekuasaan dan kehormatan pribadi bermaksud “mengendalikan” 4 unsur pokok. Kini alam tahu, hal ini telah mengakibatkan kehancuran total. Mereka mengira dirinya di atas orang lain, mereka berkhayal sebagai tokoh Tuhan, ingin mengendalikan unsur pokok dasar pada bintang tersebut.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Ramalan “kiamat” pernah beredar secara luas, namun hanya orang yang pintar dan yang mengikuti jalan spritual yang tahu penyebabnya. Akhir dari peradaban kami hanya disebabkan oleh segelintir manusia! Ramalan mengatakan: “Bumi akan naik, Daratan baru akan muncul, semua orang mulai berjuang lagi. Hanya segelintir orang bernasib mujur akan hidup, mereka akan menyebar ke segala penjuru di daratan baru, dan kisah Atlantis akan turun-temurun, kami akan kembali ke masa lalu”. Menarik pelajaran, Lumba-lumba pernah memberitahu kami hari “kiamat” akan tiba, kami tahu saat-saat tersebut semakin dekat, sebab telah dua pekan tidak bertemu lumba-lumba. Mereka memberitahu saat kami akan pergi ke sebuah tempat yang tenang, dan menjaga bola kristal, lumba-lumba memberitahu kami dapat pergi dengan aman ke barat.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Banyak orang meninggalkan Atlantis mencari daratan baru. Sebagian pergi sampai ke Mesir, ada juga menjelang “kiamat” meninggalkan Atlantis dengan kapal perahu, ke daratan baru yang tidak terdapat di peta. Daratan-daratan ini bukan merupakan bagian dari peradaban kami, oleh karena itu tidak dalam perlindungan kami. Banyak yang merasa kecewa dan meninggalkan kami, aktif mencari lingkungan yang maju dan aman. Oleh karenanya, Atlantis nyaris tidak ada pendatang. Namun, setelah perjalanan segelintir orang hingga ke daratan yang “aneh”, mereka kembali dengan selamat. Dan keadaan negerinya paling tidak telah memberi tahu kami pengetahuan tentang kehidupan di luar Atlantis.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Saya masih tetap ingat hari yang terpanjang, hari terakhir, detik terakhir, bumi kandas, gempa bumi, letusan gunung berapi, bencana kebakaran. Lempeng bumi saling bertabrakan dengan keras. Bumi sedang mengalami kehancuran, orang-orang di dalam atap lengkung bangunan kristal bersikap menyambut saat kedatangannya. Jiwa saya sangat tenang. Sebuah gedung berguncang keras. Saya ditarik seseorang ke atas tembok, kami saling berpelukan. Saya berharap bisa segera mati. Di langit asap tebal bergulung-gulung, saya melihat lahar bumi menyembur, kobaran api merah mewarnai langit. Ruang dalam rumah penuh dengan asap, kami sangat sesak. Lalu saya pingsan, selanjutnya, saya ingat roh saya terbang ke arah terang. Saya memandang ke bawah dan terlihat daratan sedang tenggelam. Air laut bergelora, menelan segalanya. Orang-orang lari ke segala penjuru, jika tidak ditelan air dahsyat pasti jatuh ke dalam kawah api. Saya mendengar dengan jelas suara jeritan. Bumi seperti sebuah cerek air raksasa yang mendidih, bagai seekor binatang buas yang kelaparan, menggigit dan menelan semua buruannya. Air laut telah menenggelamkan daratan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Lewat ingatan Inggrid Benette, diketahui tingkat perkembangan teknologi bangsa Atlantis, berbeda sekali dengan peradaban kita sekarang, bahkan pengalamannya akan materiil berbeda dengan ilmu pengetahuan modern, sebaliknya mirip dengan ilmu pengetahuan Tiongkok kuno, berkembang dengan cara yang lain. Peradaban seperti ini jauh melampaui peradaban sekarang. Mendengarnya saja seperti membaca novel fiktif. Bandingkan dengan masa kini, kemampuan jiwa bangsa Atlantis sangat diperhatikan, bahkan mempunyai kemampuan supernormal, mampu berkomunikasi dengan hewan, yang diperhatikan orang sekarang adalah pintar dan berbakat, dicekoki berbagai pengetahuan, namun mengabaikan kekuatan dalam.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

“ Pikiran sekilas yang suci murni perlahan kehilangan warnanya, dan diselimuti oleh gelora nafsu iblis, maka orang-orang Atlantis yang layak menikmati keberuntungan besar itu mulai melakukan perbuatan tak senonoh, orang yang arif dapat melihat akhlak bangsa Atlantis yang makin hari makin merosot, kebajikan mereka yang alamiah perlahan-lahan hilang, tapi orang-orang awam yang buta itu malah dirasuki nafsu, tak dapat membedakan benar atau salah, masih tetap gembira, dikiranya semua atas karunia Tuhan .”

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Teori spekulatif yang lain tentang keberadaan Benua Atlantis, justru saling berseberangan satu sama lain. Dalam teori yang lain, Atlantis selalu dihubung-hubungkan dengan keberadaan UFO secara langsung. Dipercayai, oleh para pendukung keberadaan UFO, mahluk-mahluk ekstrateretial tersebut adalah manusia atlantis yang meninggalkan Bumi karena kehancuran massal. Mereka, dengan teknologi majunya, pindah ke Planet lain. Ada yang beranggapan mereka pindah ke Planet Mars, lalu pindah lagi ke Planet lain. Hal ini juga menerangkan Evolusi manusia yang berubah menjadi Alien. Dalam waktu ribuan tahun atau lebih lama lagi, Karena perkembangan teknologi yang amat pesat, kepala manusia menjadi lebih besar karena porsi otak yang mereka gunakan makin maksimal. Tubuh mereka menjadi lebih kurus karena, semakin maju teknologi, tidak ada lagi pekerjaan keras yang mereka kerjakan, mulut mereka mengecil karena konsumsi sudah lebih cepat dengan cara infus atau berbentuk pil. Mereka sesekali berkunjung ke Bumi untuk meneliti kehidupan yang telah ia tinggalkan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Menurut perhitungan versi Plato waktu tenggelamnya kerajaan Atlantis, kurang lebih 11.150 tahun yang silam. Plato pernah beberapa kali mengatakan, keadaan kerajaan Atlantis diceritakan turun-temurun. Sama sekali bukan rekaannya sendiri. Plato bahkan pergi ke Mesir minta petunjuk biksu dan rahib terkenal setempat waktu itu. Guru Plato yaitu Socrates ketika membicarakan tentang kerajaan Atlantis juga menekankan, karena hal itu adalah nyata, nilainya jauh lebih kuat dibanding kisah yang direkayasa.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

• Di tahun 1968, kepulauan Bimini di sekitar Samudera Atlantik di gugusan Pulau Bahama, laut tenang dan bening bagaikan kaca yang terang, tembus pandang hingga ke dasar laut. Beberapa penyelam dalam perjalanan kembali ke kepulauan Bimini, tiba-tiba ada yang menjerit kaget. Di dasar laut ada sebuah jalan besar! Beberapa penyelam secara bersamaan terjun ke bawah, ternyata memang ada sebuah jalan besar membentang tersusun dari batu raksasa. Itu adalah sebuah jalan besar yang dibangun dengan menggunakan batu persegi panjang dan poligon, besar kecilnya batu dan ketebalan tidak sama, namun penyusunannya sangat rapi, konturnya cemerlang.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

• Pada tahun 2005 Aryso Santos, seorang ilmuwan asal Brazil. Santos menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang ini disebut Indonesia. Dalam penelitiannya selama 30 tahun yang ditulis dalam sebuah buku “Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato’s Lost Civilization” dia menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia. Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

o Kantor berita Reuters melaporkan minggu ini bahwa Jim Allen, seorang penjelajah bangsa Inggris, yakin dia telah menemukan benua yang hilang itu. Kalau semula diperkirakan Atlantis hancur dan tenggelam ke dasar laut termasuk semua bangunan dan kebudayaannya yang sangat maju untuk waktu itu, seperti ditulis oleh ahli filsafat Yunani terkenal Plato dalam abad ke-4 sebelum Masehi, Jim Allen mengatakan, Atlantis terletak di sebuah dataran tinggi di Bolivia, 4,000 meter di atas permukaan laut. “Sudah tiba saatnya untuk menyatakan bahwa kota atau benua Atlantis itu letaknya di Bolivia,” kata Jim Allen dalam sebuah wawancara pers yang diadakan di ibukota Bolivia, La Paz. Kata Allen, kota Quillacas yang berpenduduk 1,000 orang, kira-kira 300 km sebelah selatan ibukota La Paz, adalah pusat benua Atlantis. Kota itu terletak di kawasan gunung api, dan rumah-rumah penduduk dibangun dengan menggunakan batu berwarna merah dan hitam, seperti yang dilaporkan oleh Plato 2,400 tahun yang lalu. Kata Allen, dataran tinggi dimana terdapat kota Quillacas itu, puluhan ribu tahun yang lalu terbenam dalam banjir yang disebabkan hujan lebat. Tapi yang paling menarik, katanya, di kawasan itu terdapat sedikitnya 50 karakteristik alam yang cocok dengan apa yang ditulis oleh Plato. Khususnya ditemukan sisa-sisa sebuah saluran irigasi yang lebarnya 200 meter, yang sesuai dengan deskripsi Plato. Dataran tinggi Bolivia itu mencakup 10 persen luas kawasan Bolivia dan merupakan dataran paling luas di seluruh dunia. Tempat itu diapit oleh pegunungan Andes, yang dibagian barat-nya hampir mencapai Lautan Pasifik. Sekitar 25,000 sampai 40,000 tahun yang lalu, dataran tinggi itu secara periodik kebanjiran sehingga tampak seperti danau sangat besar. Setelah banjir itu susut, tinggallah dua buah genangan air besar yang sekarang disebut Danau Poopo dan danau Titicaca. Sejak lama dongeng tentang benua Atlantis yang hilang itu telah menarik perhatian orang, dan ribuan buku telah ditulis tentangnya; ada yang seratus persen fantasi, dan ada yang berusaha membuktikannya lewat berbagai teori ilmu pengetahuan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Menurutnya, ukuran, geografi dan bentang alam Atlantis sama persis dengan Irlandia. Paling utama dalam teorinya ini adalah ukuran panjang dan lebar pulaunya sama, serta terdapat daratan di tengah pulau yang dikelilingi gunung-gunung. Menurutnya, cerita Plato memiliki 99,98 persen data geografis Irlandia. Dan bencana yang dimaksud Plato adalah tenggelamnya Dogger Bank akibat pasang yang luar biasa pada 6.100 tahun SM. Bukan hanya mengkaji secara geografi fisik, Ulf Erlingsson juga mencantumkan situs megalitik di Irlandia yang setara dengan monumen megalitik lainnya di Eropa dan Afrika Utara yang masuk dalam batas wilayah Atlantis menurut Plato. Kajian Erlingsson ini diterbitkan bulan September 2003 oleh Lindrom Publishing dengan judul ”Atlantis from a Geographer’s Perspective: Mapping the Fairy Land.”

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Setelah puluhan wilayah sebelumnya tidak juga memberi bukti valid, Indonesia kini disebut-sebut sebagai tempat Atlantis sesungguhnya, sebuah surga dunia yang tenggelam dalam waktu sehari semalam. Di antara begitu banyak pakar yang meyakini Atlantis berada di Indonesia adalah Profesor Arysio Santos. Geolog dan fisikawan nuklir asal Brasil ini melakukan penelitian selama 30 tahun untuk meneliti keberadaan Atlantis. Lewat bukunya, Atlantis: The Lost Continent Finally Found, Santos memberikan sejumlah paparan serta analisisnya. Santos menelusur lokasi Atlantis berdasarkan pendekatan ilmu geologi, astronomi, paleontologi, arkeologi, linguistik, etnologi, dan comparative mythology.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Hal ini cocok dengan spiritualitas di Indonesia yang pada dasarnya memuja dewi atau energi feminin, seperti Dwi Sri dan Nyi Roro Kidul (di Jawa) atau Bunda Kanduang (di Sumatera Barat, Bunda Kanduang dianggap sebagai simbol dari nilai-nilai moral dan Ketuhanan). Bahkan di Aceh pada masa lalu yang dikenal sebagai Serambi Mekkah pernah dipimpin 5 kali oleh Sultana (raja perempuan) sebelum masuk pengaruh kebudayaan dari Arab yang sangat maskulin. Sebelum itu di kerajaan Kalingga, di daerah Jawa Barat/Jawa Tengah sekarang, pernah dipimpin oleh Ratu Sima yang terkenal sangat bijak dan adil. Di dalam kebudayaan lain, kita sangat jarang mendengar bahwa penguasa tertinggi (baik spiritual atau politik adalah perempuan), kecuali di daerah yang sekarang disebut sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Ketiga, soal semburan lumpur akibat letusan gunung berapi yang abunya tercampur air laut menjadi lumpur. Endapan lumpur di laut ini kemudian meresap ke dalam tanah di daratan. Lumpur panas ini tercampur dengan gas-gas alam yang merupakan impossible barrier of mud (hambatan lumpur yang tidak bisa dilalui), atau in navigable (tidak dapat dilalui), tidak bisa ditembus atau dimasuki. Dalam kasus di Sidoarjo, pernah dilakukan remote sensing, penginderaan jauh, yang menunjukkan adanya sistim kanalisasi di wilayah tersebut. Ada kemungkinan kanalisasi itu bekas penyaluran semburan lumpur panas dari masa yang lampau.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Dugaan terkini tentang keberadaan Atlantis adalah daratan yang berada di Indonesia. Sebagian arkeolog dan ilmuwan Amerika Serikat bahkan meyakini benua Atlantis dulunya adalah sebuah pulau besar bernama Sunda Land atau Summa Terra Land, Wilayah yang kini ditempati Sumatera, Jawa dan Kalimantan yang sekitar 11.600 tahun silam daratan-daratan ini masih merupakan kontinen yang sangat besar. Benua ini perlahan-lahan tenggelam dan terpisah seiring dengan berakhirnya zaman es. Teori ini diangkat ke permukaan dalam ‘International Symposium on The Dispersal of Austronesian and The Ethnogeneses of The People in Indonesian Archipelago’ yang dihelat 28-30 Juni 2005, di Solo. Hipotesa itu berdasarkan pada kajian ilmiah seiring makin mutakhirnya pengetahuan tentang arkeologimolekuler. Disebutkan lagi, Pulau Natuna dan Penduduknya merupakan sisa-sisa terpenting yang berkaitan dengan Atlantis. Berdasarkan kajian Biomolekuler, Penduduk Asli Natuna memiliki gen yang mirip dengan bangsa Austronesia tertua yang diyakini bangsa ini memiliki kebudayaan tinggi seperti yang dinisbatkan Plato dalam mitologi yang ia kemukakan.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Dalam teori yang lain yang mendukung Atlantis berada di Indonesia mengemukakan, Penduduk Atlantis terbagi dua, keturunan minoritas bangsa lemuria yang berkulit putih, tinggi, bermata biru dan berambut pirang yang merupakan nenek moyang suku bangsa Arya dan dipercaya memiliki garis keturunan Bangsa Pleides, sedangkan penduduk yang lain berkulit coklat/gelap, relatif pendek, bermata coklat dan berambut hitam memiliki garis keturunan Bangsa Mu/Lemuria/Pasifika. Pada waktu itu, Bangsa luar angkasa (Bangsa Pleides) sudah berhubungan baik dengan penduduk Bumi. Mereka umumnya dianggap sebagai Dewa karena kemampuannya jauh di atas penduduk Atlantis.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Hal ini dihubung-hubungkan dengan Hastinapura (Bahasa Sansekerta untuk Atlantis) tepatnya disekitar wilayah Suma Terra (Sumatra) atau disebut juga Swarnabhumi atau Land of Taprobane, ditengah-tengah 2 pillar penyangga : Gunung Krakatoa dan Gunung Toba, dua gunung yang super besar. Atlantis hancur karena konflik internal para penguasa yang luluh lantak karena peperangan super modern dengan menggunakan teknologi tinggi (nuklir) berikut senjata-senjata pemberian bangsa Pleides. Senjata tersebut memiliki daya hancur masal yang dimiliki oleh para pemimpin-pemimpin Atlantis, yang pada akhirnya memicu ketidakstabilan pada alam.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Peristiwa besar itu, yang dimenangi oleh Pandawa, tetap saja mengakibatkan alam menjadi tidak seimbang yang pada akhirnya terjadi letusan besar dari 2 gunung super volcano (2 pillar) yang mengapit mereka, yang memusnahkan Penduduk Atlantis secara global, yaitu Gunung Krakatoa dan Gunung Toba. Danau Toba, danau terluas di atas ketinggian seribu meter dari permukaan air, adalah kaldera raksasa yang di asumsikan sebagai sisa-sisa dari Gunung raksasa tersebut. Ledakan itu menyebabkan gelombang Tsunami yang dahsyat sehingga menghapus semua kebudayaan yang pernah berdiri di Summa Terra. Tersapu dan di hempaskan ke seluruh bagian dunia hingga terhisap ke dasar Lautan Atlantik.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Sebagian kecil penduduk yang selamat sebagian besar lari ke arah barat (melalui India, Alengka (Srilangka)) dan menjadi Ras Arya. Sebagian kecil ke arah timur dan menjadi Bangsa Oceania dan Indian. Sayangnya bagian kecil penduduk yang selamat adalah penduduk-penduduk yang ada di lingkar luar yang jauh dari pusat Atlantis. Sehingga kesinambungan teknologi tiba-tiba berhenti dan kembali ke masa Pra-Sejarah. Mereka hanya mewariskan kisah-kisah ini ke keturunan mereka yang kemudian di adaptasikan dengan perkembangan kebudayaan setempat. Kisah-kisah ini yang kemudian mengilhami pemahaman kepercayaan yang dianut oleh penduduk bumi sebagai tuntunan dan pedoman hidup agar tidak terjadi lagi kehancuran yang berakibat musnahnya peradaban manusia untuk kesekian kali.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Sejak saat itu, Bangsa Pleides (Mahluk Luar Angkasa) memutuskan untuk tidak ikut campur dalam perkembangan manusia saat ini, karena kemunculannya disetiap kebudayaan sebagai campur tangan mereka terhadap proses pendewasaan manusia bumi yang diikuti dengan alih teknologi malah mengakibatkan kehancuran. Di anggap manusia bumi belum siap menerima teknologi yang mereka sampaikan dengan menyalahgunakannya. Campur tangan tersebut juga tenyata berdampak pada pemujaan berlebihan dan menganggap mereka sebagai Dewa yang pada akhirnya menyingkirkan hakikat Tuhan. Saat ini mereka hanya mengamati dan sesekali datang mengunjungi kita yang penampakannya sering disebut-sebut dengan UFO (Unidentified Flaying Object) atau Alien. Kemunculan UFO yang seringkali dilaporkan di Dunia Barat (Amerika dan Eropa) juga dianggap mereka sedang mengobservasi bagian sisi kebudayaan yang paling maju seperti yang mereka lakukan di kebudayaan-kebudayaan terdahulu.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Menurut Santos, tidak kunjung ditemukannya jejak Atlantis karena orang-orang mencari di tempat yang salah. Mereka seharusnya mencari lokasi tersebut di Indonesia karena berbagai bukti yang kuat mendukung hal tersebut. Pendapat Santos ini memang masih diperdebatkan mengingat hingga kini belum ada ekspedisi khusus untuk mencari lokasi Atlantis di kepuluan Indonesia. Dalam keyakinan Santos, Atlantis merupakan benua yang membentang dari bagian selatan dari India bagian selatan, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Paparan Sunda.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Santos meyakini benua menghilang akibat letusan beberapa gunung berapi yang terjadi bersamaan pada akhir zaman es sekira 11.600 tahun lalu. Di antara gunung besar yang meletus zaman itu adalah Gunung Krakatau Purba (induk Gunung Krakatau yang meletus pada 1883) yang konon letusannya sanggup menggelapkan seluruh dunia. Letusan gunung berapi yang terjadi bersamaan ini menimbulkan gempa, pencairan es, banjir, serta gelombang tsunami sangat besar. Saat gunung berapi itu meletus, ledakannya membuka Selat Sunda. Peristiwa itu juga mengakibatkan tenggelamnya sebagian permukaan bumi yang kemudian disebut Atlantis.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Bencana mahadahsyat ini juga mengakibatkan punahnya hampir 70 persen spesies mamalia yang hidup pada masa itu, termasuk manusia. Mereka yang selamat kemudian berpencar ke berbagai penjuru dunia dengan membawa peradaban mereka di wilayah baru. “Kemungkinan besar dua atau tiga spesies manusia seperti ‘hobbit’ yang baru-baru ini ditemukan di Pulau Flores musnah dalam waktu yang hampir sama,” tulis Santos. Sebelum terjadinya bencana banjir itu, beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Nusa Tenggara diyakini masih menyatu dengan semenanjung Malaysia serta Benua Asia.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Berdasarkan cerita Plato, Atlantis merupakan negara makmur yang bermandi matahari sepanjang waktu. Dasar inilah yang menjadi salah satu teori Santos mengenai keberadaan Atlantis di Indonesia. Perlu dicatat bahwa Atlantis berjaya saat sebagian besar dunia masih diselimuti es di mana temperatur bumi kala itu diperkirakan lebih dingin 15 derajat Celsius daripada sekarang. Wilayah yang bermandi sinar matahari sepanjang waktu pastilah berada di garis khatulistiwa dan Indonesia memiliki prasyarat untuk itu. Dalam cerita yang dituturkan Plato, Atlantis juga digambarkan menjadi pusat peradaban dunia dari budaya, kekayaan alam, ilmu/teknologi, bahasa, dan lain-lain.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Plato juga menceritakan negara Atlantis yang kaya dengan bahan mineral serta memiliki sistem bercocok tanam yang sangat maju. Merujuk cerita Plato, wilayah Atlantis haruslah berada di daerah yang diyakini beriklim tropis yang memungkinkan adanya banyak bahan mineral dan pertanian yang maju karena sistem bercocok tanam yang maju hanya akan tumbuh di daerah yang didukung iklim yang tepat seperti iklim tropis. Kekayaan Indonesia termasuk rempah-rempah menjadi kemungkinan lain akan keberadaan Atlantis di wilayah Nusantara ini. Kemasyhuran Indonesia sebagai surga rempah dan mineral bahkan kemudian dicari-cari Dunia Barat.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Menurut Santos, pulau-pulau di Indonesia yang mencapai ribuan itu merupakan puncak-puncak gunung dan dataran-dataran tinggi benua Atlantis yang dulu tenggelam. Satu hal yang ditekankan Santos adalah banyak peneliti selama ini terkecoh dengan nama Atlantis. Mereka melihat kedekatan nama Atlantis dengan Samudera Atlantik yang terletak di antara Eropa, Amerika dan Afrika. Padahal pada masa kuno hingga era Christoper Columbus atau sebelum ditemukannya Benua Amerika, Samudra Atlantik yang dimaksud adalah terusan Samudra Pasifik dan Hindia.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Sekali lagi Indonesia memiliki syarat untuk itu karena Indonesia berada di antara dua samudera tersebut. Jika terdapat begitu banyak kemungkinan Indonesia menjadi lokasi sesungguhnya Atlantis lalu, mengapa selama ini nama Indonesia jarang disebut-sebut dalam referensi Atlantis? Santos menilai keengganan Dunia Barat melakukan ekspedisi ataupun mengakui Indonesia sebagai wilayah Atlantis adalah karena hal itu akan mengubah catatan sejarah tentang siapa penemu perdaban. Dengan adanya sejumlah bukti mengenai keberadaan Atlantis di Indonesia maka teori yang mengatakan Barat sebagai penemu dan pusat peradaban dunia akan hancur.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

“Kenyataan Atlantis (berada di Indonesia) kemungkinan besar akan mengakibatkan perlunya revisi besar-besaran dalam ilmu humaniora, seperti antropologi, sejarah, linguistik, arkelogi, evolusi, paleantropologi dan bahkan mungkin agama,” tulis Santos dalam bukunya. Selain Santos, banyak arkeolog Amerika Serikat yang juga meyakini Atlantis adalah sebuah pulau besar bernama Sunda Land yang luasnya dua kali negara India. Daratan itu kini tinggal Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Salah satu pulau di Indonesia yang kemungkinan bisa menjadi contoh terbaik dari keberadaan sisa-sisa Atlantis adalah Pulau Natuna, Riau.

seperti di kutip dari https://meiharls.blogspot.com

Berdasarkan penelitian, gen yang dimiliki penduduk asli Natuna mirip dengan bangsa Austronesia tertua. Rumpun bangsa Austronesia yang menjadi cikal bakal bangsa-bangsa Asia merupakan sebuah fenomena besar dalam sejarah keberadaan manusia. Rumpun ini kini tersebar dari Madagaskar di barat hingga Pulau Paskah di Timur. Rumpun bangsa ini juga melahirkan 1.200 bahasa yang kini tersebar di berbagai belahan bumi dan dipakai lebih dari 300 juta orang. Yang menarik, 80 persen dari rumpun penutur bahasa Austronesia tinggal di Kepulauan Nusantara Indonesia. Namun, pendapat Santos dkk yang meyakini bahwa Atlantis berada di Indonesia ini masih harus dikaji karena kurang dilengkapi bukti-bukti.


Baca juga : Estonia

Estonia ( bahasa Estonia : Eesti ), resminya Republik Estonia ( bahasa Estonia : Eesti Vabariik ), adalah sebuah negara berdaulat di kawasan Baltik di Eropa Utara . Estonia berbatasan dengan Teluk Finlandia di utara , dengan Laut Baltik di barat , dengan Latvia dan Teluk Riga di selatan (343 km), dan Danau Peipus (Peipsi) dan Rusia di timur (338,6 km). [7] Di seberang barat Laut Baltik terletak Swedia , sedangkan di utaranya terdapat Finlandia . Sejak tanggal 21 Desember 2007, Estonia turut meratifikasi Perjanjian Schengen 1985 , yakni perjanjian yang dibuat oleh sejumlah negara Eropa untuk menghapuskan pengawasan perbatasan di antara mereka. Wilayah Estonia seluas 45.227 km 2 (17.462 sq mi), dan dipengaruhi oleh iklim sedang . Bangsa Estonia tergolong orang Fin Baltik , dan bahasa resminya adalah bahasa Esti yang serumpun dengan bahasa Suomi .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia berbentuk republik dengan corak demokrasi parlementer dan dibagi ke dalam 15 county (setara kabupaten). Kota terbesar sekaligus pusat pemerintahan Estonia adalah Tallinn . Dengan populasi sejumlah 1,34 juta jiwa, Estonia menjadi salah satu negara berpenduduk tersedikit di Uni Eropa , Zona Euro , dan NATO . Kini, Estonia memiliki produk domestik bruto per kapita yang tinggi di antara bekas republik-republik Soviet . [8] Estonia terdaftar sebagai Ekonomi Berpendapatan Tinggi ( High-Income Economy ) oleh Bank Dunia , sebagai Ekonomi Maju ( Advanced Economy ) oleh Dana Moneter Internasional dan anggota OECD berpendapatan tinggi. Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan Estonia sebagai negara maju dengan Indeks Pembangunan Manusia yang “Sangat Tinggi”. [9] Negara ini juga berperingkat tinggi dalam hal kebebasan pers , ekonomi , demokrasi dan politik , dan pendidikan .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Masyarakat yang pertama disebut-sebut menghuni wilayah yang kini menjadi Estonia adalah suku Aesti , demikian menurut sejarawan Romawi Kuno , Tacitus , di dalam bukunya yang berjudul Germania (kira-kira 98 M). Tacitus menuliskan istilah-istilah mereka untuk batu ambar dalam bentuk yang dilatinkan, glesum (dari bahasa Latvi glīsas ). Inilah satu-satunya kata dari bahasa mereka yang terekam dari zaman kuno. Meskipun demikian, suku Aesti pada umumnya dipandang sebagai nenek moyang orang Baltik . [14] [15] [16]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Zaman Besi lebih bermasalah dan dikuasai oleh peperangan diikuti dengan bahaya-bahaya dari luar wilayah yang berasal dari suku-suku Baltik , yang menyerang melintasi perbatasan darat selatan, dan dari seberang lautan. Beberapa saga Skandinavia menuliskan kampanye pembalasan melawan Estonia. Pembajak Estonia menjalankan serbuan melawan Viking . “Perompak pagan” yang menjarah kota kecil Sigtuna (kini termasuk Swedia ) pada permulaan Zaman Pertengahan, pada tahun 1187, adalah orang Estonia. [17]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada abad ke-1 M, pembagian politik dan administratif mulai dilakukan di Estonia. Dua pembagian wilayah yang besar muncul: provinsi (bahasa Esti: kihelkond ) dan tanah (bahasa Esti: maakond ). Provinsi terdiri dari beberapa desa atau wilayah-tetua. Hampir semua provinsi memiliki minimal satu benteng . Pertahanan daerah setempat dipimpin oleh petugas tertinggi, raja atau tetua . Pada abad ke-13 tanah-tanah besar berikutnya juga dikembangkan di Estonia: Revala , Harju , Saare , Hiiu , Lääne , Alempois , Sakala , Ugandi , Jogentagana , Soopoolitse , Vaiga , Mõhu , Nurmekund , Järva , dan Virumaa . [18]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tahun 1228, setelah Perang Salib Livonia, hingga dasawarsa 1560-an, Estonia menjadi bagian dari Terra Mariana , yang dibentuk pada tanggal 2 Februari 1207 [20] sebagai sebuah kepangeranan Kekaisaran Romawi Suci [21] dan diproklamasikan oleh Paus Innosensius III pada tahun 1215 sebagai subjek (wilayah bawahan) Tahta Suci . [22] Bagian selatan negara ini ditaklukkan oleh Persaudaraan Pedang Livonia yang menggabungi Ksatria Teuton pada tahun 1237 dan menjadi cabangnya yang dikenali sebagai Ordo Livonia . Di bagian utara negara ini dibentuk Kadipaten Estonia [23] sebagai sebuah dominion langsung Raja Denmark dari tahun 1219 sampai tahun 1346 ketika wilayah itu dijual kepada Ksatria Teuton dan menjadi bagian dari Ordenstaat . [24] Pada tahun 1343, masyarakat Estonia Utara dan Saaremaa memberontak melawan kekuasaan Jerman dalam Pemberontakan Malam Santo George , yang berhasil dipadamkan pada tahun 1345.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Reformasi di Eropa resminya dimulai pada tahun 1517 oleh Martin Luther (1483–1546) dan 95 dalilnya . Reformasi ini menghasilkan perubahan besar di wilayah Baltik . Gagasan-gagasan yang masuk ke dalam Konfederasi Livonia sangatlah cepat dan pada dasawarsa 1520-an mereka cukup terkenal. Bahasa, pendidikan, agama, dan politik bertransformasi besar-besaran. Pelayanan gereja disajikan menggunakan bahasa daerah , tidak lagi bahasa Latin , yang sebelumnya digunakan. [27] Dalam Perang Livonia pada tahun 1561, Estonia Utara berada di bawah kendali Swedia. Estonia Selatan pada dasawarsa 1560-an berbentuk Kadipaten Livonia yang otonom dalam Persemakmuran Polandia-Lituania di bawah pengawasan gabungan Mahkota Kerajaan Polandia dan Kadipaten Agung Lituania , terdiri dari dua kepangeranan Estonia sekarang: Kepangeranan Dorpat (daerah Tartu ) dan Kepangeranan Parnawa (daerah Pärnu ). Pada tahun 1629, daratan besar Estonia seluruhnya menjadi berada di bawah kekuasaan Swedia. Estonia secara administratif dibagi menjadi Provinsi Estonia di utara dan Livonia di selatan Estonia dan utara Latvia , sebuah pembagian wilayah yang masih bertahan hingga permulaan abad ke-20.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Setelah menyerahnya Estonia dan Livonia pada Perang Utara Besar , Kekaisaran Swedia kehilangan Estonia yang menjadi milik Rusia berdasarkan Perjanjian Nystad . Tetapi, kelas atas dan menengah-atas masih dikuasai oleh Jerman Baltik . Perang sangat mengurangi populasi Estonia, tetapi kemudian pulih kembali dengan cepat. Meskipun hak-hak petani pada awalnya diperlemah, perbudakan dihapuskan pada tahun 1816 di Provinsi Estonia dan pada tahun 1819 di Livonia . Setelah Revolusi Rusia , Tallinn berada di bawah kendali Soviet sampai tanggal 24 Februari 1918, ketika kemerdekaan Estonia diumumkan.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sebagai hasil dari penghapusan perbudakan dan ketersediaan pendidikan bagi penduduk asli yang tidak berbahasa Estonia, gerakan aktif nasionalis Estonia didirikan pada abad ke-19. Gerakan ini bermula pada tataran budaya, hasilnya adalah pendirian kesusasteraan bahasa Estonia, teater, dan musik profesional dan membuka jalan bagi pembentukan jatidiri kebangsaan Estonia dan kebangkitan nasional Estonia . Di antara para pemimpin pergerakan adalah Johann Voldemar Jannsen , Jakob Hurt , dan Carl Robert Jakobson .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Nasib Estonia pada Perang Dunia II ditentukan oleh Pakta Non-agresi Jerman–Soviet dan Protokol Tambahan Rahasia pada bulan Agustus 1939. Perkiraan jumlah korban Perang Dunia II di Estonia sebesar 25% populasi, merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa. Korban tewas akibat perang dan pendudukan ditaksir sejumlah 90.000 jiwa. Ini termasuk pengusiran Soviet pada tahun 1941, pengusiran Jerman dan korban Holocaust . [29] Perang Dunia II dimulai dengan penyerbuan dan pemecahan beruntun sekutu kawasan penting Estonia – Polandia , melalui operasi gabungan Jerman Nazi dan Uni Soviet .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tanggal 24 September 1939, beberapa kapal perang Angkatan Laut Uni Soviet merapat ke pelabuhan-pelabuhan Estonia dan pesawat pengebom Soviet mulai ber patroli di langit Tallinn dan perkampungan yang mengelilinginya. [32] Pemerintah Republik Estonia dipaksa menyetujui sebuah perjanjian yang membolehkan Uni Soviet mendirikan pangkalan militer dan menempatkan 25.000 serdadu di daratan Estonia untuk “pertahanan bersama”. [33] Pada tanggal 12 Juni 1940, perintah untuk mengadakan blokade militer total terhadap Estonia diberikan kepada Armada Baltik Soviet. [34] [35]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tanggal 14 Juni 1940, sementara perhatian dunia sedang memusat pada jatuhnya Paris ke tangan Jerman Nazi sehari sebelumnya, blokade militer Soviet terhadap Estonia mulai berlaku, dua pesawat pengebom milik Soviet berhasil menembak jatuh pesawat penumpang milik Finlandia ” Kaleva ” yang terbang dari Tallinn menuju Helsinki mengangkut tida paket (bungkusan) diplomatik dari kedutaan Amerika Serikat di Tallinn , Riga , dan Helsinki . [36] Pada tanggal 16 Juni 1940, Uni Soviet menyerbu Estonia. [37] Tentara Merah keluar dari pangkalan militer mereka di Estonia pada tanggal 17 Juni. [38] Keesokan harinya, kira-kira 90.000 serdadu tambahan memasuki negara ini. Untuk menghadapi tentara Soviet yang melimpah ruah, Pemerintah Estonia menyerah pada tanggal 17 Juni 1940 untuk mencegah pertumpahan darah. [39]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sebagian besar Militer Estonia menyerah atas dasar komando Pemerintah Estonia yang percaya bahwa bersikeras bertahan tidaklah berguna dan bahkan akan dilucuti oleh Tentara Merah. [41] [42] Hanya Batalion Sinyal Independen Estonia yang tetap bersiaga di Tallinn di Jalan Raua yang menunjukkan sikap pertahanannya terhadap Tentara Merah dan Milisi Komunis yang disebut “Bela Diri Rakyat” [43] pada tanggal 21 Juni 1940. [44] Ketika Tentara Merah dibawa dalam penambahan kekuatan yang didukung oleh enam kendaraan tempur lapis baja , pertempuran berlangsung selama beberapa jam hingga matahari terbenam. Pada akhirnya pertahanan militer diberhentikan dengan negosiasi dan Batalion Sinyal Independen menyerah dan dilucuti. [45] Ada dua petugas Estonia yang tewas, Aleksei Männikus dan Johannes Mandre, dan beberapa lainnya terluka di pihak Estonia dan kira-kira 10 tewas dan lebih banyak terluka di pihak Soviet. [46] [47] Milisi Soviet yang turut serta dalam pertempuran ini dipimpin oleh Nikolai Stepulov . [48]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tanggal 6 Agustus 1940, Estonia secara tidak sah diambil-alih oleh Uni Soviet sebagai Republik Sosialis Soviet Estonia . [49] Peralihan konstitusi Estonia yang memerlukan referendum untuk menentukan penggabungan dengan satuan supra-nasional ternyata diabaikan. Sebagai gantinya, pemungutan suara untuk menggabungi Uni Soviet justru diselenggarakan dalam pemilihan palsu yang dilakukan sebulan sebelumnya. Selain itu, mereka yang gagal menunaikan “tugas politik” mereka untuk memberikan suara dukungan bagi penggabungan Estonia ke dalam Uni Soviet, khususnya mereka yang gagal mendapatkan pengesahan paspor mereka untuk ikut memilih, divonis mati oleh pengadilan Soviet. [50] Penindasan dilanjutkan dengan pengusiran besar-besaran yang dilaksanakan Soviet di Estonia pada tanggal 14 Juni 1941. Ada banyak cendekiawan dan pimpinan politik Estonia yang terbunuh atau terusir ke tempat yang jauh di Uni Soviet oleh penguasa Soviet pada tahun 1940–1941. Penindasan juga ditujukan kepada ribuan rakyat biasa.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Politisi Rusia kontemporer menolak bahwa Republik Estonia diambil-alih secara tidak sah oleh Uni Soviet pada tahun 1940. Mereka menyatakan bahwa serdadu Soviet memasuki Estonia pada tahun 1940 setelah melewati perjanjian-perjanjian dan atas dasar persetujuan Pemerintah Republik Estonia, terlepas dari bagaimana tindakan mereka ditafsirkan pada masa kini. Mereka tetap bersikukuh bahwa Uni Soviet tidak dalam keadaan perang dan tidak mengobarkan tindakan-tindakan peperangan dalam bentuk apapun di wilayah Estonia; oleh karenanya upaya-upaya pendudukan dianggap tidak pernah ada. Versi resmi Soviet (lama) dan Rusia (baru) sama-sama menyatakan bahwa pihak Estonia secara sukarela menyerahkan status kenegaraan mereka kepada Soviet. Para pejuang kebebasan pada tahun 1944–1976 dijuluki sebagai ” bandit ” atau ” nazi “. Kedudukan Rusia atas Estonia tidak mendapat pengakuan dunia internasional. [53]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Setelah Jerman menyerang Uni Soviet pada tanggal 22 Juni 1941, Wehrmacht mampu mencapai Estonia dalam beberapa hari. Angkatan Darat German menyeberangi perbatasan Estonia di selatan pada tanggal 7 Juli. Tentara Merah mundur ke belakang jalur Sungai Pärnu – Emajõgi pada tanggal 12 Juli. Pada akhir bulan Juli, pasukan Jerman melanjutkan kembali penyusupan mereka ke Estonia, bahu membahu dengan Persaudaraan Hutan Estonia. Baik serdadu Jerman maupun partisan Estonia mengambil alih Narva pada tanggal 17 Agustus dan ibu kota Estonia, Tallinn, pada tanggal 28 Agustus. Setelah Soviet berhasil diusir dari Estonia, serdadu German melucuti semua kelompok partisan. [54]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Keadaan ini membuat banyak orang Estonia, karena enggan menyertai Nazi, menggabungi Angkatan Darat Finlandia untuk berjuang melawan Uni Soviet. Resimen Infantri Finlandia 200 (bahasa Esti: soomepoisid ) dibentuk, beranggotakan sukarelawan Estonia di Finlandia. Meskipun ada banyak orang Estonia yang direkrut ke dalam angkatan bersenjata Jerman (termasuk Infantri Estonia SS ), mayoritas melakukan hal ini hanya pada tahun 1944 ketika ancaman penyerangan baru Estonia oleh Tentara Merah kian dekat dan jelaslah bahwa Jerman Nazi tidak mampu memenangi perang. [55]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada bulan Januari 1944, barisan tersebut dipukul mundur oleh Tentara Merah mendekati bekas perbatasan Estonia. Narva diungsikan. Jüri Uluots , perdana menteri terakhir Republik Estonia yang diakui (menurut Konstitusi Estonia ) sebelum kejatuhannya di hadapan Uni Soviet pada tahun 1940, mengirimkan pesan radio yang meminta kepada seluruh pria yang berkemampuan yang memiliki tahun kelahiran 1904 sampai 1923 untuk ikut ambil bagian dalam tugas kemiliteran (Sebelum ini, Jüri Uluots menolak penggerakan massal orang Estonia.) Panggilan ini menuai dukungan yang luas dari antero negara ini: 38.000 sukarelawan mendatangi pusat-pusat pendaftaran. [56]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Dalam menghadapi negara yang diduduki kembali oleh Tentara Merah, puluhan ribu orang Estonia (termasuk sebagian besar pakar pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, politik, dan sosial) (ditaksir sebanyak 80.000 orang) memilih mundur bersama-sama Jerman atau hijrah ke Finlandia atau Swedia . Pada tanggal 12 Januari 1949, Dewan Menteri Uni Soviet mengeluarkan dekret “tentang pengusiran dan pengasingan” dari negara-negara Baltik bagi “semua kulak dan keluarga mereka, keluarga para bandit dan nasionalis”, dan lain-lain. [58]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Lebih dari 200.000 orang diduga terusir dari kawasan Baltik pada rentang tahun 1940–1953. Selain itu, paling sedikit 75.000 dikirim ke Gulag . Lebih dari 10% penduduk dewasa Baltik diusir atau dikirim ke perkampungan buruh Soviet . [58] Menanggapi kesinambungan pemberontakan melawan kekuasaan Soviet, [59] lebih dari 20.000 orang Estonia dibuang ke perkampungan buruh atau Siberia (lihatlah Gulag ). [60] Dalam beberapa pekan berikutnya, hampir semua rumah tangga di pedesaan dikolektivisasi .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Setengah jumlah orang yang terusir tewas, setengah lainnya tidak diizinkan untuk kembali ke tempat asal mereka hingga permulaan dasawarsa 1960-an (setelah kematian Stalin). Berbagai macam penindasan yang dilakukan militer Soviet pada tahun 1940–1941 dan setelah pendudukan kembali menyulut perang gerilya melawan Otoritas Soviet di Estonia yang dilaksanakan pada permulaan dasawarsa 1950-an oleh ” persaudaraan hutan ” ( metsavennad ) yang sebagian besarnya terdiri dari veteran Estonia yang pernah menggabungi militer Jerman dan Finlandia ditambah dengan beberapa masyarakat biasa. [62] Kerusakan material yang disebabkan oleh perang dunia dan dilanjutkan dengan campur tangan Soviet secara signifikan telah memperlambat pertumbuhan ekonomi Estonia, yang memperlebar kesenjangan ekonomi dibandingkan dengan negara-negara tetangganya, Finlandia dan Swedia. [63]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Militerisasi adalah aspek lain dari rezim Soviet. Bagian-bagian besar dari negara ini, khususnya di kawasan pesisir adalah terbatas bagi semua pihak, kecuali militer Soviet. Sebagian besar pantai dan semua pulau (termasuk Saaremaa dan Hiiumaa ) dinyatakan sebagai “zona perbatasan”. Orang yang bukan penduduk setempat dilarang mengunjungi kawasan ini tanpa izin. Tempat penyiagaan militer tertutup yang terkenal di kawasan ini adalah kota Paldiski yang sama sekali terlarang bagi akses umum. Kota ini memiliki basis dukungan bagi kapal selam Armada Baltic Soviet dan beberapa pangkalan militer yang besar, termasuk pusat pelatihan kapal selam nuklir yang dilengkapi pesawat model berskala penuh kapal selam nuklir dengan reaktor nuklir aktif. Bangunan-bangunan reaktor Paldiski diambil-alih oleh Estonia pada tahun 1994 setelah serdadu terakhir Soviet meninggalkan negara ini. [64] [65] Imigrasi adalah dampak lain dari pendudukan Soviet. Ratusan ribu kaum migran dikembalikan ke Estonia dari bagian-bagian lain Uni Soviet untuk membantu industrialisasi dan militerisasi, yang menyumbangkan bertambahnya penduduk negara ini sebesar setengah juta jiwa dalam waktu 45 tahun. [66]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Amerika Serikat , Britania Raya , Perancis , Italia , dan mayoritas negara demokrasi di Barat memandang the pencaplokan Estonia oleh Uni Soviet melanggar hukum internasional. Mereka yang memelihara hubungan diplomatik dengan perwakilan Republik Estonia yang merdeka, tidak pernah mengakui secara de jure keujudan Republik Sosialis Soviet Estonia , dan tidak pernah mengakui Estonia sebagai entitas yang sah dari Uni Soviet. [67] Pulihnya kemerdekaan Estonia menjadi mungkin ketika Uni Soviet menghadapi tantangan-tantangan rezim dalam negeri, kehilangan kendalinya atas imperium perluasan. Seiring berjalannya dasawarsa 1980-an, bermulalah pergerakan yang menuntut otonomi bagi Estonian. Pada periode awal tahun 1987–1989, sebagian kemerdekaan ekonomi mulai dicapai, tetapi ketika Uni Soviet semakin melemah, dan semakin terang benderang bahwa tidak pernah ada jalan pintas bagi kemerdekaan penuh yang dapat dilakukan, maka negara ini menempuh jalan ke arah penentuan nasib sendiri.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tahun 1989, selama berlangsungnya ” Revolusi Bernyanyi “, di sebuah demonstrasi tengara yang menuntut kemerdekaan penuh, yang disebut Rantai Baltik berupa sebanjar lebih dari dua juta orang, membentuk jalur yang melalui Lituania , Latvia , dan Estonia. Tiga bangsa ini memiliki pengalaman yang sama tentang hal pendudukan wilayah, dan tuntutan yang sama untuk memperoleh kemerdekaan. Pernyataan Kedaulatan Estonia diumumkan pada tanggal 16 November 1988 [68] dan kemerdekaan resmi dinyatakan pada tanggal 20 Agustus 1991, melembagakan kembali negara merdeka sebelum tahun 1940, bersamaan waktu dengan percobaan kudeta militer Soviet di Moskwa . Uni Soviet mengakui kemerdekaan Estonia pada tanggal 6 September 1991. Negara pertama yang mengakui pemulihan kemerdekaan Estonia secara diplomatik adalah Islandia . Serdadu terakhir Rusia beranjak dari negara ini pada tanggal 31 Agustus 1994.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Perbatasan darat Estonia dengan Latvia sepanjang 267 kilometer; dengan Rusia sepanjang 290 kilometer. Dari tahun 1920 sampai 1945, perbatasan Estonia dengan Russia, ditentukan oleh Traktat Perdamaian Tartu 1920, melintasi Sungai Narva di timur-laut dan melintasi kota Petseri di tenggara. Wilayah ini, seluas 2.300 km², digabungkan ke dalam Rusia oleh Stalin pada akhir Perang Dunia II . Untuk alasan inilah perbatasan antara Estonia dan Rusia masih belum terdefinisi dengan baik hingga kini.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia terletak di pesisir timur Laut Baltik , melintasi Teluk Finlandia dari Finlandia , di bagian barat-laut serambi timur Eropa, antara 57,3° sampai 59,5° LU dan 21,5° sampai 28,1° BT. Wilayah Estonia sedikit lebih luas daripada Swiss , sebagian besar datar dengan sedikit variasi lekukan. Rata-rata ketinggian hanya mencapai 50 m dan titik tertinggi negara ini adalah Suur Munamägi di tenggara pada 318 m. Ada sepanjang 3.794 km garis pantai yang ditandai oleh beberapa pantai, selat, dan teluk. Banyaknya pulau besar dan pulau kecil adalah sejumlah 1.500 buah. Dua di antaranya cukup besar untuk memuat beberapa county terpisah: Saaremaa dan Hiiumaa . [69] [70] Pulau terjauh adalah Ruhnu seluas 11,9 km². Terdapat kluster kawah meteorit yang kecil, yang terbesar di antaranya adalah Kaali yang berada di Saaremaa , Estonia.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia berada di bagian utara zona iklim sedang dan dalam zona transisi antara iklim lautan dan iklim kontinental . Estonia memiliki empat musim yang panjang masing-masing periodenya hampir sama. Suhu rata-rata berkisar dari 16,3 °C di kepulauan Baltik sampai 18,1 °C di daratan utama pada bulan Juli, bulan terhangat, dan dari -3,5 °C di kepulauan Baltik sampai -7,6 °C di daratan utama pada bulan Februari, bulan terdingin. Suhu tahunan rerata di Estonia adalah 5,2 °C. [71] Curah hujan rerata pada tahun 1961–1990 berkisar pada 535 mm sampai 727 mm per tahun. [72]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Salju paling tebal meliputi bagian tenggara Estonia, biasanya berlangsung dari pertengahan Desember sampai akhir Maret . Estonia memiliki lebih dari 1.400 danau . Sebagian besar dari danau-danau ini berukuran kecil, yang terbesar adalah Danau Peipsi dengan luas keseluruhan 3.555 km², hanya setengahnya termasuk dalam wilayah Estonia, sebagian lagi dimiliki Rusia. Danau penting lainnya terletak di tengah negara ini, yaitu Võrtsjärv (270 km²). Selain danau, Estonia juga punya beberapa rawa .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sebuah maakond (county) adalah pembagian administratif tingkat tertinggi Estonia. Pemerintah county (Maavalitsus) tiap-tiap county dipimpin oleh gubernur county (Maavanem) , yang mewakili pemerintah pusat di tataran daerah. Gubernur ditunjuk oleh Pemerintah Republik Estonia untuk masa jabatan lima tahun. Telah terjadi beberapa perubahan perbatasan antar-county di Estonia setelah kemerdekaannya, yang paling terkenal adalah pembentukan County Valga (yang pernah menjadi bagian dari County Võru , Tartu , dan Viljandi ) dan County Petseri (daerah ini diperoleh dari Rusia berdasarkan Traktat Perdamaian Tartu tahun 1920).

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada periode kekuasaan Soviet , County Petseri diduduki dan diserahkan kepada Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia pada tahun 1945, pada saat itu ia menjadi salah satu oblast yang dimiliki Pskov . Oblast-oblast itu didirikan kembali pada tanggal 1 Januari 1990 di dalam perbatasan wilayah-wilayah periode Soviet. Karena berbagai perbedaan antara susunan terkini dan susunan historis (sebelum tahun 1940, dan kadang-kadang sebelum tahun 1918), perbatasan historis masih digunakan dalam bidang etnologi, yang mewakili perbedaan budaya dan kebahasaan secara lebih baik.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia dibagi ke dalam 15 county ( maakond ). Tiap-tiap county dibagi lagi ke dalam beberapa munisipalitas ( omavalitsus ), yang menjadi tataran terendah pembagian wilayah di Estonia. Ada dua jenis munisipalitas: munisipalitas perkotaan – linn (kota kecil), dan munisipalitas perdesaan – vald (paroki). Tidak ada perbedaan status di antara kedua-duanya. Tiap-tiap munisipalitas adalah satuan pemerintah mandiri yang memiliki badan legislatif dan eksekutif . Munisipalitas di Estonia meliputi seluruh wilayah negara.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Berdasarkan undang-undang, partai politik dapat didirikan oleh warga negara Estonia atau warga negara lain yang tergabung dalam Uni Eropa, minimal berusia 18 tahun, dan bertempat tinggal permanen di Estonia. Untuk dapat didaftarkan, partai politik minimal harus memiliki 1.000 anggota. Anggota partai politik dilarang aktif dalam kemiliteran, kehakiman, kejaksaan, kepolisian, dan beberapa posisi senior di pemerintahan (Kanselir dan penasihatnya, dan pengawas keuangan negara). Presiden harus membekukan keanggotaannya dalam partai politik (jika ia aktif) pada masa jabatannya. Partai terdaftar yang ikut serta dalam pemilihan umum parlemen dan mendapat dukungan paling sedikit 1% suara berhak menerima pendanaan dari anggaran negara (besarannya bergantung pada persentase suara yang diraih). Partai-partai politik terdaftar di Estonia adalah:

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Parlemen ( bahasa Estonia : Riigikogu ) atau cabang legislatif Estonia dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan empat tahun menurut prinsip perwakilan proporsional . Estonia adalah republik parlementer demokratis . Sistem politik Estonia bergerak berdasarkan Konstitusi 1992. Parlemen Estonia beranggota 101 orang dan memengaruhi penyelenggaraan pemerintah nasional, terutama dalam hal menentukan pendapatan dan belanja negara (menyelenggarakan perpajakan dan menyerap anggaran). Pada waktu yang sama, parlemen berhak mengeluarkan pernyataan, pengumuman, dan seruan kepada rakyat Estonia; mengesahkan, menyangkal, atau membatalkan traktat/perjanjian internasional dengan negara lain maupun organisasi internasional, dan menentukan pinjaman pemerintah. [74]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Riigikogu memilih dan mengangkat beberapa pejabat tinggi negara, termasuk Presiden Republik Estonia. Selain itu, atas dasar pengajuan Presiden Estonia , Riigikogu mengangkat Ketua Mahkamah Nasional, Ketua Bank Estonia, Auditor Umum (semacam Kepala Badan Pemeriksa Keuangan), Kanselir Hukum, dan Panglima Militer Estonia . Seorang anggota Riigikogu berhak meminta penjelasan dari lembaga eksekutif. Ini memungkinkan para anggota parlemen mengamati kegiatan lembaga eksekutif dan seluruh pejabat tinggi yang ditulis di atas.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pemerintah ( bahasa Estonia : Vabariigi Valitsus ) atau cabang eksekutif Estonia dibentuk oleh Perdana Menteri Estonia , dicalonkan oleh presiden, dan disetujui oleh parlemen. Pemerintah menjalankan kekuasaan eksekutif berdasarkan Konstitusi Estonia dan perundang-undangan Republik Estonia dan terdiri dari 12 menteri, termasuk perdana menteri. Perdana menteri juga berhak mengangkat menteri lainnya, di mana menteri tersebut akan mengurusi tugas tertentu, dan ada juga menteri yang tidak memiliki kementerian, menjadi menteri tanpa portofolio, yang pada saat ini hanya Menteri Daerah.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Perdana menteri berhak mengangkat paling banyak tiga menteri, karena batasan jumlah menteri di dalam satu pemerintahan adalah 15. Pemerintah ini juga disebut sebagai kabinet. Kabinet memikul tanggung jawab kebijakan dalam dan luar negeri, yang ditentukan oleh parlemen; kabinet mengarahkan dan mengkoordinasi tugas lembaga-lembaga pemerintahan dan memikul segala pertanggung jawaban terhadap apapun yang wujud dalam kewenangan kekuasaan eksekutif. Pemerintah, dikepalai oleh Perdana Menteri , dengan demikian mewakili kepemimpinan politik negara ini dan membuat keputusan atas nama seluruh dewan eksekutif.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia menganut pembangunan negara dan pemerintahan elektronik . Sejak tahun 2000, Pemerintah Estonia tidak lagi menggunakan kertas dalam rapat kabinet, sebagai gantinya digunakanlah jejaring dokumentasi elektronik melalui Internet. [75] Hasilnya, kompetisi proyek Komisi Eropa untuk mengirimkan dokumentasi elektronik sektor publik, di mana pertukaran dokumen elektronik telah melibatkan 500 lembaga, termasuk semua kementerian, pemerintah county, dan hampir semua departemen dan inspeksi pemerintah, Estonia dinyatakan yang terbaik di Eropa. [76] Pemungutan suara melalui Internet digunakan dalam pemilihan umum di Estonia. [77] Pemungutan suara melalui Internet pertama dilakukan dalam pemilihan umum lokal pada tahun 2005, dan yang pertama dalam pemilihan umum parlemen adalah Pemilihan umum parlemen Estonia, 2007 , di mana 30.275 orang menyalurkan suaranya melalui Internet. Para pemilik suara berkesempatan untuk membatalkan suara elektronis mereka dalam pemilihan umum tradisional, jika mereka menghendakinya. Pada tahun 2009, Reporters Without Borders melaporkan hasil kajiannya dalam Indeks Kebebasan Pers Global ke-8, mendudukkan Estonia pada peringkat ke-6 dari 175 negara. [78] Dalam laporan pertama Indeks Keadaan Kebebasan Dunia , Estonia menduduki peringkat pertama dari 159 negara.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Menurut Konstitusi Estonia ( bahasa Estonia : Põhiseadus ), kekuasaan tertinggi negara berada di tangan rakyat. Rakyat menjalankan kekuasaan tertinggi negara melalui pemilihan umum untuk memilih anggota Riigikogu, ini berlaku bagi warga negara yang memiliki hak pilih. [79] Kekuasaan peradilan tertinggi dijalankan oleh Mahkamah Agung atau Riigikohus , yang beranggotakan 19 hakim. [80] Ketua Mahkamah Agung diangkat oleh parlemen untuk masa jabatan 9 tahun atas saran presiden. Kepala negara dijabat oleh Presiden Estonia , yang memberikan persetujuan terhadap undang-undang yang diloloskan oleh Riigikogu , juga berhak menolaknya dan mengajukan rancangan undang-undang baru.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia adalah anggota Liga Bangsa-Bangsa sejak tanggal 22 September 1921, [81] dan menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tanggal 17 September 1991, [82] dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara sejak tanggal 29 Maret 2004, [83] juga menjadi anggota Uni Eropa sejak tanggal 1 Mei 2004. [84] Estonia juga menandatangani Protokol Kyoto . Estonia adalah anggota Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE). Sebagai salah satu negara anggota OSCE yang ikut serta, komitmen internasional Estonia adalah subjek untuk memantau di bawah amanat Komisi Keamanan dan Kerjasama Amerika Serikat di Eropa .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sejak memperoleh kembali kemerdekaannya, Estonia menganut kebijakan luar negeri yang berfokus pada kerja sama dengan mitra-mitranya di Eropa Barat. Dua tujuan kebijakan terpenting menyangkut hal ini adalah keikutsertaan dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara dan Uni Eropa, masing-masing dicapai pada bulan Maret dan Mei 2004. Penyekutuan kembali Estonia dengan Blok Barat diikuti dengan kemunduran hubungan dengan Rusia, yang terbaru diperlihatkan pada kontroversi seputar pemindahan Monumen Peringatan Perang Dunia II di Tallinn. [85]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Unsur penting dalam reorientasi pascakemerdekaan Estonia adalah dengan mendekatnya hubungan dengan negara-negara Nordik , khususnya Finlandia dan Swedia . Tentu saja, orang Estonia memandang mereka sebagai orang Nordik, daripada orang Baltik , [86] [87] menurut hubungan sejarah dengan Swedia, Denmark, dan khususnya Finlandia. Kemudian, pada bulan Desember 1999, Menteri Luar Negeri Estonia (dan sejak tahun 2006, Presiden Estonia ) Toomas Hendrik Ilves menyampaikan pidato berjudul “Estonia sebagai salah satu Negara Nordik” kepada Institut Swedia untuk Hubungan Internasional . [88] Pada tahun 2003, kementerian luar negeri juga menyelenggarakan sebuah pameran yang bertajuk “Estonia: Nordik dengan sebuah Simpul”. [89]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tahun 2005, Estonia bergabung dengan Kelompok Tempur Nordik Uni Eropa. Ia juga menunjukkan kesinambungan minatnya untuk menggabungi Dewan Nordik . Sementara pada tahun 1992 Rusia menyumbang 92% bagi perdagangan internasional Estonia, [90] sekarang terdapat kesalingbergantungan ekonomi yang semakin diperluas antara Estonia dan tetangga-tetangga Nordik-nya: tiga per empat investasi asing langsung di Estonia berasal dari negara-negara Nordik (terutama Finlandia dan Swedia), kepada merekalah Estonia mengirimkan 42% ekspornya (dibandingkan dengan 6,5% ke Russia, 8,8% ke Latvia, dan 4,7% ke Lituania). Di pihak lain, sistem politik Estonia, besaran tetap pada pajak penghasilan, dan model bukan-negara-kesejahteraan membedakannya dari negara-negara Nordik lainnya, dan tentu saja jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. [91]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Hak asasi manusia di Estonia dihargai dengan baik oleh pemerintah. [92] [93] Estonia menempati peringkat tinggi dalam hal demokrasi , [94] kebebasan pers , [95] kerahasiaan pribadi [96] dan pembangunan manusia . [97] Hak-hak dasar orang perseorangan dijamin oleh konstitusi , undang-undang buatan parlemen, dan traktat-traktat yang berhubungan daengan hak asasi manusia yang turut disetujui oleh pemerintah Estonia. [92] [93] [98] [99] Dan lagi, Freedom House telah melaporkan Estonia sebagai negara yang memiliki taraf tertinggi dalam hal kebebasan internet di dunia. [100]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Beberapa organisasi hak asasi manusia, seperti Human Rights Watch , [93] Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa [101] Templat:Specify dan OSCE, [102] tidak mendapati bukti atau pola sistematik dalam hal pelanggaran hak asasi manusia atau diskriminasi berlatarkan etnik, sementara yang lainnya memfokuskan perhatian pada komunitas imigran penutur bahasa Rusia di Estonia, misalnya, Amnesty International [103] berpendapat bahwa para penutur bahasa Rusia menghadapi diskriminasi kebahasaan dalam hal ketenagakerjaan dan pendidikan , ketika tidak mampu berbahasa Esti , yang menjadi bahasa resmi Estonia. Menurut sebuah survei pada tahun 2009 oleh Agen Hak Dasar Uni Eropa, 17% imigran Rusia yang kini menetap di Estonia mengalami diskriminasi atas dasar asal usul etnik mereka. [104]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Militer Estonia berbasis pada Angkatan Pertahanan Estonia ( bahasa Estonia : Kaitsevägi ) yang merupakan nama angkatan bersenjata gabungan republik, yakni Maavägi (Angkatan Darat), Merevägi (Angkatan Laut), Õhuvägi (Angkatan Udara) dan sebuah organisasi garda nasional paramiliter Kaitseliit (Liga Pertahanan). Tujuan Kebijakan Pertahanan Nasional Estonia adalah untuk menjamin terpeliharanya kemerdekaan dan kedaulatan negara, integritas (keutuhan) daratan, perairan, dirgantara, dan amanan konstitusinya. [105] Pada masa kini, tujuan strategis utama militer Estonia adalah mempertahankan kepentingan negara dan pembangunan angkatan bersenjata, agar senantiasa siap bekerja sama dengan angkatan bersenjata negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara dan Uni Eropa , dan juga mampu ikut serta dalam misi-misi Pakta Pertahanan Atlantik Utara.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Kini wajib militer ( bahasa Estonia : ajateenistus ) nasional berlaku bagi laki-laki berusia 18 sampai 28 tahun, untuk bertugas selama delapan hingga sebelas bulan perjalanan, bergantung kepada angkatan tempat mereka bertugas. Estonia memelihara wajib militer, tidak seperti Latvia dan Lituania dan tidak berencana beralih kepada angkatan bersenjata terkontrak. Pada tahun 2008, belanja militer tahunan mencapai 1,85% PDB , atau 5 miliar kroon , dan masih mengalami penaikan hingga tahun 2010, sebesar 2,0%. [106]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada bulan Januari 2008, militer Estonia menempatkan 300 tentara di luar negeri sebagai bagian dari berbagai macam pasukan pemelihara perdamaian internasional, termasuk 35 prajurit Liga Pertahanan yang ditugaskan di Kosovo ; 120 serdadu angkatan darat di dalam Pasukan Bantuan Keamanan Internasional yang dipimpin oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara di Afghanistan; 80 tentara ditugaskan sebagai bagian dari Pasukan Multinasional di Iraq; dua petugas Estonia di Bosnia-Herzegovina, dan 2 agen militer Estonia di Dataran Tinggi Golan Israel. [107]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Kementerian Pertahanan dan Pasukan Pertahanan telah dan sedang bekerja menghadapi peperangan maya dan pembentukan pertahanan selama beberapa tahun ini. Pada tahun 2007, sebuah doktrin militer dari militer elektronik Estonia diperkenalkan secara resmi karena negara ini berada dalam penyerangan massif di dunia maya pada tahun 2007. [110] Tujuan yang dikehendaki dari militer elektronik ini adalah untuk mengamankan infrastruktur dan infrastruktur elektronik penting Estonia. Fasilitas peperangan dunia maya utama adalah Tim Tanggap Darurat Komputer (CERT) yang didirikan pada tahun 2006. Organisasi ini beroperasi dengan masalah-masalah keamanan yang muncul dalam jejaring lokal juga dengan apapun yang bermula di sana. [111]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tanggal 25 Juni 2007, Presiden Estonia Toomas Hendrik Ilves bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush . [112] Di antara topik-topik yang dibahas adalah serangan terhadap infrastruktur elektronik Estonia. [113] Serangan-serangan itu memicu sejumlah organisasi militer di seluruh dunia untuk memperhatikan kembali kepentingan keamanan jejaring Internet bagi doktrin militer modern. Pada tanggal 14 Juni 2007, menteri-menteri pertahanan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara menyelenggarakan rapat di Brussels , mengeluarkan komunike bersama yang menjanjikan tindakan segera. Hasil-hasil publik pertama selesai pada musim gugur 2007. [114]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia menghasilkan kira-kira 75% listrik yang dikonsumsinya. [121] Lebih dari 85% dari listrik itu dibangkitkan dengan serpih minyak yang ditambang di dalam negeri. Sumber daya energi alternatif seperti kayu, gambut , dan biomassa menyumbang 9% produksi energi primer. Energi angin yang terbarukan mencakup 6% keseluruhan konsumsi pada tahun 2009. [122] Estonia mengimpor produk minyak bumi yang diperlukan dari Eropa Barat dan Rusia. Energi serpih minyak, telekomunikasi , tekstil , produk kimia , perbankan , jasa , makanan dan perikanan , kayu , pembuatan kapal , elektronik , dan transportasi adalah sektor-sektor kunci ekonomi. Pelabuhan bebas-es Muuga , di dekat Tallinn , adalah fasilitas modern yang berkemampuan pengapalan-antara yang baik, pengangkat biji-bijian berdaya tampung besar, penyimpanan dingin/beku, dan kemampuan-kemampuan bongkar muat tanker minyak merek baru. Jejaring rel kereta api yang menghubungkan Barat, Rusia, dan titik-titik lain di Timur.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Karena terjadinya Kelesuan Ekonomi Global, PDB Estonia berkurang sebesar 1,4% pada triwulan kedua tahun 2008, lebih dari 3% pada triwulan ketiga tahun 2008, dan lebih dari 9% pada triwulan keempat tahun 2008. Pemerintah Estonia membuat anggaran perubahan negatif, yang disetujui oleh Riigikogu . Anggaran pendapatan berkurang pada tahun 2008 sebesar EEK 6,1 miliar dan belanja sebesar EEK 3,2 miliar. [123] Pada tahun 2010, keadaan ekonomi berhasil distabilkan dan bermula pada pertumbuhan yang sangat mengandalkan ekspor. Pada triwulan keempat tahun 2010, hasil industri Estonia bertambah sebesar 23% bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. [124] Pada tahun 2011, Danske Bank meramal pertumbuhan ekonomi Estonia positif sebesar 3,9 persen. [125]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sejak pemulihan kemerdekaan, Estonia menetapkan diri sebagai gerbang masuk antara Barat dan Timur, dan secara agresif mengikuti reformasi ekonomi dan integrasi dengan Barat. Reformasi pasar Estonia menempatkannya di antara para pemimpin ekonomi di kawasan bekas COMECON . Pada tahun 1994, menurut teori-teori ekonomi Milton Friedman , Estonia menjadi salah satu negara pertama yang mengadopsi pajak tetap , dengan laju seragam sebesar 26%, tanpa memandang besar kecilnya pendapatan perseorangan. Pada bulan Januari 2005, besaran pajak pendapatan perseorangan diturunkan menjadi 24%. Penurunan lainnya, menjadi sebesar 23%, dilakukan pada bulan Januari 2006. Besaran pajak pendapatan diturunkan menjadi 21% pada bulan Januari 2008. [131] Pemerintah Republik Estonia merampungkan desain uang logam euro Estonia pada akhir tahun 2004, dan mengadopsi euro sebagai mata uang negara ini sejak tanggal 1 Januari 2011, lebih lambat daripada yang direncanakan karena inflasi tinggi yang berkelanjutan. [118] [132]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada tahun 1999, Estonia mengalami periode ekonomi terburuk sejak kemerdekaan pada tahun 1991, terutama dipicu oleh Krisis finansial Rusia tahun 1998. Estonia bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada bulan November 1999. Dengan bantuan dari Uni Eropa, Bank Dunia , dan Nordic Investment Bank , Estonia melengkapi sebagian besar persiapannya untuk menjadi anggota Uni Eropa pada akhir tahun 2002 dan kini menjadi salah satu ekonomi terkuat di dalam Uni Eropa. Estonia menggabungi Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) pada tahun 2010.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Industri pertambangan berbasis serpih minyak, yang juga berpusat di Estonia-Timur , menghasilkan kira-kira 90% keseluruhan listrik nasional. Bagaimanapun, semakin bertambahnya penggunaan serpih minyak juga menyebabkan beberapa kerusakan lingkungan. Meskipun sejumlah kadar pencemar yang terlepas ke udara semakin berkurang pada dasawarsa 1980-an, [141] udara masih dicemari oleh sulfur dioksida dari industri pertambangan yang secara cepat dibangun oleh Uni Soviet pada permulaan dasawarsa 1950-an. Beberapa daerah pesisir tercemari, terutama di dekat kompleks industri Sillamäe . [142]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia adalah negara yang bergantung pada energi dan juga produksi energi. Pada beberapa tahun belakangan, ada banyak perusahaan dalam dan luar negeri yang menanamkan modalnya dalam bidang sumber daya energi terbarukan. Energi angin semakin menempati posisi penting di Estonia, dan kini keseluruhan produksi energi berbasis angin mencapai 60 MW , sementara pada saat yang sama proyek pengadaan energi sebesar 399 MW sedang menjalani pengerjaan, dan proyek pengadaan energi sebesar 2800 MW di Danau Peipus dan pesisir Hiiumaa sedang diajukan. [143] [144] [145]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Bersama-sama dengan Lituania, Polandia, dan Latvia, negara ini tengah menimbang-nimbang untuk ikut serta dalam Reaktor Nuklir Visaginas di Lituania untuk menggantikan Ignalina . [148] [149] Bagaimanapun, karena lambannya proyek ini, Estonia tidak mengesampingkan bangunan reaktor nuklirnya sendiri. Pertimbangan lainnya adalah melakukan proyek bersama dengan Finlandia, karena dua jejaring listrik mereka saling berhubungan. [150] Negara ini mempertimbangkan untuk menerapkan energi nuklir untuk produksi serpih minyak. [151]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia menganut ekonomi pasar sejak akhir dasawarsa 1990-an dan salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Eropa Timur . Kedekatan dengan pasar Skandinavia, terletak di antara Timur dan Barat, struktur biaya yang kompetitif dan tenaga kerja berkeahlian baik telah menjadi keuntungan komparatif utama Estonia pada permulaan dasawarsa 2000-an. Tallinn sebagai kota terbesar telah bangkit sebagai pusat keuangan dan Bursa Efek Tallinn telah menggabungi sistem OMX . Pemerintah terkini mengikuti kebijakan keuangan ( fiskal ) yang cukup mengesankan, hasilnya adalah anggaran yang setimbang dan utang pemerintah yang rendah.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Tetapi, pada tahun 2007, sebuah defisit akun berjalan yang besar dan melambungnya inflasi telah menekan mata uang Estonia , yang telah dipatok terhadap euro , menegaskan perlunya pertumbuhan industri yang berorientasi ekspor . Ekspor Estonia terutama permesinan dan peralatan , kayu dan kertas , tekstil , makanan , furnitur , dan produk kimia dan logam . [154] Estonia juga mengekspor 1,562 triliun watt jam listrik per tahun. [154] Pada waktu yang sama Estonia mengimpor permesinan dan peralatan, produk kimia, tekstil, produk makanan, dan peralatan transportasi. [154] Estonia mengimpor 200 miliar watt jam listrik per tahun. [154]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Antara tahun 2007 dan 2013, Estonia menerima 53,3 miliar kroon (3,4 miliar euro) dari berbagai Pendanaan Struktural Uni Eropa sebagai dukungan langsung melalui pengucuran investasi luar negeri terbesar yang pernah diterima Estonia. [155] Mayoritas bantuan keuangan Uni Eropa akan ditanamkan pada bidang berikut ini: ekonomi energ, kewirausahaan, kemampuan administratif, pendidikan, masyarakat informasi, perlindungan lingkungan, pembangunan daerah dan lokal, kegiatan penelitian dan pengembangan, perawatan kesehadan dan kesejahteraan rakyat, transportasi dan pasar tenaga kerja. [156]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia telah menjadi pusat singgah penting sejak zaman pertengahan. Lokasi geografis yang menguntungkan, disertai dengan pembangunan infrastruktur , memberikan peluang yang baik untuk semua kegiatan yang berhubungan dengan transportasi dan logistik. Kereta api mendominasi sektor pengiriman barang, mengangkut 70% barang, dalam negeri maupun internasional. Sejak tahun 2007, kepentingan sektor transportasi bagi ekonomi secara keseluruhan mengalami penurunan, terutama disebabkan oleh permusuhan antara Estonia dan Rusia. [157]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sektor transportasi jalan raya mendominasi transportasi penumpang; hampir 90% penumpang berjalan melalui jalan raya. Rekonstruksi jalan raya Tallinn–Tartu telah meraih perhatian nasional karena ia menghubungkan dua kota terbesar di negara ini. Rekonstruksi jalan raya (rute 2+2) adalah bagian dari program Koalisi Pemerintah sekarang. [158] Juga pengajuan koneksi permanen menuju Pulau Saaremaa ada dalam program pembangunan infrastruktur nasional. Biaya proyek ditaksir mencapai miliaran Euro, yang juga menarik perhatian media dan memicu debat publik akan keterlaksanaannya. [159]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pada akhir dasawarsa 1980-an, bangsa Estonia memandang perubahan demografi mereka sebagai malapetaka nasional . Ini adalah hasil dari kebijakan migrasi yang penting bagi Program Nasionalisasi Soviet yang bertujuan untuk merusiakan Estonia – imigrasi militer dan administratif yang bersifat memaksa dari orang bukan-Estonia dari Uni Soviet ditambah dengan pengusiran massal orang Estonia ke Uni Soviet. Selama masa pembersihan, hingga 110.000 orang Estonia terbunuh atau terusir. Pada dasawarsa berikutnya (setelah pemulihan kemerdekaan), emigrasi besar-besaran etnik Rusia dan penghapusan pangkalan-pangkalan militer Rusia pada tahun 1994 menyebabkan perbandingan etnik Estonia di Estonia mengalami kenaikan dari 61% menjadi 69% pada tahun 2006.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia modern adalah negara yang cukup heterogen dilihat dari komposisi etnis yang dimilikinya, tetapi keheterogenan ini tidak menjadi fitur umum, karena populasi bukan-Estonia terpusat di dua county. Tiga belas dari 15 county Estonia menampung 80 persen etnik Estonia, yang paling homogen adalah Hiiumaa , di mana etnik Estonia sebanyak 98,4% populasi. Bagaimanapun, di County Harju (termasuk ibu kota, Tallinn ) dan County Ida-Viru , etnik Estonia masing-masing mencapai 60% dan 20% populasi. Orang Rusia mencapai 25,6% keseluruhan populasi, 36%-nya berada di County Harju, dan 70%-nya berada di County Ida-Viru.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Undang-undang tentang Otonomi Kebudayaan bagi Suku Bangsa Minoritas diloloskan pada tahun 1925, menjadi yang pertama di Eropa pada saat itu. Otonomi kebudayaan dapat diberikan kepada kaum minoritas yang populasinya lebih dari 3.000 orang dengan ikatan telah lama terjalin dengan Republik Estonia. Sebelum pendudukan Soviet , kaum minoritas Jerman dan Yahudi menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih dewan kebudayaan. Undang-Undang tentang Otonomi Kebudayaan bagi Suku Bangsa Minoritas diberlakukan kembali pada tahun 1993. Berdasarkan sejarahnya, ada banyak bagian dari pesisir utara-barat dan kepulauan Estonia telah diduduki oleh etnik asli setempat, yakni Rannarootslased (Orang Swedia Pesisir).

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sebagian besar populasi Swedia di Estonia, yakni sebanyak 3.800 berpindah ke Swedia atau diusir pada tahun 1944, menghindarkan diri dari merebaknya Tentara Merah. Pada tahun-tahun belakangan, sejumlah Orang Swedia Pesisir mulai membanyak kembali, pada tahun 2008 hampir sebanyak 500 orang, karena adanya reformasi kepemilikan ( property ) pada permulaan dasawarsa 1990-an. Pada tahun 2005, minoritas Finlandia Ingria di Estonia memilih sebuah dewan kebudayaan dan diberi otonomi kebudayaan. Minoritas Swedia Estonia juga menerima otonomi kebudayaan pada tahun 2007.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Konstitusi Estonia menjamin kebebasan beragama, pemisahan agama dan negara, dan kerahasiaan perseorangan dalam berkeyakinan dan beragama. [163] Menurut Dentsu Communication Institute Inc, Estonia adalah negara paling tidak religius kedua di dunia dengan 75,7% populasi yang mengaku tidak beragama , setelah Cina dengan 93%. [164] Survei Eurobarometer pada tahun 2005 menemukan bahwa hanya 16% orang Estonia menyatakan diri percaya akan tuhan, keyakinan terendah dari semua negara yang dikaji (kajian Uni Eropa). [165]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Menurut sensus tahun 2000, terdapat kira-kira 152.000 orang penganut Lutheranisme , 143.000 penganut Kristen Ortodoks , 5.000 orang penganut Katolik Roma , 3.700 orang saksi Yehuwa , dan 1.000 orang pengikut Taaraisme [168] [169] [170] atau Maausk di Estonia (lihatlah Maavalla Koda ). Terdapat sebuah komunitas Yahudi di Estonia, dengan taksiran populasi sebanyak 1.900 orang (lihatlah Sejarah Yahudi di Estonia ). Selain itu, terdapat kira-kira 68.000 orang yang menyatakan diri atheis . [167]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Negara ini telah dikristenkan oleh Ksatria Teuton pada abad ke-13. Pada masa Reformasi Protestan , Protestantisme menyebar, dan gereja Lutheran secara resmi didirikan di Estonia pada tahun 1686. Pada saat itu masih ada banyak orang Estonia tidak menyatakan diri secara khusus menganut agama tertentu, karena agama pada abad ke-19 dipersekutukan dengan para tuan tanah Jerman. [171] Berdasarkan sejarah, ada juga agama minoritas lainnya, Kaum Penganut Kuno Rusia , di kawasan Danau Peipus di County Tartu .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia kini adalah negara multibangsa, di mana menurut sensus tahun 2000, sebanyak 109 bahasa digunakan. 67,3% warga negara Estonia menuturkan bahasa Esti sebagai bahasa asli mereka, 29,7% – orang Rusia dan 3% berbicara dalam bahasa lain. [172] Sejak tanggal 2 Juli 2010, 84,1% penduduk Estonia adalah berkewarganegaraan Estonia, 8,6%-nya adalah warga negara asing, dan 7,3% menyatakan diri ” tidak memastikan kewarganegaraannya “. [173] Sejak tahun 1992 kira-kira 140.000 orang berhasil memperoleh kewarganegaraan Estonia melalui naturalisasi . [174]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Bagi keluarga yang melahirkan bayi, Pemerintah Estonia memberikan 100 persen gaji salah seorang tua kepada keluarga tersebut selama 18 bulan. Setelah bayi berusia 1,5 tahun, orang tua berhak melanjutkan kembali bekas kedudukannya. Selain itu, orang tua dan bayi juga mendapatkan perawatan kesehatan bebas biaya. Ukuran-ukuran ini, yang telah diterapkan sejak tahun 2005, telah menaikkan angka kelahiran secara drastis di Estonia selama bertahun-tahun. Laporan Perlindungan Anak Keadaan Para Ibu Dunia tahun 2011 menempatkan Estonia sebagai negara terbaik ke-18 di dunia bagi para ibu, melampaui negara Kanada dan Amerika Serikat . [176] 63% rumah tangga memiliki komputer meja di rumah.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Satu-satunya bahasa resmi negara, bahasa Esti , adalah anggota bahasa-bahasa Finnik yang merupakan cabang bahasa-bahasa Ural . Dengan demikian, bahasa Esti berkerabat dekat dengan bahasa Suomi (Finlandia), yang dipertuturkan di sisi lain Teluk Finlandia , dan merupakan salah satu dari sedikit bahasa-bahasa Eropa yang bukan berasal dari Rumpun bahasa Indo-Eropa . Meskipun terdapat beberapa tumpang tindih dalam kosakata karena masing-masing saling pinjam, dalam hal asal usulnya, bahasa Esti dan Suomi tidak berkerabat dengan tetangga geografis terdekat mereka, bahasa Swedia , bahasa Latvi , dan bahasa Rusia , yang kesemuanya adalah bahasa-bahasa Indo-Eropa.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Bahasa Rusia masih dipertuturkan sebagai bahasa kedua oleh etnik Estonia yang berusia 40-70 tahun, karena bahasa Rusia pernah menjadi bahasa tidak resmi Republik Sosialis Soviet Estonia sejak tahun 1944 sampai 1991 dan diajarkan sebagai bahasa wajib kedua pada zaman Soviet . Pada tahun 1998, sebagian besar imigran industri generasi pertama dan kedua dari berbagai bagian bekas Uni Soviet (terutama Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia ) tidak berbahasa Estonia. [177] Tetapi pada tahun 2010; 64,1% orang yang bukan etnik Estonia mampu berbahasa Estonia. [178]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sebagian besar minoritas etnik yang berbahasa Rusia, menetap di ibu kota Tallinn dan kawasan perkotaan industri di County Ida-Viru . Di Paroki Noarootsi di County Lääne (dikenal sebagai Nuckö kommun dalam bahasa Swedia dan Noarootsi vald dalam bahasa Estonia), bahasa Swedia dan Esti adalah bahasa resmi-pendamping, dan terdapat 22 desa yang memiliki nama resmi dwibahasa. [179] Bahasa asing yang paling lazim dipelajari oleh orang Estonia adalah bahasa Inggris , Rusia , Suomi , Jerman , dan Swedia .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Selain menata kehidupan akademis di universitas, universitas dapat menyusun kurikulum baru, menetapkan syarat dan ketentuan memasuki universitas, menyetujui anggaran, menyetujui rencana pengembangan, memilih rektor dan membuat keputusan yang mengikat dalam hal kepemilikan dan pengelolaan aset. [183] Estonia memiliki universitas umum dan swasta dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Universitas umum terbesar adalah Universitas Tartu , Universitas Teknologi Tallinn , Universitas Tallinn , Universitas Ilmu Hayati Estonia , Akademi Seni Estonia , dan universitas swasta terbesar adalah Sekolah Bisnis Estonia.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Secara tradisi, Estonia dilihat sebagai kawasan pertentangan antara barat dan timur Eropa pada berbagai tataran. Contoh dari warisan geopolitik ini adalah paduan perkecualian tradisi Kristen yang diakui secara nasional: Gereja Protestan barat dan Gereja Ortodoks timur. Seperti budaya arus utama di negara-negara Nordik lainnya, budaya Estonia terbangun di atas kenyataan lingkungan pertapaan dan penghidupan tradisional, sebuah warisan yang secara komparatif menyebarluaskan egalitarianisme di luar alasan-alasan praktis (lihatlah: kebebasan untuk menjelajah dan hak pilih universal ), dan ideal-ideal kedekatan dengan alam dan swasembada (lihatlah: pondok musim panas ). [186]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Sastra Estonia merujuk pada sastra yang ditulis dalam bahasa Esti (kira-kira 1 juta penutur). [187] Dominasi Estonia setelah Perang Salib Utara , dari abad ke-13 sampai tahun 1918 oleh Jerman, Swedia, dan Rusia menghasilkan beberapa karya kepujanggaan tertulis dalam bahasa Esti. Catatan tertua berbahasa Esti berasal dari abad ke-13. Originates Livoniae dalam Babad Henry dari Livonia memuat nama-nama tempat, kata-kata, dan penggalan-penggalan yang berkaitan dengan Estonia. Buku Sensus Denmark (1241) memuat nama tempat dan nama keluarga di Estonia. [188]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Oskar Luts ialah penulis prosa yang menonjol dari sastra Estonia permulaan, yang karyanya kini masih dibaca, terkhusus novel lirisnya Kevade (Musim Semi). [189] Epos sosial karya Anton Hansen Tammsaare dan pentalogi realis psikologis Kebenaran dan Keadilan mengabadikan evolusi masyarakat Estonia dari komunitas petani hingga menjadi bangsa yang merdeka. [190] [191] Di zaman modern Jaan Kross dan Jaan Kaplinski masih menjadi penulis Estonia yang paling dikenal, dan karya mereka paling banyak diterjemahkan. [192] Di antara para penulis yang paling merakyat pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21 adalah Tõnu Õnnepalu dan Andrus Kivirähk , yang menggunakan unsur-unsur cerita rakyat dan mitologi Estonia, merombaknya menjadi relatif konyol and fantastis . [193]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Perfilman Estonia dimulai pada tahun 1908 dengan produksi film berita tentang kunjungan Raja Swedia Gustav V ke Tallinn. [194] Lembaga penyiaran televisi publik pertama di Estonia mulai mengudara pada bulan Juli 1955. Penyiaran radio dimulai pada bulan Desember 1926. Deregulasi di bidang media elektronik telah membawa perubahan besar dibandingkan dengan awal dasawarsa 1990-an. Izin pertama bagi lembaga penyiaran televisi swasta diterbitkan pada tahun 1992. Stasiun radio swasta pertama mulai mengudara pad tahun 1990.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Kini media menjadi penggiat bagi garis depan perubahan masyarakat Estonia. Terdapat banyak surat kabar dan majalah mingguan. Masyarakat Estonia memiliki cukup banyak pilihan, 9 saluran televisi dan beberapa stasiun radio dalam negeri. Konstitusi menjamin kebebasan bersuara dan faktanya Estonia memiliki pers bebas yang diakui oleh berbagai macam lembaga kebebasan pers internasional, seperti Freedom House yang berbasis di Amerika Serikat dan Reporters Without Borders yang memeringkat media Estonia sebagai salah satu yang paling bebas di dunia menurut Indeks Kebebasan Pers yang mereka susun.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Estonia memiliki dua kantor berita. Baltic News Service (BNS), didirikan pada tahun 1990, merupakan kantor berita regional swasta yang mencakup Estonia, Latvia, dan Lituania. ETV24 adalah kantor berita yang dimiliki oleh Eesti Rahvusringhääling , yakni organisasi radio dan televisi yang didanai masyarakat, yang didirikan pada tanggal 30 Juni 2007 guna mengambil alih tugas Eesti Raadio dan Eesti Televisioon yang sebelumnya merupakan dua lembaga terpisah, berdasarkan Undang-Undang Penyiaran Nasional Estonia. [195] [196]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Pasar media di Estonia dikuasai oleh dua perusahaan besar: Eesti Meedia dand Ekspress Grupp . [197] Eesti Meedia memiliki beberapa cabang media, termasuk surat kabar terbesar di Estonia ( Postimees ), dan saluran televisi terbesar kedua ( Kanal 2 ). Pemilik Eesti Meedia adalah Schibsted Media Group , sebuah perusahaan Norwegia. [198] Presiden Eesti Meedia adalah March Kadastik – teman pribadi Perdana Mentri Estonia dan Ketua Partai Reformasi Estonia , Andrus Ansip. [199] [200] Perusahaan Ekspress Grupp , pada tahun 2008, memiliki Eesti Ekspressi Kirjastuse AS , AS Maaleht , AS Rahva Raamat AS , AS Printall , UAB Ekspress Leidyba , TeleTell Infoline SRL , OÜ Ekspress Internet , AS Ekspress Hotline , dan AS Delfi . Produk Ekspress Grupp menjangkau 60% penduduk Estonia. [201] Pemegang saham terbesar Ekspress Grupp adalah Hans Luik. [202] [203] .

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada bulan Juni 2010, sebuah kantor berita Rusia, REGNUM , memberikan sejumlah data dan bukti yang menyatakan terdapatnya tekanan terhadap para wartawan di Estonia. [204] Pada bulan Maret 2011, Parlemen Eropa menyetujui resolusi yang mengungkapkan keprihatinan akan situasi pluralisme dan kebebasan media di beberapa negara anggota Uni Eropa, termasuk Estonia. [205] [206] Pada bulan yang sama, Wali Kota Tallinn, Ketua Partai Tengah Estonia , dan mantan Perdana Menteri Estonia, Edgar Savisaar mengeluarkan pernyataan bahwa media Estonia kurang bebas daripada Rusia. Menurut Savissara, Perdana Menteri Estonia Andrus Ansip membangun kekuasaan vertikal, termasuk bidang informasi, lebih berat daripada Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin . Pada tahun 2008, Serikat Wartawan Estonia menjuluki Andrus Ansip sebagai pemimpin penentang kebebasan bersuara di Estonia. [207]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Seluruh wilayah Estonia telah diliputi jejaring seluler. Sejak bulan Januari 2009, Estonia memiliki lebih dari satu juta pemegang Kartu Tanda Penduduk (90% penduduk Estonia). Kartu Tanda Penduduk adalah dokumen pengenal bagi semua warga negara Estonia berusia lebih dari 15 tahun dan penduduk tetap Estonia di negara ini menurut domisili masing-masing. Dengan Kartu Tanda Penduduk, penduduk Estonia dapat membuktikan jatidiri mereka melalui cara konvensional maupun elektronis, juga kartu dapat digunakan untuk mengolah tanda tangan digital untuk pemilihan umum dan bahkan membeli karcis untuk angkutan umum.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Lagu yang dianggap tertua di Estonia berasal dari Saxo Grammaticus Gesta Danorum (kira-kira tahun 1179). [209] Saxo mengisahkan para pejuang Estonia yang menyanyi di malam hari sembari menunggu pertempuran. Lagu rakyat yang lebih tua juga dirujuk sebagai regilaulud , lagu-lagu dalam metrum puitis regivärss , tradisi ini disebarluaskan oleh semua orang Finn Baltik . Nyanyian rahasia tersebar luas di antara orang Estonia hingga abad ke-18, ketika ia mulai tergantikan oleh lagu rakyat ritmik.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Alat musik angin tradisional diturunkan dari alat musik yang digunakan oleh para gembala yang pernah menyebar, tetapi kini mulai dimainkan kembali. Alat musik lainnya, termasuk fiddle (sejenis biola ), zither (sejenis sitar atau kecapi ), konsertina , dan akordeon digunakan untuk memainkan polka atau musik pengiring tarian lainnya. Kantele adalah alat musik asli yang kini kembali populer di Estonia. Sebuah Pusat Pelestarian Musik Asli dibuka pada tahun 2008 di Viljandi . [210]

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Tradisi Festival Lagu Estonia ( Laulupidu ) dimulai pada puncak kebangkitan nasional Estonia pada tahun 1869. Kini, festival ini menjadi salah satu acara paduan suara amatir terbesar di dunia, karena paduan suara gabungan biasanya terdiri dari 18.000 orang. [211] Pada tahun 2004, secara keseluruhan 34.000 orang ambil bagian dalam festival lagu ini, di selenggarakan di hadapan 200.000 penonton. [212] Sejak tahun 1928, Lapangan Festival Lagu Tallinn ( Lauluväljak ) menjadi tempat bagi acara yang diselenggarakan setiap lima tahun di bulan Juli. [211] Festival berikutnya akan diselenggarakan pada tahun 2014. Selain itu, Festival Lagu Pemuda juga diselenggarakan setiap empat atau lima tahun, yang terbaru diselenggarakan pada tahun 2011.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Berdasarkan sejarahnya, masakan Estonia sangat bergantung pada bumbu dan makanan orang desa sederhana, yang kini sangat dipengaruhi oleh banyak negara. Kini masakan Estonia meliputi banyak makanan internasional populer. Makanan paling populer di Estonia adalah roti hitam , daging babi , kentang , dan produk susu . [215] Secara tradisional, di musim panas dan musim semi, orang Estonia suka memakan apapun yang segar – beri, herba, sayuran, dan lain-lain yang berasal langsung dari kebun. Berburu dan memancing juga menjadi hal biasa, meskipun kedua-duanya kini hanya sebagai hobi. Kini acara bakar daging di luar rumah juga cukup populer pada musim panas.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Biasanya pada musim dingin- selai, makanan awetan, dan acar disajikan di atas meja. Estonia pernah melalui masa-masa sulit pada masa lalu dan dengan demikian kegiatan pengumpulan dan pengawetan buah, jamur, dan sayuran untuk musim dingin selalu menjadi hal yang penting. Kini pengumpulan dan pengawetan tidak lagi lazim karena semua bahan makanan dapat dibeli dari toko-toko, tetapi penyiapan makanan untuk musim dingin masih sangat populer di kawasan perdesaan dan masih menjadi ritual yang penting. Menjadi negara dengan garis pantai yang panjang, ikan juga menjadi sangat penting.

seperti di kutip dari https://id.m.wikipedia.org

Olahraga berperan penting dalam budaya Estonia. Setelah mengumumkan kemerdekaannya dari Rusia pada tahun 1918, Estonia mulai berkompetisi sebagai bangsa pada Olimpiade Antwerpen 1920 , meskipun Komite Olimpiade Nasional baru didirikan pada tahun 1923. Para atlet Estonia ikut ambil bagian dalam Olimpiade hingga negara ini dicaplok oleh Uni Soviet pada tahun 1940. Cabang olahraga berlayar pada Olimpiade Moskwa 1980 diselenggarakan di ibu kota Tallinn . Setelah memperoleh kembali kemerdekaannya pada tahun 1991, Estonia mengikuti seluruh olimpiade. Estonia meraih sebagian besar medalinya melalui atletik , angkat besi , gulat , dan ski lintas alam .


Baca juga : si digital 06102009

JAKARTA (SI) – Suasana persaingan merebut ketua umum Partai Golkar dalam Musyawarah Nasional (Munas) VIII semakin memanas. Bahkan, sabotase terhadap atribut kampanye para kandidat mulai terlihat. Pantauan Harian Seputar Indonesia (SI)di lapangan, beberapa atribut kampanye para kandidat seperti baliho maupun spanduk terlihat ru- sak. Atribut yang paling ba- nyak rusak adalah milik Surya Paloh. Misalnya di Jalan Parit Indah. Satu-satunya jalan akses ke tempat pelaksana- an munas di Hotel Labersa tersebut tampak spanduk milik Surya Paloh dirobek. Bahkan, poster yang bertu- liskan “Kembalikan kejayaan Golkar” dengan latar bela- kang foto Surya Paloh terlihat hanya tinggal kepala bagian atas. Kerusakan juga dialami baliho milik Aburizal Bakrie (Ical), tapi tidak terlalu banyak. Atas kejadian tersebut, kubu Paloh langsung bereaksi. Juru bicara tim sukses Paloh, Ariadi Ahmad, menduga pe- rusakan alat peraga kampa- nye tersebut dilakukan pihak- pihak yang sengaja ingin mengadu domba di Golkar. “Saya kira pasti ada orang jahil yang mencoba mengadu domba internal Golkar,” kata Ariadi kepada SI kemarin. Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono mengaku tidak tahu menahu soal peru- sakan. Pihaknya memastikan bahwa tindakan tersebut tidak dilakukan oleh timnya. “Saya pastikan bahwa itu adalah ulah orang yang ingin mengadu domba dan ingin merusak Munas Golkar. Kami tidak mungkin melakukan hal-hal seperti itu,” kata Agung kepada wartawan di sela-sela Munas Golkar di Ho- tel Labersa, Pekanbaru, Riau, kemarin. (ahmad baidowi)

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

Calon Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) me- ngumpulkan para Ketua DPD pen- dukung di Hotel Furaya,Pekanba- ru.Menurut Ical,konsolidasi itu di- lakukan untuk memantapkan du- kungan yang selama ini telah di- peroleh . Dia optimistis,dukunga n yang dikantongi sebanyak 343 sua- ra tidak akan lari ke kandidat lain. “Saya barusan mengecek satu per satu dari semua daerah kecuali dua daerah ya ng belum da tang. 343 DPD Insya Allah akan mendukung saya. Mudah-mudahan mereka se- mua bersatu,”kata Ical kemarin. Sedangkan Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) menerima para pendukung dan simpatisan di Hotel Ratu Mayang Gard en. Tim Tommy bergerak cepat untuk men- dekati setiap pimpinan DPD sekali- gus menyosialisasikan rencana anggaran dalam bentuk program Rp50 miliar untuk setiap DPD. Anggota tim sukses Tommy, Marwah Daud Ibrahim , terliha t menemui sejumlah pengurus DPD di Hotel Ratu Mayang Garden, Pe- kanbar u. Dukun gan DPD pada Tommy akan ditandai dengan pe- nandatanganan kontrak politik di- sertai meterai Rp6.000. Kontrak politik untuk DPD I dengan DPD II relatif sama. Program yang ak an disepakati meliputi program kedai masyaraka t, program peternakan dan perikanan,program desa man- diri energi, program pendidikan untuk semua,program kesehatan dan manajemen orga- nisasi mode rn. Seba- gai kesepakatan awal untuk kontrak politik- nya,kubu Tommy akan mengucurkan modal awal Rp150 juta.“Ha- silnya,Tommy Soehar- to kini sudah mengan- tongi 307 surat pernyata- an dukungan dari DPD I dan II un- tuk memilih Tommy sebagai Ketua Umum Golkar,”ungkap Ketua Tim Sukses Tommy ,Saur ip Kadi. Selain itu,Tommy dan timnya membahas juga kemungkinan ter- buruk yang akan terjadi dalam pembahasan Tata Tertib (Tatib) Mu- nas. Salah satu fokus tim Tommy adalah Pasal 39 yang mengatur ten- tang syarat pencalonan ketua umum pada poin D,yaitu syarat ca- lon ketua umum tidak tercela.Tim Tommy khawatir syarat tersebut bi- sa dipolitisasi untuk menghambat Tommy yang pernah terjerat kasus pidana. Sementara itu,ku- bu Surya Paloh yang baru tiba kemarin dari Bali,tidak begitu agre- sif melakukan lobi.Se- lama siang hingga sore kemarin,mereka disi- bukkan dengan peng- aturan akomodasi pendukungnya. Pendukung Surya Paloh tersebar di sejumlah hotel berbintang, di antaranya Hotel Pangeran,Hotel Grand Elite,dan hotel Aryaduta. Anggota tim sukses Surya Pa- loh,M Ichsan Loulembah mengata- kan,s ecara prinsip, konsolidasi su- dah dimatangkan di Denpasar,Bali. Namun, pihaknya tak mau lengah. Karena itu,selama dua hari ke de- pan,Paloh akan terus memonitor dukungan yang didapat.“Memang pergerakan kita di Pekanbaru tak terlalu agresif.Tapi, kita tetap me- mantau dan menjaga dukungan yang sudah didapat,”ungkapnya. Saat ini,para pendukung Paloh menginap di hotel-hotel yang sudah dipesan sebelumnya.Mereka juga dimanjakan dengan fasilitas trans- portasi selama di arena munas. Sementara itu,Ketua DPP Par- tai Golkar Firman Subagyo menje- laskan, pernyataan Sur ya Paloh yang menuding kekalahan Golkar merupakan tanggung jawab Ketua Umum Jusuf Kalla sangat tidak berdasar.Padahal,kata dia,selama lima tahun terakhir Kalla selalu menyertakan ketua dewan penasi- hat dalam pengambilan keputus- an partai. “Termasuk mengizinkan ketua wanhat berkeliling,kampanye dan memasang iklan selama pemilu legislatif,”tegasnya.

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

(SI) – Sikap politik Ketua Umum DPP Partai Golkar M Jusuf Kalla dalam musyawarah na- sional (munas) kali ini mengindi- kasikan dukungannya terhadap kandida t tertentu.Hal itu terlihat dari pernyataan Kalla saat membe- rikan sambutan dalam Pembuka- an Munas VIII di Hotel Labersa,Pe- kanbaru Riau tadi malam. Kalla menegaskan,bahwa da- lam politik ada dua pilihan, yakni berada dalam lingkaran pemerin- tahan dan di luar pemerintahan.Dia menegaskan, karena Golkar kalah dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 maka sebaiknya mengambil posisi sebagai pengontrol peme- rintaha n.Menurut dia, Golkar me- mang tidak terbiasa di luar kekuasa- an.Tapi ,kata dia,lebih tidak biasa lagi jika Golkar mengemis kekuasa- an. “Sangat tidak bias a kalau Gol- kar mengemis kekuasaan.Kita ha- rus berjalan tegak untuk mengem- balikan kejayaan Golkar,”tegasnya disambut aplaus pendukung Paloh. Munas secara resmi dibuka oleh Jusuf Kalla dengan ditandai mena- buh kompang didampingi Ketua Panitia Penyelenggara Andi Matta- latta,Ketua Panita Pengarah Syam- sul Muarif,Ketua Panitia Pelaksana Fatomm i Azaari,dan Ketua DPD I Partai Golkar Riau Rusli Zaenal. Pembukaan Munas VIII dipan- du presenter Tantowi Yahya yang ju- ga menjabat anggota Fraksi Partai Golkar DPR.Peserta Munas disam- but tari persembahan adat Riau.Se- lain dihadiri sekitar 2000 peserta, munas juga dihadiri Pendiri Golkar Suhardiman dan mantan Ketua Umum Golkar Akbar Tandjung. Akbar menilai pidato yang di- sampaikan Kalla tidak fokus.Me- nurut dia,pesa n yang ingin disam- paikan Kalla tidak jelas dalam rangka munas.“Hanya menyebut- kan yang berkaitan di luar pe-me- rintah.Padahal dia yang membawa Golkar ke pemerintah.Artinya,dia tidak konsisten,”tegas Akbar.

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

pagi di Pekanbaru (Se- nin/05/09) cukup cerah.Sinar men- tari yang mulai menyembul dari arah timur semakin membuat in- dah pemandangan di sekitar la- pangan Golf Labersa.Suasana Ko- ta Pekanbaru pagi kemarin berbe- da dengan sehari sebelumnya yang diguyur hujan deras. Aburizal Bakrie (Ical) yang ju- ga salah satu kandidat kuat ketua umum memanfaatkan pagi yang cerah tersebut untuk menggelar turnam en golf. Acara bertaju k ARB Golf For Sumbar tersebut di- ikuti 102 peserta.Untuk menarik minat peserta lomba,panitia me- nyediakan hadiah utama berupa mobil Mercy C20 0 dan Toyota For- tuner.Mobil Mercy C200 dan Toyo- ta Fortuner itu diberikan untuk ha- diah

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

. Selain itu,digelar sumbangan untuk membantu korban di Suma- tera Barat.Warna Ical sangat terli- hat dalam turnamen itu.Seluruh peserta, termasuk Ical mengena- kan kaos warna putih lengan pen- dek bertuliskan ARBGolf di ba- gian dada kiri. Seusai membuka turnamen ter- sebut,Ical menuturkan bahwa ke- giatan ini untuk memfasilitasi pe- serta munas yang hobi bermain golf. Selain itu,turnamen tersebut mem- fasilitasi sumbangan dari peserta kepada peserta.“Acara ini sebagai bentuk solidaritas kami kepada korban bencana di Sumbar.Hadiah yang ada akan kami sumbangkan kepada korban gempa di Sumatera Barat,”kata Ical kemarin. Bagaimana dengan Surya Pa- loh? Paloh lebih memilih bersantai ria di tempatnya menginap Hotel Arya Duta yang lokasinya berada di depan Kantor Gubernur Riau. Sesekali dia tampak menerima ta- mu para Ketua DPD I dan DPD II yang telah memberikan dukung- an. “Tak ada acara khusus karena kami sudah melakukan konsolida- si di Bali.Waktu sehari ini kami gu- nakan untuk

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

di Ratu Mayang Gar- den lebih banyak berdiam diri di ka- mar dan menerima tamu para pen- dukungnya. Tommy hanya keluar pagi hari untuk mengikuti upacara HUT TNI di Korem 031 bersama kan- didat lainnya,Y uddy Chrisnandi. Juru bicara Tommy Soeharto, Justiani menuturkan,putra men- diang mantan Presiden Soeharto tersebut tak punya banyak waktu untuk bersantai.Sebab,hingga ke- marin DPD I dan DPD II yang me- nyatakan dukungan terus menga- lir.Kemungkinan besar,para Ketua DPD tertarik dengan gagasan Tom- my yang akan memberikan proyek senilai Rp50 miliar bagi tiap DPD II untuk membesarkan diri. “Dari tadi Anda tahu sendiri, Mas Tommy hampir tak ada waktu untuk keluar.Acara konferensi pers saja, kami y ang m ewakili,”tutur Justiani kepada Seputar Indonesia. Mulai tadi malam,para kandi- dat bersama tim sukses terus mela- kukan lobi-lobi politik.Dari pan- tauan SI,lobi Hotel Grand Labersa hampir tak ada tempat kosong.Be- gitu pun dengan hotel-hotel lain se- perti Ratu Mayang Garden dan Grand Jatra.B ahkan, wisma-wis- ma kecil tak ketinggalan menjadi tempat lobi politik.

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

Sebelum menyatakan kesiapan maju dalam pertarungan di munas kali ini,saya sudah memperhitung- kan semuanya.Saya melihat kondi- si bangsa ini sangat memprihatin- kan.Krisi s bangsa ini sudah sangat mendalam.Kembali kepada pen- calonan sebagai ketua um um, jika dibanding kandidat lainn ya, me- mang persiapan saya tergolong pa- ling akhir dalam melakukan konso- lidasi.Namun demikian,saya ma- sih percaya banyak DPD I dan DPD II yang masih punya keinginan un- tuk memperbaiki nasib bangsa ini. Sehingga, pilihan mereka terha- dap figur ketua umum bukan kare- na berdasar kepentingan pragma- tis tapi mengutamakan ideologi dan idealisme.


Baca juga : si digital 05102009

PEKANBARU (SI) – Perang atribut kampanye juga mewarnai pelaksanaan musyawarah nasional (munas) VIII di Pekanbaru. Perang atribut terlihat mulai dari Ban dara Sult an Syari f Kasim II, Pekanbaru. Bursa persaingan Ketua Umum Partai Golkar sudah mulai tampak baik dari pendukung Aburizal Bakrie, Surya Paloh, dan Tommy Soeharto. Mereka juga membuat gerai khusus untuk menarik simpati peserta munas. Sementara di halaman parkir bandara, perang baliho di- dominasi gambar Aburizal dan Surya Paloh. Baliho Tom- my hanya terlihat dua buah di kawasan bandara tersebut. Sementara baliho Aburizal sedikitnya ada 10 buah, sedangkan Surya Paloh hanya tujuh buah. (ahmad Baidowi)

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

JAKARTA (SI) – Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak akan menghadiri Musyawarah Partai Golkar (Munas) VIII. Ketua Panitia Pelaksana Fathomi Azari menyatakan, Presiden SBY dipastikan tidak hadir. ”Tadi sudah konfirmasi, presiden tidak datang. Munas nanti dibuka oleh ketua umum,” kata Fatomi kepada Harian Seputar Indonesia di Hotel Labersa, Pekanbaru, tadi malam. Dia menyebutkan bahwa pagi ini agenda munas adalah pembukaan. Selanjutnya, materi munas yakni per- tanggungjawaban pengurus periode 2009–2014. Ke- mudian acara dilanjutkan de- ngan pemandangan umum DPD serta sidang-sidang komisi. (ahmad baidowi)

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

JAKARTA (SI) – Jarak antara Hotel Grand Labersa, tempat penyelenggaraan munas, dengan hotel tempat peserta menginap berjauhan, termasuk dengan tempat para wartawan menginap. Hotel Labersa memang berada jauh dari keramaian. Adapun hotel yang terdekat yakni Ratumayang Garden. Untuk mencapai Hotel Labersa disediakan armada bus untuk mengangkut para peserta maupun wartawan. Namun, kendaraan tersebut tidak bisa berangkat setiap saat karena harus me- nunggu penumpang. Tak heran, jika banyak peserta yang memilih naik taksi ke Hotel Labersa untuk menge-  jar waktu. Bahkan, di sejum- lah penginapan seperti wis- ma SMR di pinggiran kota tak tersedia kendaraan peng- angkut. (ahmad baidowi)

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

,Tommy serius ingin merebut kursi Ketua Umum untuk meng- gantikan po sisi Jusuf Kalla. Di- kabarkan,Tomm y telah menyiap- kan dana sebesar Rp50 miliar un- tuk membangun Partai Golkar jika dia terpilih sebagai ketua umum. Hari ini,Tommy dan tim suksesnya akan menggencarkan lobinya se- kaligus menyosialisasikan ke- siapan dananya tersebut ke semua DPD. ”Ternyata gag asan pemba- ruan dari Mas Tommy diminati ba- nyak DPD.Buktinya,ada 305 DPD yang ikut workshop kebangkitan Golkar,”ungkap Ketua Tim Sukses Tommy Soeharto,Saurip Kadi, di Pekanbaru,kemarin. Namu n, dia memb antah di – sebut telah mengisolasi para Ketua DPD.Menurut dia, posko Tomm y di Hotel Ratum aya ng Gar den h a- nyalah untuk tempat penyusunan strategi. Dia mengatakan,isolasi dukungan hanya dilakukan ter- hadap hati,nurani dan bukan iso- lasi fisik. ”Kita tidak aka n me- lakukan isolasi fisik.Kalau isolasi fisik itu sama saja dengan pele- cehan. Mereka itu ora ng-orang penting di daerah,kok diperlaku- kan seperti itu, ” kata- nya. Sementara Surya Paloh masih berkon- solidasi dengan 405 delegasi DPD I dan DPD II se-Indonesia di Bali hingga kemarin. Paloh dijadwalkan tiba di Pekanbaru hari ini, sekitar pukul 14.00 WIB.Tim Paloh akan diterbangkan langsung dari Bali menuju Pekanbaru meng- gunakan lima pesawat terbaru Lion Air yang telah disewa khusus untuk pendukungnya . Dari infor- masi ya ng dihimpun , hari ini,ra- tusan kendaraan sudah dikerah- kan untuk menyambut kedatangan Paloh dan pendukungn ya. ”Mung- kin Senin (5/10) delegasi kubu Surya Paloh masuk arena Munas langsung dari Bali,”ungkap salah satu fungsionaris DPP Partai Gol- kar,Zainal Bintang. Tim sukses Surya Paloh Edison Betaubun mengaku optimis de- ngan mengkonsentrasikan ratusan DPD II di Bali Surya Paloh dapat menang tanpa harus bersusah payah melakukan lobi-lobi politik di arena Munas.”Tanpa lobi di hari Munas pun dengan dukungan solid 407 suara kami sudah pasti me- nang,”kata Edison. Sem ent ara it u, kar ant ina terhadap para pendukung terus berlanjut.Di Pekanbaru,masing- masing kandidat mengisoliasi para pendukungnya dari rayuan kandi- dat lainnya. Misalnya, kubu Ical merapatkan barisan di Hotel La- bersa yang menjadi tempat pe- laksanaan munas . Di tempat yang sama,Yuddy Chrisnandi juga me- lakukan h al serupa. Sedangkan kubu Paloh sudah menyiapkan Hotel Grand Jatra untuk menyo- lidkan dukungan.Sementara Hu- tomo Mandala Putra (Tommy Soe- harto) mengumpulkan pendu- kungnya di Hotel Ratumayang. Hotel Grand Jatra misalnya, sebanyak 125 kamar sudah dipesan dan ditempati kubu Surya Paloh. Meskipun sebagian kamar di hotel di pusat kota Pekan Baru ini juga di- tempati DPD-DPD II Kubu Aburizal Bakrie,namun sepertinya tim sukses Paloh bakal memusatkan aktivitas lobi-lobinya di hotel ini. Situasi berbeda nampak di hotel Ratumayang.Hotel berbin- tang yang berlokasi di Jl Sudirman ini bahkan sudah di klaim sebagai base camp T ommy Soeharto. Di lobby hotel ini gambar Tommy dengan brand HMP G1 yang berarti Hutomo Mandala Putra Golkar 1, dipasang di dua sisi pintu masuk. Beberapa pemuda yang mengaku tim sukses Tommy juga nampak lalu lalang bersiap sedia me- nyambut tamu-tamu yang mulai berdatangan. Padahal di hotel ini beberapa tim sukses Ical juga sudah mem-

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

beberapa kamar. Hotel Ratumayang lokasinya cukup strat egis. Untuk menu ju hotel Labersa tempat Munas akan digelar,hanya membutuhkan wak- tu sekitar 15 menit saja. Demikian juga dengan Hotel Grand Jatra. Saat menggelar jumpa pers ke- marin,Aburizal Bakrie (Ical),op- timistis menang dengan dukungan ril 386 pemilik suara (376 DPD I dam II serta 10 organisasi masya- rakat pendiri dan yang didirikan Golkar). Dia juga mengaku tidak tahu menahu dengan dukungan dari Presiden Susilo Bambang Yudho yono (SBY). Ical mengaku hanya didukung oleh peserta mu- syawarah nasional (Munas) VIII. ”Saya tidak pernah tahu kalau saya dapat dukungan dari SBY karena belum pernah ada pernyataan dari beliau.Tapi kalau doa dari beliau tentunya akan sangat baik.

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

kalau beliau mendoakan itu,” kata Ical saat memberikan keterangan pers di Hotel Labersa, Pekanbaru Riau tadi malam. Turut mendampin gi Ical, man- tan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Ta ndjun g, Wak il Ketua Umum Agung Laksono,Ketua DPD I Partai Golkar Riau Rusli Zaenal dan Ketua DPD I Partai Golkar Gorontalo Fadel Muhammad.Me- ngenai peluangnya dalam munas kali ini, Ical yang juga men jabat Menko Kesra sangat optimistis. Bahka n, pihak nya meyakink an bahwa dirinya menjadi lawan ter- berat bagi lawan-lawan politiknya. ”Saya adalah lawa n terberat. Pa- ling tidak itulah keyakinan saya, karena buat saya tidak ada yanb berat. Tapi buat mereka sayalah yang terberat,”tegasnya. Mengenai kemungkinan ada- nya

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

Untuk sektor kaderis asi,perlu dilakukan dengan menciptakan kader seb anyak mungkin. Pada 2014,Partai Golkar menargetkan menggaet 40 juta pemilih.Untuk merealisasikan target tersebut, dibutuhkan kader inti sebanyak 10 juta o rang. Sedangkan Litbang perlu mendapatkan perhatian serius karena selama ini kader- kader Golkar yang berada di legislatif maupun eksekutif cende- rung berjalan sendiri-sendiri.Pe- nguatan libang ini dilakukan agar seluruh kader Golkar dapat ber- sinergi dalam menyelesaikan per- masalahan yang dihadapi Indone- sia. Hal ini pada akhirnya dapat menciptakan sikap politik partai yang jelas dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Indonesia.

seperti di kutip dari https://id.scribd.com

Golkar cenderung me- miliki keunikan tersendiri diban- ding partai-partai politik lain.Pada sejumlah parpol,dominasi tokoh sanga t terasa. PDI Perjuan gan sangat bergantung pada figur Me- gawati Soekarnopu tri. Partai De- mokrat pada Susilo Bambang Yudho yono (SBY). Partai Amanat Nasional (PAN) masih memfigur- kan Amien Rais sebagai tokoh sen- tral. Partai Keba ngkitan Bangsa (PKB) masih kuat terasa pengaruh Abdurrahman Wahid sebagai patron partai,ketimbang Muhai- min Iskandar . Dua partai ba ru, Partai Gerindra dan Partai Hanura juga sangat bergantung pada figur Prabowo Subijanto dan Wiranto. Di Golkar,kekuatan tokoh tak lagi dominan,pasca-Munas 1999. Akbar Tandjung sebagai ketua umum partai,gagal menjadi calon presiden dalam konvensi Partai Golkar 2004 lalu.Dia dikalahkan Wiranto, yang notabene adalah ”orang luar”partai beringin.Jusuf Kalla, sebagai ketua umum parpol tak b erda ya, ketik a mu ncul desakan percepatan Munas 2009 dari waktu normal Desember 2009 menjadi Oktober 2009.Kalla yang baru saja menelan kekalahan da- lam Pemilihan Presiden 2009 ”ter- sande ra” keing inan segeli ntir elite Golkar yang bermaksud me- nguasai Golkar sebelum Presiden (terpilih) Susilo Bambang Yud ho- yono menyusun kabinet baru.Sulit mencari padanan kata yang tepat untuk mengukur tingkat loyalitas kader Golkar terhadap pimpinan parta inya . Sekil as kesan yang muncul adalah kuatnya kepenting- an pragmatis mendasari sikap mayoritas elite Golkar. Seiring pudarnya kekuasaan Jusuf Kalla,saat ini mayoritas ka- der Golkar menaruh harapan baru pada Aburizal Bakrie,Surya Paloh, Tommy Soeharto,dan Yuddy Chris- nandi. Namun, dari k alkulasi d u- kungan menjelang munas,hanya Ical dan Surya Paloh yang paling potensial merebut kursi ketua umum. Menguatnya dukungan pada Ical dan Surya Paloh bisa dimak- lumi.Kedua tokoh ini tergolong figur lama Partai Golkar yang me- miliki basis dukungan yang nyata di kalangan pengurus daerah. Pada konvensi calon presiden Par- tai Golkar 2 004 lalu, Ical dan Surya Paloh pernah membangun kekuatan sendiri di internal Partai Golkar.Di ajang konvensi, Ical berhasil men-dulang dukunga n 118 suara, dan Surya Paloh 77 suara dari 547 suara yang dipereb utkan. Saat itu lawan mereka adalah politisi papan atas seperti Akbar Tandjun g,Wiranto, dan Prabowo Subijanto yang juga sangat popular di kalangan Golkar. Belaka ngan, Akbar , Wira nto, dan Prabowo tak lagi berkiprah secara aktif dalam kepemimpinan Golkar.Sementara Surya Paloh se- makin menancapkan pengaruh- nya dengan menjabat sebagai Ke- tua Dewan Penasihat Partai Gol- kar.Begitu juga dengan Aburizal Bakrie yang juga masuk dalam jajaran Dewan Pena sihat. Bukan hal yang mustahil,jika dalam lima tahun terakhir basis dukungan yang mereka bangun semakin besar. Saat ini klaim dukungan pada Surya Paloh sudah mencapai 405 DPD kabupaten/kota dan 16 DPD provinsi,dan klaim dukungan pada Aburizal Bakrie 376 suara DPD ka- bupaten/kota dan provinsi. Ken- dati hanya masih sebatas klaim,hal itu menjadi indikator menggurita- nya dukungan kedua tokoh ter- sebut dalam Munas Golkar 2009. Bagaimana dengan Tommy dan Yudd y? Kendati kedua t okoh ini mengklaim mendapat dukungan dari puluhan DPD,tampaknya sulit bagi mereka berdua untuk menan- dingi keperkasaan Ical dan Surya Paloh. Selain karena faktor ko- neksi,kedua tokoh muda ini belum teruji dalam pertarungan meraih dukungan di Golkar.Kemungkinan yang bisa terjadi pada Tommy dan Yudd y adalah berkoalisi dengan Ical maupun Surya P aloh. Hal itu memberi peluang bagi mereka untuk masuk dalam lingkaran kepemimpinan Golkar lima tahun ke depan. Di atas ke rtas, hasil Munas Partai Golkar yang berlangsung di Riau 5 hingga 8 Oktober memang bisa diprediksi.Kekuat- an kurang lebih 538 suara yang diperebutkan bisa dipetakan secara jelas.Tetapi faktor non- teknis saat berlangsungnya mu- nas menjadi penentu terpilihnya calon ketua umum. Faktor non- teknis ini mencakup banyak hal, bisa karena pertimbangan ke- kuasaan yakni restu presiden terpilih hasil Pemilihan Presiden 2009,juga karena terlalu atrak- tifnya manuver dari tiap kan- didat dan pendukungny a. Lintasan sejarah Golkar men- catat, terpilihnya Jusuf Kala pada Munas 2004 lalu di Bali tak lepas dari ”kemauan” Presiden Susilo Bam- bang Yudhoyono untuk memba- ngun kekuatan signifikan di parle- men. Sedangkan terkait manuver dan intrik,bi sa dikaji dari pernya- taan kubu Akbar Tandjung yang sempat mengeluhkan masuknya orang-orang tak dikenal dalam ruang rapat pleno dengan tujuan me- mecah konsentrasi peserta munas. Sejumlah orang dekat Akbar juga mengeluhkan praktik

Tiga orang tewas akibat kecelakaan kerja di proyek apartemen di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dua orang korban lainnya hingga malam tadi belum berhasil dievakuasi. Pernyataan tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada detikcom , Rabu (27/12/2017). Dijelaskan Argo, kecelakaan terjadi pada Selasa (26/12) sekitar pukul 20.15 WIB. Saat itu 7 orang pekerja konstruksi PT Tunas Jaya Sanur sedang mengerjakan plafon di area podium proyek Apartemen Pakubuwono Spring di Jl Teuku Cut Nyak Arief, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Saat sedang dikerjakan, bangunan di area podium tiba-tiba roboh dan menimpa para pekerja. Ada 6 orang yang jadi korban. Tiga orang meninggal dunia dan 3 orang lainnya luka-luka. Tiga orang korban luka-luka yakni Aris Suryanto (33), Muklas (44) dan Idris bin Sobari (28). Sementara 3 orang korban tewas yakni Adi alias Bima (30), Khoirul Mas’um (35) dan Dedi Irawan. Pengawas proyek telah membawa para korban ke RS Medika Permata Hijau. Argo menyatakan, hingga saat ini polisi masih terus mengusut kasus ini. “Saksi-saksi sudah dimintai keterangan, di antaranya dari mandor,” ujar Argo.

Tiga orang tewas akibat kecelakaan kerja di proyek apartemen di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sementara 3 orang lainnya mengalami luka-luka. “Telah terjadi kecelakaan kerja di proyek Apartemen Pakubuwono Spring di Jl Teuku Cut Nyak Arief, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengakibatkan korban luka dan meninggal dunia,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada detikcom , Rabu (27/12/2017). Kecelakaan terjadi pada Selasa (26/12) sekitar pukul 20.15 WIB. Sesaat sebelum kejadian, sebanyak 7 orang pekerja konstruksi PT Tunas Jaya Sanur itu tengah mengerjakan plafon di area podium. “Dan dua orang pekerja/korban sedang mengerjakan pengecetan di bagian belakang,” imbuhnya. Sekitar pukul 20.15 WIB, bangunan di area podium tiba-tiba roboh dan menimpa para pekerja. Total ada 6 orang pekerja yang tertimpa bangunan tersebut. “Tiga orang meninggal dunia akibat tertimbun bangunan dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka,” sambungnya. Pengawas proyek kemudian membawa korban ke RS Medika Permata Hijau. Tiga orang korban luka yakni Aris Suryanto (33), Muklas (44), dan Idris bin Sobari (28). Sementara 3 orang korban tewas yakni Adi alias Bima (30), Khoirul Mas’um (35) dan Dedi Irawan.

JAKARTA, iNews.id – Kanopi apartemen Pakubuwono Spring yang masih dalam tahap pembangunan di kawasan Pakubuwono, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan tadi malam ambruk. Kanopi tersebut menimpa enam pekerja. Empat orang berhasil dievakuasi, sementara dua orang lainnya masih tertimbun reruntuhan baja. Dalam peristiwa itu, satu orang dinyatakan meninggal dunia dan lima orang lainnya luka-luka. Sempat terjadi kericuhan antara wartawan dengan petugas keamanan dan pekerja yang melarang melakukan peliputan. Mereka selain mengancam dan memaki wartawan, sejumlah pekerja yang di komandoi petugas keamanan apartemen juga sempat melempari wartawan dengan batu. Menurut salah satu rekan korban, ambruknya proyek kanopi apartemen terjadi pada Selasa, 26 Desember 2017 malam. Namun, sulitnya proses evakuasi membuat dua pekerja hingga Rabu (27/12/2017) dini hari masih terjebak di bawah reruntuhan. “Infonya itu ada enam (korban) dua belum ketemu. Namanya Adi (korban meninggal),” ujar Wanto selaku rekan korban di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2017). Tiga pekerja yang mengalami luka sempat dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Medika Permata Hijau. Sementara seorang pekerja yang meninggal dunia dibawa ke kamar jenazah RS Fatmawati. Sejak dini hari tadi proses evakuasi secara tertutup masih dilakukan para pekerja proyek. Polisi juga enggan memberikan keterangan terkait peristiwa tersebut.

Related Posts

Comments are closed.